RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA ...
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia Wajib
Kelas
/Semester : X/Genap
Tahun
Pelajaran : 2017/2018
Alokasi Waktu
: 16 JP ( 4 Pertemuan)
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik
diharapkan dapat :
1. Memahami batasan debat
2. Memahami unsur-unsur debat.
3. Memahami tata cara debat
4. Memahami mosi berdasarkan isu atau permasalahan yang sedang
berkembang
5. Memahami pendapat dan argumen disampaikan tim afirmasi, tim oposisi, dan
tim netral terhadap mosi.
6. Memahami ragam bahasa debat
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.12 Menghubungkan permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak
dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
3.13 Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan
argumen beberapa pihak, dan simpulan
|
3.12.1 Merumuskan batasan debat
3.12.2 Mengidentifikasi unsur-unsur debat.
3.12.3 Merumuskan tata cara debat
3.12.4 Merumuskan mosi berdasarkan isu atau permasalahan yang sedang
berkembang
3.12.5 Mengnalisis pendapat dan argumen disampaikan tim afirmasi, tim oposisi,
dan tim netral terhadap mosi.
3.13.1 Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan
tim netral dalam debat.
3.13.2 Mengidentifikasi ragam bahasa debat
|
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak,
dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat.
4.13 Mengembangkan permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang
dilengkapi argumen dalam berdebat.
|
4.12.1 Menyusun permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen pihak afirmasi,
pihak oposisi, dan pihak netral terhadap permasalahan.
4.12.2 Menyimpulkan hasil debat.
4.13.1 Menyusun mosi dari permsalahan aktual
4.13.2 Menyusun pendapat untuk mendukung atau menolak mosi
4.13.3 Melaksanakan debat sesuai dengan peran yng ditetapkan
|
C. Materi Pembelajaran
1. Fakta
Contoh-contoh Teks debat
2. Konsep
Ø Ragam bahasa debat
Ø Unsur-unsur debat
Ø Isi debat:
· mosi/topik
permasalahan yang diperdebatkan;
· pernyataan sikap
(mendukung atau menolak);
· argumentasi untuk
mendukung sikap.
Ø Pihak-pihak pelaksana debat:
· pihak yang mengajukan
mosi/topik permasalahan yang diperdebat-kan;
· tim afirmatif (yang
setuju dengan mosi);
· tim oposisi yang tidak
setuju dengan mosi);
· pemimpin/wasit debat
(yang menjaga tata tertib)’
· Penonton/ juri.
3. Prinsip
· Pelaksanaan debat yang santun
4. Prosedur
· Merumuskan mosi berdasarkan isu atau
permasalahan yang sedang berkembang
· Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim
netral dalam debat
D. Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Scientific Learning
Model
Pembelajaran :
Discovery Learning
E. Media Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media :
© Worksheet atau lembar kerja
(siswa)
© Lembar penilaian
© Laboratorium komputer sekolah atau warnet
© Perpustakaan sekolah
2. Alat/Bahan :
© Penggaris, spidol, papan tulis
© Laptop & infocus
© Slide presentasi (ppt)
F. Sumber Belajar:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran
bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran
bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Buku teks pelajaran yang relevan
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai
pembelajaran
v Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
v Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila
materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
ª Menemukan Esensi Debat
© Merumuskan esensi debat;
© Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
© Merumuskan tata cara debat.
v Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian kelompok
belajar
v Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
15
menit
|
||||||||||||
Kegiatan Inti
|
150
menit
|
||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru
mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
15
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai
pembelajaran
v Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
ª Menemukan Esensi Debat
© Merumuskan esensi debat;
© Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
© Merumuskan tata cara debat
v Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek
ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan
baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam
debat
© Merumuskan mosi berdasarkan isu atau
permasalahan yang sedang berkembang
© Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat
© Menyimpulkan hasil debat.
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian kelompok
belajar
v Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
15
menit
|
||||||||||||
Kegiatan Inti
|
150
menit
|
||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru
mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
15
menit
|
3. Pertemuan Ke-3 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai
pembelajaran
v Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam
debat
© Merumuskan mosi berdasarkan isu atau
permasalahan yang sedang berkembang
© Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat
© Menyimpulkan hasil debat.
v Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila
materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh
ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/
Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
© Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat.
© Mengidentifikasi ragam bahasa debat.
v Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian kelompok
belajar
v Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
15
menit
|
||||||||||||
Kegiatan Inti
|
150
menit
|
||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru
mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
© Peserta didik diminta menganalisis
kekuatan dan kelemahan pendapat yang di sampaikan oleh masing-masing pihak
yang berdebat yang terdapat pada buku siswa halaman 195.
|
15
menit
|
4. Pertemuan Ke-4 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai
pembelajaran
v Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
ª Menganalisis Isi Debat
(Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
© Menganalisis pendapat
tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.
© Mengidentifikasi ragam
bahasa debat.
v Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila
materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh
ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
ª Berlatih Praktik Debat
© Menyusun mosi.
© Menyusun pendapat
untuk mendukung dan menolak mosi.
© Melaksanakan debat
sesuai peran yang telah ditetapkan.
v Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian kelompok
belajar
v Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
15
menit
|
||||||||||||
Kegiatan Inti
|
150
menit
|
||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru
mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
15
menit
|
H. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
ª Mempelajari buku teks
dan sumber lain tentang materi pokok
ª Menyimak tayangan/demo
tentang materi pokok
ª Menyelesaikan tugas yang
berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
ª Laporan tertulis
individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
c. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d. Pertemuan Keempat (Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
a. Remedial
v Remedial dapat diberikan kepada peserta
didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui
KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan
remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
ª Merumuskan mosi berdasarkan
isu atau permasalahan yang sedang berkembang
ª Menganalisis pendapat tim
afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat
v Guru memberi semangat kepada peserta didik
yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan
tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan
Minimal), misalnya sebagai berikut.
b. Pengayaan
v Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan
peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta
didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak
ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v Direncanakan berdasarkan IPK atau materi
pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
ª Menganalisis pendapat tim
afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.
ª Mengidentifikasi ragam
bahasa debat
……………, …….2018
Mengetahui
Kepala SMA/SMK
….. Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
LEMBAR PENILAIAN
PENGETAHUAN TERTULIS
(Bentuk
Uraian)
Soal Tes Uraian
1. .
2. .
3. .
4. .
5. .
Kunci Jawaban Soal Uraian dan
Pedoman Penskoran
Alternatif
jawaban
|
Penyelesaian
|
Skor
|
1
|
2
|
|
2
|
2
|
|
3
|
2
|
|
4
|
2
|
|
5
|
2
|
|
Jumlah
|
10
|
Nilai =
Penilaian Pengetahuan
- Tes Tulis Uraian
|
||||||||||||
Topik : ………………….
Indikator : …………………..
Soal : ………………….
a. ………………….
b. ………………….
Jawaban :
a. …………………
Pedoman Penskoran
|
LEMBAR PENILAIAN
PENGETAHUAN -TERTULIS
(Pilihan Ganda)
Pilih Satu Jawaban yang paling tepat !
1.
a.
b.
c.
d.
e.
dst.
Kunci Jawaban Piliahan Ganda dan
Pedoman Penskoran
Alternatif Jawaban
|
Penyelesaian
|
Skor
|
1
|
1
|
|
2
|
1
|
|
3
|
1
|
|
4
|
1
|
|
....
|
1
|
|
20
|
1
|
|
Jumlah
|
20
|
Nilai =
Penilaian Pengetahuan
- Tes Tulis Pilihan Ganda
|
Topik : ………………….
Indikator : …………………..
Soal : ………………….
Jawaban :
a. …………………
|
LEMBAR PENILAIAN
PENGETAHUAN (ANALISIS)- TES TERTULIS
NO
|
NAMA
|
PILIHAN GANDA
|
ESSAY
|
SKOR
|
NILAI
|
||||||||||||||||||||||||
01
|
02
|
03
|
04
|
05
|
06
|
07
|
08
|
09
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
01
|
02
|
03
|
04
|
05
|
PG
|
E
|
|||
1
|
|||||||||||||||||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||||||||||||||||
4
|
|||||||||||||||||||||||||||||
5
|
LEMBAR PENILAIAN
PENGETAHUAN
Observasi terhadap
Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
KELAS : . ……………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Pernyataan
|
|||||||
Pengungkapan
gagasan yang
orisinil
|
Kebenaran Konsep
|
Ketepatan penggunaan istilah
|
Dan lain sebaginya
|
||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
Penilaian pengetahuan
- Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
LEMBAR PENILAIAN
PENGETAHUAN
PENILAIAN PENUGASAN
Penilaian Pengetahuan - Penugasan
|
Mengidentifikasi …………………….
Tugas : Menyusun laporan
hasil percobaan tentang cara kerja …………………….secara tertulis dengan berbagai
media.
Indikator : membuat laporan hasil percobaan cara kerja
…………………….
Langkah Tugas :
1. Lakukan observasi ke pasar atau tempat
lainnya untuk mendapatkan informasi mengenai …………………….
2. Datalah yang kamu dapatkan dalam bentuk
tabel yang berisi ……………………., ……………………..
3. Diskusikan hasil observasi yang kamu
lakukan beersama teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan berikut:
a. Jenis …………………….apa yang paling banyak
kamu temukan dipasaran?
b. Bagaimana yang terjadi?
c. Keuntungan apa yang diperoleh dalam
kehidupan?
4. Tuliskan hasil kegiatannmu dalam bentuk
laporan dan dikumpulkan serta dipresentasikan pada kegiatan pembelajaran
berikutnya
|
Rubrik Penilaian
No.
|
Kriteria
|
Kelompok
|
||||||||
9
|
8
|
7
|
6
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip bidang
studi
|
|||||||||
2
|
Ketepatan memilih bahan
|
|||||||||
3
|
Kreativitas
|
|||||||||
4
|
Ketepatan waktu pengumpulan tugas
|
|||||||||
5
|
Kerapihan hasil
|
|||||||||
Jumlah skor
|
Keterangan: 4 =
sangat
baik, 3
= baik, 2 = cukup
baik, 1
= kurang baik
NilaiPerolehan =
LEMBAR PENILAIAN
KETERAMPILAN - UNJUK KERJA
Pekerjaan :
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
Tabel : Rubrik
Penilaian Unjuk Kerja
Tingkat
|
Kriteria
|
4
|
Jawaban
menunjukkan penerapan konsep mendasar yang
berhubungan dengan tugas ini. Ciri-ciri:
Semua jawaban
benar, sesuai dengan prosedur operasi dan penerapan konsep yang berhubungandengan tugas ini
|
3
|
Jawaban
menunjukkan penerapan konsep mendasar yang
berhubungan dengan tugas ini. Ciri-ciri:
Semua jawaban benar
tetapi ada cara yang tidak sesuai atau ada satu jawaban salah. Sedikit kesalahanperhitungan dapat diterima
|
2
|
Jawaban menunjukkan
keterbatasan atau kurang memahami masalah yang berhubungan dengan tugas ini.
Ciri-ciri:
Ada jawaban yang
benar dan sesuai dengan prosedur, dan ada jawaban tidak sesuai dengan
permasalahan yang ditanyakan.
|
1
|
Jawaban hanya
menunjukkan sedikit atau sama sekali tidak ada pengetahuan bahasa
Inggris yang berhubungan dengan masalah ini.
Ciri-ciri:
Semua jawaban
salah, atau
Jawaban benar
tetapi tidak diperoleh melalui prosedur yang benar.
|
0
|
Tidak ada jawaban
atau lembar kerja kosong
|
LEMBAR PENILAIAN
KETERAMPILAN- UNJUK KERJA
KELAS : . …………..
No
|
Nama Siswa
|
Tingkat
|
Nilai
|
Ket.
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||||
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
Lembar Pengamatan
Penilaian Keterampilan
- Unjuk Kerja/Kinerja/Praktik
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Topik : ………………………..
KI : ………………………..
KD : ………………………..
Indikator : ………………………..
|
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - PROYEK
Proyek
:
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
Orientasi Masalah:
Bentuklah tim kelompokmu, kemudian
pergilah ke ……………… yang ada di ……………..mu. Ambil alat …………….. yang digunakan
untuk ……………….. terhadap ……………. ……………… antara …………… terhadap ………….yang berada di
………….., lakukan berulang-ulang sehingga kamu menemukan …………….yang ……………… antara
……………. dengan …………… tersebut!
Langkah-langkah Pengerjaan:
1. Kerjakan tugas ini secara kelompok.
Anggota tiap kelompok paling banyak 4 orang.
2. Selesaikan masalah terkait ……………
3. Cari data …………… dengan ……………….. tersebut
4. Bandingkan untuk mencari ………….. umum
jumlah ……………………..pertahun
5. Lakukan prediksi …………….. dengan ………………
tersebut
6. Hasil pemecahan masalah
dibuat dalam laporan tertulis tentang kegiatan yang dilakukan yang
meliputi perencanaan, pelaksanaan pemecahan masalah, dan pelaporan hasil
pemecahan masalah
7. Laporan bagian perencanaan meliputi: (a)
tujuan kegiatan, (b) persiapan/strategi untuk pemecahan masalah
8. Laporan bagian pelaksanaan meliputi: (a)
pengumpulan data, (b) proses pemecahan masalah, dan (c) penyajian data hasil
9. Laporan bagian pelaporan hasil meliputi:
(a) kesimpulan akhir, (b) pengembangan hasil pada masalah lain (jika
memungkinkan)
10. Laporan dikumpulkan
paling lambat …………… minggu setelah tugas ini diberikan
Rubrik Penilaian
Proyek:
Kriteria
|
Skor
|
· Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
· Laporan memuat
perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
· Bagian perencanaan
memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah
yang benar dan tepat
· Bagian pelaksanaan
memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal
(nalar) dan penyajian data berbasis bukti
· Bagian pelaporan
memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, terdapat pengembangan hasil
pada masalah lain
· Kerjasama kelompok
sangat baik
|
4
|
· Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
· Laporan memuat
perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
· Bagian perencanaan
memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah
yang benar dan tepat
· Bagian pelaksanaan
memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal
(nalar) dan penyajian data berbasis bukti
· Bagian pelaporan
memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan
hasil pada masalah lain
· Kerjasama kelompok
sangat baik
|
3
|
· Jawaban benar tetapi kurang sesuai dengan kerangka
berpikir ilmiah
· Laporan memuat
perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
· Bagian perencanaan
memuat tujuan kegiatan yang kurang jelas dan persiapan/strategi pemecahan
masalah yang kurang benar dan tepat
· Bagian pelaksanaan
memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan masalah yang
kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data kurang berbasis bukti
· Bagian pelaporan
memuat kesimpulan akhir yang kurang sesuai dengan data, tidak terdapat
pengembangan hasil pada masalah lain
· Kerjasama kelompok
baik
|
2
|
· Jawaban tidak
benar
· Laporan memuat
perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
· Bagian perencanaan
memuat tujuan kegiatan yang tidak jelas dan persiapan/strategi pemecahan
masalah yang kurang benar dan tepat
· Bagian pelaksanaan
memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan masalah yang
kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data tidak berbasis bukti
· Bagian pelaporan
memuat kesimpulan akhir yang tidak sesuai dengan data, tidak terdapat
pengembangan hasil pada masalah lain
· Kerjasama kelompok
kurang baik
|
1
|
Tidak melakukan
tugas proyek
|
0
|
Penilaian Keterampilan – Proyek
|
|||||||||||||||
Mata
Pelajaran : …………… Guru
Pembimbing : ……………
Nama
Proyek : …………… Nama : ……………
Alokasi
Waktu : …………… Kelas : ……………
|
LEMBAR PENILAIAN
KETERAMPILAN
PENILAIAN PRODUK
Nama
Produk : ………………………………..
Nama Peserta
Didik : ………………………………..
No
|
Aspek
|
Skor
|
|||
1
|
Perencanaan Bahan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Proses Pembuatan
a. Persiapan Alat dan Bahan
b. Teknik Pengolahan
c. K3 ( Keamanan, Keselamatan, dan
Kebersihan)
|
||||
3
|
Hasil Produk
a. Bentuk Fisik
b. Bahan
c. Warna
d. Pewangi
e. ……..
|
||||
Total Skor
|
Ø Aspek yang dinilai disesuaikan dengan
jenis produk yang dibuat
Ø Skor diberikan tergantung dari ketepatan
dan kelengkapan jawaban yang diberikan. Semakin lengkap dan tepat jawaban,
semakin tinggi perolehan skor.
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN PORTOFOLIO
Tugas
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
· ....................................................................................................................................................
Rubrik Penilaian
Nama siswa : ………………….
Kelas : ………………….
No
|
Kategori
|
Skor
|
Alasan
|
1
|
1. Apakah
portofolio lengkap dan sesuai dengan rencana?
|
||
2
|
2. Apakah lembar
isian dan lembar kuesioner yang dibuat sesuai?
|
||
3
|
3. Apakah terdapat
uraian tentang prosedur pengukuran/pengamatan yang dilakukan?
|
||
4
|
Apakah isian hasil pengukuran/pengamatan dilakukan
secara benar?
|
||
5.
|
Apakah data dan fakta yang disajikan akurat?
|
||
6.
|
Apakah interpretasi
dan kesimpulan yang dibuat logis?
|
||
7.
|
Apakah tulisan dan
diagram disajikan secara menarik?
|
||
8.
|
Apakah bahasa yang
digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai
dengan kaidah EYD?
|
||
Jumlah
|
Kriteria: 5 =
sangatbaik, 4
=
baik, 3
=
cukup, 2
= kurang,
dan 1
= sangat kurang
Penilaian Keterampilan – Produk
|
|||||||||||||||
Mata
Pelajaran : …………… Nama
Peserta Didik : ……………
Nama
Produk : …………… Kelas : ……………
Alokasi
Waktu : ……………
|
Penilaian Keterampilan - Portofolio
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran : …………………………..
Kelas/Semester : …………………………..
Peminatan : …………………………..
Tahun Ajaran : 2015/2016
Judul portofolio : Pelaporan merancang /perakitan
alat praktikum dan Penyusunan laporan praktikum
Tujuan : Peserta
didik dapat merancang/merakit alat dan menyusun laporan praktikum bidang
studi sebagai tulisan ilmiah
Ruang
lingkup :
Karya portofolio yang dikumpulkan adalah laporan seluruh hasil
rancangan/rakitan alat dan laporan praktikum bidang studi semester 1
Uraian tugas portofolio
1. Buatlah laporan kegiatan
merancang/merakit alat, laporan praktikum bidang studi sebagai tulisan ilmiah
2. Setiap laporan dikumpulkan
selambat-lambatnya seminggu setelah peserta didik melaksanakan tugas
|
Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis
karangan, menulis laporan dan menulis surat.)
Penilaian Keterampilan – Tertulis
(menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.)
|
JUDUL
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
|
……………, 25
Juli 2016
Mengetahui
Kepala SMA
….. Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
Catatan Kepala Sekolah
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
0 Response to "RPP Bahasa Indonesia Kelas X Smt.2 K13 Revisi 2017"
Post a Comment