RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I.
KONSEP : 2.3.b. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
II.
DESKRIPSI
RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan
secara rinci mengacu pada silabus,
buku
teks pelajaran, buku panduan guru, dan
referensi lain yang mendukung. Pengembangan RPP dapat
dilakukan oleh guru secara mandiri
dan/atau berkelompok (KKG) di
sekolah/madrasah yang dapat dikoordinasikan, difasilitasi, dan
disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah.
Komponen RPP
Komponen RPP merujuk pada Permendikbud
No. 22 Tahun 2016, terdiri atas:
a.
identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b.
identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c.
kelas/semester;
d.
materi pokok;
e.
alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan
beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam
silabus dan KD yang harus dicapai;
f.
tujuan
pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja
operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan,
dan keterampilan;
g.
kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h.
materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip,
dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan
rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i.
metode pembelajaran, digunakan
oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa
mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik siswa dan KD yang akan
dicapai;
j.
media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk
menyampaikan materi pelajaran;
k.
sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam
sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
l.
langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti,
dan penutup; dan
m.
penilaian hasil pembelajaran.
Catatan: Komponen RPP
tersebut di atas bersifat minimal, artinya setiap satuan pendidikan diberikan
peluang untuk menambah komponen lain, selama komponen tersebut memberikan
kemudahan dalam pelaksanaan pembelajaran
|
Prinsip - Prinsip
Penyusunan RPP
Mekanisme pelaksanaan pembelajaran mencakup perencanaan,
pelaksanaan (termasuk didalamnya kegiatan evaluasi), dan pertimbangan daya
dukung. Tahap pertama, perencanaan pembelajaran
yang diwujudkan dengan kegiatan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan
prinsip-prinsip sebagai berikut:
- Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, tingkat
intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi,
gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya,
norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa.
- Partisipasi aktif siswa.
- Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat,
kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk
mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi
dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program
pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi
pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi,
penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata
pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi
secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan
Langkah – langkah
Penyusunan RPP
a. Mengkaji silabus
tematik meliputi: (1) KI dan KD;
(2) materi pembelajaran; (3) proses pembelajaran; (4)
penilaian pembelajaran; (5) alokasi waktu; dan (6) sumber belajar.
b. Merumuskan indikator
pencapaian KD.
c. Mengembangkan materi pembelajaran. Materi Pembelajaran dapat berasal dari buku teks pelajaran (buku siswa) dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi
kekinian, konteks pembelajaran dari
lingkungan sekitar yang
dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
d. Menjabarkan kegiatan pembelajaran yang ada pada
silabus
dalam bentuk yang lebih operasional berupa pendekatan
saintifik disesuaikan dengan kondisi siswa dan satuan guruan termasuk penggunaan media,
alat, bahan, dan sumber belajar.
e. Menentukan
alokasi waktu untuk setiap pertemuan
berdasarkan alokasi waktu pada silabus. Selanjutnya
dibagi ke dalam kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
f. Mengembangkan
penilaian pembelajaran dengan cara menentukan lingkup, teknik, dan instrumen penilaian, serta membuat pedoman
penskoran.
g. Menentukan strategi pembelajaran remedial segera setelah
dilakukan penilaian.
h. Menentukan Media, Alat, Bahan,
dan Sumber
Belajar disesuaikan dengan yang
telah ditetapkan dalam langkah penjabaran proses pembelajaran.
Contoh Format RPP Tematik Terpadu
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU
Sekolah : ..................................
Kelas/Semester :
..................................
Tema : ..................................
Subtema : ..................................
Pembelajaran
ke : ..................................
Alokasi
Waktu : ..................................
A.
Kompetensi Inti (KI)
1.
...............................................................................................................................
2.
...............................................................................................................................
3.
...............................................................................................................................
4.
..............................................................................................................................
PPKn
Bahasa Indonesia
Matematika
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran
E. Metode Pembelajaran
F. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
2.
Kegiatan Inti
Salah satu alternatif yang dapat
digunakan dalam kegiatan inti adalah pendekatan saintifik, yaitu :
·
Mengamati
·
Menanya
·
Mengumpulkan informasi/mencoba
·
Menalar/mengasosiasi
·
Mengomunikasikan
3.
Kegiatan Penutup
G. Penilaian
1. Teknik penilaian
z
2. Instrumen penilaian
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan Pembelajaran
H. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1. Media/alat
2. Bahan
3. Sumber Belajar
|
Contoh RPP Tematik Terpadu
Kelas I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU
Sekolah : SD Negeri ............
Kelas/Semester : I/1(satu)
Tema
: 1. Diriku
Subtema : 2. Tubuhku
Pembelajaran :
1
Alokasi
Waktu : 5 X 35 menit (1 kali pertemuan)
A. Kompetensi
Inti (KI)
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.4 Menentukan
kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks
pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan
eksplorasi lingkungan.
|
· Menyebutkan minimal 10 nama anggota tubuh dengan
tepat.
· Membaca minimal 10 nama anggota tubuh dengan tepat.
· Menentukan kartu kata yang tepat sesuai dengan
gambar anggota tubuh yang ditentukan.
|
4.4
Menyampaikan
penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera
serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan
bahasa daerah secara lisan dan /atau tulis.
|
· Menggunakan
kosakata tentang anggota tubuh dengan tepat dalam bahasa lisan atau tulisan,
dengan bantuan bahasa daerah.
|
PPKn
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.2
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang
dianut dalam kehidupan sehari-hari di
rumah.
|
-
|
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku
dalam
kehidupan
sehari-hari di rumah.
|
-
|
3.2 Mengidentifikasi aturan yang
berlaku
dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
|
· Menjelaskan
aturan makan (sebelum, saat, dan sesudah)
|
4.2 Menceritakan kegiatan
sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
· Menunjukkan
sikap mengikuti aturan makan di rumah (sebelum, saat, dan sesudah).
|
SBdP
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari.
|
·
Mengidentifikasi
gerak anggota tubuh (kepala, badan, tangan, dan kaki) dalam suatu tarian.
|
4.3
Meragakan
gerak anggota tubuh melalui tari.
|
·
Memeragakan gerak anggota tubuh (kepala, badan, tangan, dan kaki)
dalam suatu tarian.
|
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah menyanyikan lagu, siswa dapat menyebutkan
bagian-bagian tubuh dengan tepat
2.
Dengan menirukan ucapan guru, siswa
dapat membaca nama bagian-bagian tubuh dengan tepat.
3.
Dengan permainan memilih kartu kata,
siswa dapat menentukan kata yang tepat sesuai dengan gambar anggota tubuh yang
ditentukan.
4.
Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan
aturan sebelum, saat , dan sesudah makan di rumah dengan tepat.
5.
Melalui simulasi/bermain
peran/presentasi sederhana, siswa menunjukkan sikap mengikuti aturan saat makan
dengan tepat.
6.
Melalui ragam gerak, siswa dapat mengidentifikasi
gerak anggota tubuh dengan tepat.
7. Selama
belajar, siswa dapat membaca dan menggunakan elemen teks/visual untuk memahami
bacaan atau konsep yang disajikan dalam bacaan. (Catatan : Tujuan nomor 7 ini digunakan untuk mengembangkan kemampuan
literasi siswa).
8. Setelah
membaca atau mengikuti pembelajaran, siswa dapat memberikan respon terhadap
bacaan atau materi pembelajaran secara verbal dan tulisan. (Catatan : Tujuan nomor 8 ini digunakan untuk mengembangkan kemampuan
literasi siswa).
D. Materi Pembelajaran
1.
Kosakata
anggota tubuh.
2.
Aturan
makan di rumah.
3.
Gerak
anggota tubuh dalam tari
E. Metode
Pembelajaran
Eksplorasi, Diskusi,
dan Tanya jawab.
F. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 Menit)
1.
Guru memberi salam, menyapa
siswa, menanyakan kabar dan kondisi kesehatan mereka. Sambil mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur
atas segala nikmat Tuhan YME.
2. Siswa berdoa sebelum memulai kegiatan. Guru menekankan pentingnya berdoa
(agar apa yang akan dikerjakan dan ilmu yang didapat akan bermanfaat). Berdoa
dapat dipimpin oleh guru atau salah satu siswa yang ditunjuk (Selama berdoa guru mengamati dengan seksama
sikap siswa saat berdoa).
3. Siswa satu demi satu
menyampaikan komitmen tentang sikap yang ingin mereka tunjukkan hari ini. (Ini adalah salah satu upaya
pembiasaan untuk penguatan karakter).
Bisa diawali oleh guru misalnya komitmen guru hari ini ingin menunjukkan
perilaku tepat waktu.
4. Siswa diajak meneriakkan yel-yel
penyemangat (guru silahkan berkreasi
menciptakan yel-yel penyemangat).
5.
Siswa menyimak guru membacakan syair lagu “Dua Mata Saya” dengan intonasi
dan ekspresi yang menarik (sebelumnya guru sudah menempelkan syair lagu yang
akan dibacakan di papan tulis, diupayakan berukuran besar).
6.
Siswa difasilitasi untuk mengajukan
pertanyaan tentang isi teks lagu (jika siswa kurang merespon, maka guru
berusaha memancing pertanyaan dari siswa), misalnya :
-
Apa isi syair lagu
tersebut?
-
Kosa kata apa saja yang mereka peroleh dari
syair lagu tersebut?
7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang judul
lagu, pengarang, dan hal-hal lain yang menarik yang dapat dicermati dari lagu
tersebut, untuk membiasakan siswa mengapresiasi karya orang lain.
8.
Siswa diminta memperkirakan
apa yang akan mereka pelajari terkait dengan syair yang baru didengarkan. Guru
merespon pendapat siswa sambil mengarahkan agar siswa mengetahui tujuan
pembelajaran yang akan dicapai termasuk sikap yang akan dinilai selama proses
pembelajaran.
Kegiatan Inti (145 Menit)
1.
Siswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”
bersama-sama.
2.
Setelah bernyanyi, siswa diminta mengamati
gambar anggota tubuh yang dipajang guru di papan tulis (gambar tersebut belum
dilengkapi dengan nama-nama anggota tubuh).
3.
Salah satu siswa diminta menunjukkan
bagian-bagian tubuh yang ada dalam teks lagu “Dua Mata Saya”. Guru meminta
siswa menunjukkan kata pada syair lagu
tersebut yang merupakan nama anggota tubuh.
4.
Siswa diarahkan untuk aktif
mengidentifikasi nama-nama bagian tubuh dengan menyebutkan nama anggota tubuh
yang ditunjuk oleh guru.
5.
Guru memperlihatkan salah satu kartu
nama anggota tubuh dan menanyakan huruf yang ada pada kartu nama tersebut.
Beberapa siswa diberi kesempatan untuk menyebutkan huruf dan membaca katanya.
6.
Siswa menempelkan kartu nama tersebut
pada bagian tubuh yang dimaksud/ditunjuk.
7.
Siswa diperlihatkan
kartu lain, hingga semua kartu nama anggota tubuh tertempel pada gambar.
8.
Siswa dan guru mengecek bersama, dengan
menunjuk salah satu bagian dan membacakan kartu nama anggota tubuh yang
tertempel. Jika ada yang kurang tepat, siswa lain membetulkan.
9.
Setelah semua kartu nama anggota tubuh
terpasang, guru memandu siswa membaca semua nama anggota tubuh tersebut
bersama-sama.
10.
Siswa diberikan tantangan untuk membaca
nama-nama anggota tubuh yang ditunjuk guru secara mandiri (guru mengamati sikap
percaya diri siswa).
11.
Siswa menjawab pertanyaan guru, bagaimana cara
menjaga agar tubuh tetap sehat?.
(Guru mengarahkan pertanyaannya agar salah satu jawabannya adalah ‘makan’).
12.
Siswa menyimak penjelasan guru bahwa makan harus dilakukan dengan aturan-aturan
tertentu. Guru bertanya apakah siswa memiliki aturan makan di rumah
masing-masing?. Jenis pertanyaan dipandu oleh guru,
misalnya:
-
apakah tadi pagi sudah makan?;
-
sebelum makan, apakah ada yang harus
kamu lakukan?;
-
jika makan di mana?, di meja makan atau
boleh di mana saja?;
-
saat makan, apakah bersama-sama dengan anggota
keluarga atau sendiri-sendiri?;
-
bagaimana sikap saat makan?;
-
bagaimana sikap jika sudah selesai
makan?.
13.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, guru
meminta siswa membentuk pasangan untuk bertukar informasi.
14.
Siswa saling menggali informasi dari
teman sebangku tentang aturan makan di rumah, baik sebelum, saat makan, dan
sesudahnya (selama siswa berdiskusi guru mengamati sikap kerja sama siswa).
15.
Siswa diminta menunjukkan/mempresentasikan
hasil tanya jawab tentang sikap saat makan di rumah (guru mengamati sikap
percaya diri siswa).
16.
Siswa mengamati buku siswa halaman 40.
Apakah dari hasil diskusi tentang aturan sikap siswa sebelum, saat, dan setelah
makan ada yang sesuai dengan gambar di buku siswa?
17.
Siswa menyimak rangkuman guru atas semua
jawaban siswa dan menyampaikan informasi tentang aturan makan di rumah.
Secara umum aturan pada saat makan adalah sebagai berikut:
-
Mencuci tangan sebelum makan.
-
Berdoa sebelum makan.
-
Duduk saat sedang makan.
-
Tidak berbicara ketika sedang mengunyah
makanan.
-
Tidak mengambil makanan berlebihan.
-
Berdoa setelah makan.
-
Merapikan bekas makan sendiri.
18.
Siswa menyimak penguatan
guru untuk
mengikuti aturan saat makan.
19.
Siswa difasilitasi untuk berdiskusi
tentang cara menjaga kesehatan tubuh. Guru mengarahkan diskusi akan pentingnya
menggerakkan tubuh secara teratur. Ada beberapa cara menggerakkan tubuh seperti
berlari, bersepeda, senam, juga dengan
menari. Menari juga menyehatkan tubuh,
karena menari melancarkan peredaran darah dan membuat hati gembira.
20.
Siswa diajak bersenang-senang
dengan menggerakkan anggota tubuh sambil bernyanyi dan mengingat kembali
nama-nama anggota tubuh (lihat buku siswa halaman 41)
.
21. Guru
memberikan contoh terlebih dulu, lalu siswa mengamati dan kemudian mengikuti.
Guru dan siswa bergerak sesuai dengan irama lagu tersebut. Guru memberikan
instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa mengikuti ragam gerak “Kepala Pundak
Lutut Kaki”. Instruksi gerak dasar tersebut adalah:
-
Sikap berdiri, pandangan ke depan.
-
Kedua tangan di pinggang.
-
Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk.
-
Gerak kepala tengok kanan dan kiri.
22. Awalnya seluruh siswa
melakukan gerakan dengan arahan guru. Lalu bergantian
perkelompok siswa mengulangi gerakan tariannya di depan teman-temannya (saat
siswa menari guru mengamati sikap siswa baik percaya diri, kerja sama, maupun
kedisiplinan).
23. Setelah menari, guru menanyakan perasaan siswa. Guru juga
mengingatkan kembali pentingnya menggerakkan tubuh bagi kesehatan.
24. Sebagai akhir dari kegiatan siswa mengerjakan lembar kerja di buku
siswa halaman 42 dan 43.
Penutup (15 menit)
1. Siswa menyimak ulasan guru tentang kegiatan yang sudah dilakukan dan
meminta siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang baru saja dilakukan dengan
menjawab pertanyaan:
-
Bagaimana perasaan kalian mengikuti
kegiatan hari ini?
-
Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
Mengapa?
-
Kegiatan mana yang paling mudah/sulit?
Mengapa?
-
Sikap apa yang dapat kamu terapkan dalam
kehidupan sehari-hari setelah
belajar?
-
Apakah kamu merasa telah berhasil
menunjukkan sikap yang tadi pagi ingin kamu tunjukkan?
2.
Siswa menyimak penguatan dan kesimpulan pembelajaran
hari ini yang disampaikan guru.
3.
Siswa bersama guru
merayakan
keberhasilan pembelajaran dengan mengumandangkan yel-yel penyemangat.
4.
Sebagai penutup guru mengajak siswa untuk
bersyukur atas ilmu dan semua kegembiraan yang telah mereka rasakan di hari ini
dengan berdoa bersama. Guru juga mengingatkan tentang sikap
berdoa yang baik.
5.
Selesai berdo’a,
siswa memberi salam pada guru. Guru mengingatkan siswa
untuk memberi salam pada orang tua
G.
Penilaian
1.
Sikap
Format Penilaian
Sikap (Jurnal)
No.
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan:
Lembar latihan pada buku siswa halaman 42 dan 43.
3.
Keterampilan
a. Bahasa Indonesia: Menggunakan Kosakata Anggota Tubuh dalam Teks
Aspek
|
Sangat
Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Pendampingan (1)
|
Menyebutkan anggota tubuh
|
Seluruh kosakata anggota tubuh dapat
diucapkan dengan benar
|
Sebagian besar kosakata anggota tubuh
diucapkan dengan benar
|
Sebagian kecil kosakata anggota tubuh
diucapkan dengan benar
|
Belum dapat mengucapkan kosakata
anggota tubuh dengan benar
|
Memasangkan gambar dan kata
|
Seluruh gambar dan kata dipasangkan
dengan benar
|
Sebagian besar gambar dan kata
dipasangkan dengan benar
|
Sebagian kecil gambar dan kata
dipasangkan dengan benar
|
Belum dapat memasangkan gambar dan
kata dengan benar
|
b.
PPKn : Mendiskusikan
dan mempresentasikan informasi tentang aturan di rumah
Aspek
|
Sangat
Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Pendampingan (1)
|
Menyebutkan contoh aturan di rumah
|
Menyebutkan 4 contoh aturan di rumah
|
Menyebutkan 3 contoh aturan di rumah
|
Menyebutkan 2 contoh aturan di rumah
|
Menyebutkan 1 contoh aturan di rumah
|
Menggali informasi
|
Menggali informasi dari teman dengan
sangat baik
|
Menggali informasi dari teman dengan
baik
|
Menggali informasi dari teman dengan
cukup baik
|
Belum mampu menggali informasi dari
teman
|
c.
SBdP : Memeragakan gerak anggota tubuh dalam tari
Aspek
|
Sangat
Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Pendampingan
(1)
|
Gerakan
|
Seluruh gerakan tari dapat dilakukan
dengan baik sesuai contoh yang diberikan guru
|
Sebagian besar gerakan tari dapat
dilakukan dengan baik sesuai contoh yang diberikan guru
|
Sebagian kecil gerakan tari dapat
dilakukan dengan baik sesuai contoh yang diberikan guru
|
Belum dapat melakukan gerakan tari
sesuai contoh yang diberikan guru
|
H.
Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
- Buku cerita singkat
tentang anggota tubuh (akan sangat baik kalau bukunya berukuran besar).
- Gambar tentang anggota
tubuh
- Kartu bertuliskan nama bagian-bagian tubuh
- Alat musik (jika ada) untuk mengiringi siswa
bernyanyi dan
menari.
- Lem/double tape/perekat
lainnya.
- Buku Guru dan Buku
Siswa Kelas I, Tema 1: Diriku, Subtema 2:
Tubuhku, Pembelajaran 1. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi
2016). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
RI.
Refleksi Guru
|
................,
..............2017
Mengatahui, Guru Kelas I
Kepala Sekolah
(.......................................) (.......................................)
Contoh RPP Tematik
Terpadu Kelas IV
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU
Sekolah : SD Nusantara
Kelas/Semester :
IV/1 (satu)
Tema :
1. Indahnya Kebersamaan
Subtema : 1. Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran
ke : 1
Alokasi
Waktu : 6 x 35 menit (1 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima, menjalankan dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
3.1. Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung
yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
|
a. Mengidentifikasi
gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
|
4.1. Menata
informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke
dalam kerangka tulisan.
|
· Menyajikan
gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam
bentuk peta pikiran.
|
IPS
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2. Mengidentifikasi keragaman sosial,
ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas
bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
|
· Menyebutkan keragaman budaya,
etnis, dan agama dari
teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan
lengkap.
|
4.2.
Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya,
etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia;
serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
|
·
Mengomunikasikan keragaman
budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia
secara lisan dan tulisan dengan sistematis.
|
IPA
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
3.6. Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya
dengan indera pendengaran.
|
·
Menjelaskan cara
menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.
|
4.6. Menyajikan laporan hasil percobaan tentang
sifat-sifat bunyi.
|
·
Menyajikan laporan hasil
pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar
dengan sistematis.
|
C. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah
membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu mengidentifikasi gagasan
pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan
mandiri.
2. Setelah
membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan
gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dalam bentuk peta
pikiran dengan tepat.
3. Setelah
wawancara sederhana, siswa mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama
dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.
4. Setelah
diskusi, siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman
di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan
sistematis.
5. Setelah
eksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda
di sekitar dengan lengkap.
6. Setelah
eksplorasi dan diskusi, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang
cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan sistematis.
7. Selama
belajar, siswa dapat membaca dan menggunakan elemen teks/visual untuk memahami
bacaan atau konsep yang disajikan dalam bacaan. (Catatan : Tujuan nomor 7 ini digunakan untuk mengembangkan kemampuan
literasi siswa).
8. Setelah
membaca atau mengikuti pembelajaran, siswa dapat memberikan respon terhadap
bacaan atau materi pembelajaran secara verbal dan tulisan. (Catatan : Tujuan nomor 8 ini digunakan untuk mengembangkan kemampuan
literasi siswa).
D.
Materi Pembelajaran.
1. Gagasan pokok
dan gagasan pendukung pada sebuah paragraf.
2. Keberagaman
sosial, ekonomi, budaya, etnis, agama Bangsa Indonesia.
3. Sifat-sifat
bunyi.
E. Metode
Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Tanya jawab, diskusi, membuat peta pikiran,
wawancara dan percobaan.
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
|||||||||||||||||||||||||||||
Pendahuluan
|
1. Kelas
dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
2. Kelas
dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (Untuk menyegarkan
suasana, guru dapat menanyakan tanggal hari ini. Misalnya tanggal 17, Maka
mintalah siswa dengan nomor absen 17
untuk memimpin doa).
3. Siswa
difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya
mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat
memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4. Menyanyikan
Lagu
Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya
menanamkan semangat kebangsaan.
5. Mintalah
siswa untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas. Lakukan operasi
semut jika kelas masih kurang rapi.
6. Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat dan aktivitas
pembelajaran yang akan dilakukan.
7. Siswa
menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap syukur, kerja sama, dan peduli
yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8. Pembiasaan
membaca nyaring 15 menit (Catatan : akan
lebih baik jika Guru membacakan buku cerita rakyat, atau buku lain yang
sesuai dengan materi).
· Sebelum
membacakan buku, guru menjelaskan
tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan
berikut:
- apa
yang tergambar pada sampul buku?
- apa
judul
buku?
- kira-kira
buku ini menceritakan apa?
- pernahkah
kamu membaca judul seperti itu?
- apa
saja yang kamu ingin ketahui dari buku ini?
· Pada saat membaca, guru menunjukkan
ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan seksama.
· Setelah guru membacakan buku, siswa
diminta membuat peta cerita/mind
map.
9. Menyegarkan
suasana kembali dengan menyanyikan Lagu Ampar-ampar Pisang, atau lagu
daerah setempat. Berikan penguatan bahwa negara kita kaya akan lagu daerah.
|
30 menit
|
|||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan inti
|
1.
Sebelum memulai pembelajaran, guru
menempelkan gambar seorang anak Bali yang memakai baju tradisional. Di
belakang anak ada rumah tradisional Bali. Siswa diminta mengamati.
2.
Siswa difasilitasi untuk mengajukan
pertanyaan terkait gambar yang diamati.
3.
Siswa diajak berdiskusi tentang
pakaian adat, rumah
tradisional
dan makanan daerah.
4.
Siswa menyimak penjelasan guru, bahwa
hari ini akan mempelajari budaya Indonesia.
5.
Siswa diajak berdiskusi tentang keragaman
budaya Indonesia. Guru dapat mengajukan pertanyaan pembuka,
asal suku para
siswa (misalnya, Suku Jawa, Sunda, Minang, dst).
6.
Siswa berpasangan saling mendiskusikan
asal suku masing-masing. Jika mayoritas siswa berasal dari suku yang sama,
siswa diminta untuk menceritakan 1 suku yang mereka ketahui.
7.
Hasil diskusi dibahas dan disimpulkan
secara klasikal.
8.
Siswa dibagi dalam kelompok dengan 3-4
anggota. Mintalah setiap kelompok untuk membaca teks ‘Pawai Budaya’ pada Buku Siswa (BS) Tema 1,
Subtema 1, Pembelajaran 1,
halaman 1-2. Mintalah siswa untuk
menandai paragraf dengan nomor
1 s/d 5.
9.
Siswa difasilitasi untuk mendiskusikan
sikap yang harus ditunjukkan dalam bekerja kelompok.
10.
Setiap kelompok menuliskan hasil
diskusi tentang isi paragraf 1.
11.
Perwakilan kelompok mempresentasikan
hasil diskusi di depan kelas. Siswa yang lain diminta memberikan tanggapan.
Kelompok melakukan perbaikan atas masukan siswa yang lain.
12.
Lakukan hal yang sama untuk paragraf
2.
13.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang
gagasan pokok dan gagasan pendukung sebuah paragraf.
14.
Siswa bersama guru mendiskusikan
kata-kata sulit yang terdapat dalam paragraf.
15.
Siswa melanjutkan aktivitas secara
mandiri dengan menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari
paragraf 3, 4, 5 dalam bentuk peta pikiran, sebagaimana bentuk peta pikiran
pada BS halaman 4, 5, dan 6.
16.
Selama siswa melakukan aktivitas
membuat peta pikiran. Guru dapat berkeliling untuk memberikan penguatan. Peta
pikiran dapat dinilai dengan rubrik.
17.
Siswa kembali diingatkan
pada kegiatan di awal pembelajaran tentang keragaman suku dari teman-teman di
kelas.
18.
Setiap siswa diminta untuk
mencari informasi dengan cara mewawancarai paling sedikit 5 teman di kelas
atau lintas kelas.
19.
Selama siswa melakukan
wawancara, guru dapat melakukan pendampingan, sekaligus memastikan siswa bersikap
sopan, berbahasa santun, dan saling menghargai saat wawancara berlangsung.
20.
Hasil wawancara dituangkan dalam tabel
pada BS halaman 8.
21.
Siswa menyimak penguatan yang
disampaikan guru tentang pentingnya sikap saling menghargai keragaman
budaya, suku, dan agama, serta menjadikan keragaman tersebut sebagai
identitas bangsa Indonesia.
22.
Setelah mengisi tabel. Aktivitas
dilanjutkan dengan mengisi pertanyaan sebagaimana pada BS halaman 8.
23.
Siswa menyimak penguatan guru tentang sikap
syukur atas anugerah Tuhan Yang Maha Esa tentang keberagaman bangsa
Indonesia.
24.
Kegiatan dilanjutkan dengan meminta siswa
menuliskan pada kolom BS halaman 9 tentang contoh sikap saling menghargai
keberagaman dan yang tidak menghargai keberagaman.
25.
Siswa saling mendiskusikan tugas yang
telah diselesaikan.
26.
Segarkan suasana dengan ice breaking : Tepuk Cek Bum.
Prosedurnya :
27.
Siswa diajak
berdiskusi, mengapa sebuah tepukan dapat kita dengar?. Guru memberikan
penguatan tentang sifat-sifat bunyi.
28.
Siswa membentuk kelompok,
setiap kelompok terdiri atas 4-5 orang. Siswa mengamati gambar dan
membaca teks tentang berbagai alat musik tradisional yang ada di buku siswa serta
mengisi tabel pada halaman
11.
29.
Siswa melakukan eksplorasi
menggunakan benda-benda yang terdapat di sekitar kelas.
30.
Setiap siswa diminta
mengambil 5 benda yang ada di sekitar kelas, yang menghasilkan bunyi yang
berbeda.
31.
Siswa diminta membunyikan
benda-benda tersebut.
32.
Siswa diminta menuliskan
hasil temuan mereka pada tabel.
33.
Siswa dibimbing untuk merumuskan permasalahan.
34.
Permasalahan dirumuskan
dalam pertanyaan, misalnya (1) mengapa alat musik tradisional berbunyi ketika dimainkan?, (2) mengapa peralatan
seperti panci, piring, peluit, dan sendok dapat dibunyikan dengan perlakuan
tertentu?
36.
Siswa dengan dibimbing
guru, mencari informasi untuk menyakinkan dugaannya, misalnya dengan membaca berbagai buku sumber. Guru dapat mengarahkan siswa dengan pertanyaan-pertanyaan yang
jawabannya dapat mengantarkan siswa untuk meyakinkan jawabannya.
37.
Siswa mencatat informasi
yang diperolehnya.
38.
Siswa mencocokkan
informasi yang diperoleh dengan percobaan yang dilakukannya. Misalnya, bunyi
terjadi karena ada sesuatu yang digetarkan pada benda tersebut.
39.
Siswa mendiskusikan hasil
temuannya dalam kelompok dengan kelompok lain.
40.
Siswa menyimpulkan
dugaannya berdasarkan percobaan yang dilakukan.
41.
Siswa menyimak
penguatan guru atas
hasil percobaan mengenai proses terjadinya bunyi.
42. Selanjutnya, setiap kelompok diminta untuk menciptakan satu
kombinasi bunyi dari beragam benda dan menampilkan hasil karya kombinasi bunyi secara bergantian.
43. Siswa
menjawab pertanyaan yang terdapat di BS halaman 14 dan 15 berdasarkan hasil
kerja sama mereka dalam menciptakan
kombinasi bunyi.
44. Siswa
menyimak penguatan guru bahwa dalam kehidupan sehari-hari, banyak perbedaan
yang kita temui, mulai dari perbedaan agama, suku, ras, hingga warna kulit.
Sebagaimana halnya sebuah permainan musik yang terdiri atas berbagai alat,
kehidupan nyata yang penuh dengan perbedaan pun dapat berdampingan dengan
baik, asalkan setiap orang dapat saling menghargai keberagaman.
|
165 menit
|
|||||||||||||||||||||||||||||
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru melakukan refleksi
atas pembelajaran yang telah berlangsung ;
· Apa
saja yang telah dipahami siswa?
· Apa
yang belum dipahami siswa?
· Bagaimana
perasaan selama pembelajaran?.
2.
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
3.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang
aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan
kegiatan bersama orangtua, yaitu : meminta orangtua untuk
menceritakan pengalaman menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah dan
menceritakan hasilnya kepada guru.
4.
Siswa menyimak cerita motivasi tentang
pentingnya sikap syukur, kerja sama, dan peduli.
5.
Siswa menyanyikan lagu ‘Dari Sabang Sampai Merauke’
6. Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan
kelas.
7.
Untuk tetap menumbuhkan keceriaan,
siswa melakukan tepuk gemuruh. Siswa
diminta tepuk tangan dengan volume mengikuti gerakan tangan guru. Ketika
posisi tangan guru di bawah, siswa tepuk tangan pelan. Ketika gerakan tangan
guru semakin ke atas, suara tepukan semakin kencang.
8.
Kelas ditutup dengan doa bersama
dipimpin salah seorang siswa.
|
15 Menit
|
G.
Penilaian
1.
Sikap
Format Penilaian
Sikap (Jurnal)
No.
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
2.
Pengetahuan
Muatan
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Bahasa Indonesia
|
· Mengidentifikasi
gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
|
Tes tertulis
|
Soal uraian
|
IPS
|
· Menyebutkan keragaman budaya,
etnis, dan agama dari
teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan
lengkap.
|
Tes tertulis
|
Soal isian
|
IPA
|
· Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan
lengkap.
|
Tes tertulis
|
Soal uraian
|
3.
Keterampilan
a.
Bahasa Indonesia
Tugas siswa menemukan gagasan
pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf dinilai menggunakan rubrik :
Kriteria
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Pendampingan
(1)
|
Gagasan pokok
|
Menemukan
gagasan pokok
pada semua
paragraf dengan
benar
|
Menemukan
sebagian besar
gagasan pokok
pada semua
paragraf dengan
benar
|
Menemukan
sebagian kecil
gagasan pokok
pada semua
paragraf dengan
benar
|
Belum dapat
menemukan
gagsan pokok
|
Gagasan
Pendukung
|
Menemukan
gagasan
pendukung pada
semua paragraf
dengan benar
|
Menemukan
sebagian
besar gagasan
pendukung pada
semua paragraf
dengan benar
|
Menemukan
sebagian
kecil gagasan
pendukung pada
semua paragraf
dengan benar
|
Belum dapat
menemukan
gagasan
pendukung
|
Penyajian
gagasan pokok
dan gagasan
pendukukung
dalam peta
pikiran
|
Menyajikan
seluruh gagasan
pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran dengan
tepat
|
Menyajikan
sebagian besar gagasan
pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran dengan
tepat
|
Menyajikan
sebagian kecil
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran dengan
tepat.
|
Belum dapat
menyajikan
gagasan pokok
dan gagasan
pendukung
dalam peta
pikiran
|
b.
IPS
Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang keragaman budaya, etnis,
dan agama serta mengomunikasikannya dinilai menggunakan rubrik :
Kriteria
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Pendampingan
(1)
|
Informasi tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama.
|
Menuliskan
informasi tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
di kelas
berdasarkan
hasil wawancara
dengan lengkap.
|
Menuliskan
sebagian besar
informasi tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
di kelas
berdasarkan
hasil wawancara
cukup lengkap
|
Menuliskan
sebagian kecil
informasi tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
di kelas
berdasarkan
hasil wawancara
kurang lengkap
|
Belum dapat
menuliskan
informasi tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
di kelas
berdasarkan hasil
wawancara
|
Komunikasi
lisan tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
|
Mengomunikasikan
secara lisan
tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
berdasarkan
hasil wawancara
dengan
sistematis
|
Mengomunika-sikan secara lisan
sebagian besar
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
berdasarkan
hasil wawancara
cukup sistematis
|
Mengomunikasikan
secara lisan
sebagian kecil
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
berdasarkan
hasil wawancara
kurang
sistematis
|
Belum dapat
Mengomunikasi-kan
secara lisan
tentang
keragaman
budaya, etnis,
dan agama
teman-teman
berdasarkan hasil
wawancara
|
c.
IPA
Tugas siswa menjelaskan
dan menyajikan laporan pengamatan tentang cara
menghasilkan bunyi dinilai
menggunakan rubrik:
Kriteria
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Pendampingan
(1)
|
Cara
menghasilkan
bunyi
|
Menjelaskan cara
menghasilkan
bunyi dari
semua benda
berdasarkan
hasil eksplorasi
dengan lengkap
|
Menjelaskan cara
menghasilkan
bunyi dari
sebagian
besar benda
berdasarkan hasil
eksplorasi cukup
lengkap
|
Menjelaskan cara
menghasilkan
bunyi dari
sebagian
kecil benda
berdasarkan hasil
eksplorasi kurang
lengkap
|
Belum dapat
menjelaskan cara
menghasilkan
bunyi dari benda
berdasarkan hasil
eksplorasi
|
Laporan
pengamatan
tentang cara
menghasilkan
bunyi
|
Menyajikan
laporan
pengamatan
tentang cara
menghasilkan
bunyi dari
semua benda
berdasarkan
hasil eksplorasi
dengan
sistematis
|
Menyajikan
laporan
pengamatan
tentang cara
menghasilkan
bunyi dari
sebagian
besar benda
berdasarkan hasil
eksplorasi cukup
sistematis
|
Menyajikan
laporan
pengamatan
tentang cara
menghasilkan
bunyi dari
sebagian
kecil benda
berdasarkan hasil
eksplorasi kurang
sistematis
|
Belum dapat
menyajikan
laporan
pengamatan
tentang cara
menghasilkan
bunyi dari benda
berdasarkan hasil
eksplorasi
|
Sikap rasa ingin
tahu
|
Tampak antusias
dan mengajukan
banyak ide dan
pertanyaan
selama kegiatan
|
Tampak cukup
antusias dan
terkadang
mengajukan ide
dan pertanyaan
selama kegiatan
|
Tampak kurang
antusias
dan tidak
mengajukan ide
dan pertanyaan
selama kegiatan
|
Tidak tampak
antusias
dan perlu
dimotivasi untuk
mengajukan ide
dan pertanyaan
|
4. Remedial
Siswa
yang belum terampil dalam menemukan gagasan utama dan gagasan pendukung dapat
diberikan contoh-contoh tambahan teks sebagai latihan. Siswa dapat dibantu oleh
siswa lain yang telah terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan
pendukung.
5. Pengayaan
Apabila memiliki waktu, siswa dapat
memainkan pertunjukan kombinasi bunyi di kelas
Lain.
H.
Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media/Alat : Buku cerita rakyat atau buku cerita lain yang
sesuai dengan materi, teks bacaan, meja, botol, alat musik (disesuaikan dengan
kondisi sekolah).
Bahan : -
Sumber Belajar : Buku Guru dan Buku
Siswa Kelas IV, Tema 1: Indahnya Kebersamaan, Subtema 1: Keberagaman Budaya Bangsaku, Pembelajaran 1. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi
2016). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Refleksi Guru
|
............, ......................2017
Mengatahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
(.......................................) (.......................................)
III.
Kegiatan Pembelajaran
- Alokasi
waktu kegiatan ini 90 menit.
- Pada hari sebelumnya, peserta diberikan
tugas mandiri untuk menyusun RPP.
- Contoh RPP yang ada di modul dapat
dijadikan inspirasi:
·
Memilih tema, subtema, pembelajaran ke-..
·
Memasukkan KI,
KD dan menentukan Indikator.
·
Merancang
skenario pembelajaran.
·
Menentukan
media yang digunakan.
·
Menyusun
rencana penilaian
- Pengantar awal menggunakan power point 2.3.b. (15 menit).
- Pembahasan Lembar Kerja (LK) 2.3.b. dan Instrumen Telaah RPP (15
menit).
- Praktik telaah RPP (30 menit) :
·
Masing-masing
peserta saling bertukar RPP yang telah disusun pada hari sebelumnya.
·
Setiap peserta
menelaah RPP peserta lain dengan menggunakan LK 2.3.b yang di dalamnya terdapat
Instrumen Telaah RPP.
·
Presentasi
perwakilan peserta atas hasil telaah RPP (15 menit).
- Penguatan dari Instruktur (15 menit).
IV.
Tugas-tugas dan Lembar Kerja (LK)
-
Peserta secara
mandiri menyusun RPP Tematik Terpadu Kelas I atau Kelas IV untuk 1 (satu)
Pembelajaran.
-
Lembar Kerja
(LK) 2.3.b. Telaah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
V.
Bahan Pendukung Pembelajaran
-
Permendikbud No. 22
Tahun 2016.
-
Buku Guru dan Buku Siswa Tematik Terpadu
Kurikulum 2013 (Revisi 2016). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
RI.
-
Contoh-contoh RPP Tematik Terpadu Kurikulum
2013 sebagai bahan
inspirasi.
VI.
Power Point Materi
0 Response to "Format Penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2017 Lengkap Dengan Penjelasan"
Post a Comment