Selamat Datang di Website PERANGKAT MENGAJAR | Kami Menerima Pesanan Pembuatan RPP K-13 Revisi 2017 (Lengkap dengan buku 1 dan buku 2) Hubungi No WA: 082168321603 | Terimakasih Kunjungannya.

Trimakasih telah berkunjung di perangkatmengajarza.blogspot.com Kami selalu menunggu kunjungan Anda berikutnya! Salaaaaaaam dari ZAINAL ABIDIN, S.Pd (Guru SMA Negeri Unggul Pidie Jaya) Untuk mendapatkan informasi terbaru silahkan bergabung dengan cara klik disini ----> FACEBOOK ZAINAL ABIDIN atau FACEBOOK INFO PENDIDIKAN

Panduan Penggunaan Aplikasi DHGTK 2018 Lengkap Mulai dari A - Z


Aplikasi DHGTK merupakan aplikasi online yang dibuat khusus untuk menghitung kehadiran guru, aplikasi ini sangat erat hubungannya dengan yang namanya tunjangan, karena DHGTK akan resmi digunakan untuk menghitung kehadiran guru serta akan dituangkan dalam juknis penerimaan tunjangan profesi guru 2018 sehingga tidak ada alasan lagi untuk memperlambat penyaluran tunjangan profesi dengan meminta dokumen/berkas dalam bentuk apapun terhadap guru-guru.

DAFTAR ISI

Untuk mempermudah pembaca silahkan klik pada bagian yang anda cari melalui daftar isi di bawah ini :

  1. Pendahuluan
  2. Pengertian Aplikasi DHGTK
  3. Peran dan tanggung jawab pengisian Aplikasi DHGTK
  4. Cara membuka web resmi Aplikasi DHGTK
  5. Cara login DHGTK menggunakan akun Kepala Sekolah
  6. Cara login DHGTK menggunakan akun Dapodik
  7. Penjalasan menu dan Fungsinya
  8. Langkah awal mengisi Absen guru Online
  9. Cara membuat Kalender sekolah di DHGTK
  10. Memulai pengisian hadir dan tidak kehadiran guru
  11. Cara cek dan melihat hasil kehadiran guru di DHGTK
  12. Cara mengunci DHGTK kehadiran selama 1 bulan
  13. Cara membuat dan mencetak SPTJM (surat pernyataan tanggungjawab mutlak) DHGTK
  14. Cara membuat akun kepala sekolah di dapodik untuk login DHGTK.

1. Pendahuluan

Salam sejahtera bagi kita semua khusunya untuk sobat Operator diseluruh Indonesi dan umumnya untuk guru-guruku dari sabang sampai merauke, semoga kita semua diberikan kesehatan dalam melaksanakan rutinitas kegiatan kita sehari-hari, perkenankan pada kesempatan kali ini saya selaku admin aancom88.com mencoba membantu sobat semua khususnya petugas pendataan absen online guru yang tidak lain rata-rata dipegang oleh operator sekolah dalam menuntaskan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu pengisian Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) secara online.

Disini saya akan mengupas tuntas mulai dari A - Z tentang Daftar hadir guru online atau DHGTK, mungkin sobat operator mulai dari TK/Paud, SD, SMP, SMA dan SMK sudah pernah atau bahkan sudah mengerjakan DHGTK akan tetapi masih ada kendala dan masalah dalam pengisiannya, maka dari itu izinkan saya selaku admin akan membagikan tutorial lengkap Penggunaan Aplikasi DHGTK mulai dari A - Z.

Sebelum membahas panduan ini perlu sobat ketahui bahwa Aplikasi DHGTK sudah resmi digunakan, kita bisa melihat langsung di laman web resmi DHGTK tertulis bahwa :
"Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGKT) akan resmi digunakan untuk menghitung kehadiran guru dan akan dituangkan dalam juknis penerimaan tunjangan profesi guru sehingga tidak ada alasan memperlambat penyaluran tunjangan profesi dengan meminta dokumen/berkas dalam bentuk apapun terhadap guru-guru."
Nah cukup jelas bukan, bahwa setiap sekolah wajib mengisi kehadiran guru secara online, memang kita akui informasi itu belumlah cukup menyebar didaerah pelosok pedesaan, akan tetapi kita sebagai operator tidaklah mungkin tidak tau tentang informasi itu dikarenakan sebagian besar operator sekolah adalah pengguna media social seperti facebook dan lainnya, sudah sering kita jumpai postingan tentang DHGTK itu di jejaring sosial, jadi mari kita tuntaskan program kementerian tesebut dengan cara mengetahui langkah-langkah awal mengisi DHGTKyang benar.

MATERI YANG AKAN KITA BAHAS ANTARA LAIN :
  1. Pengertian Aplikasi DHGTK
  2. Peran dan tanggung jawab pengisian Aplikasi DHGTK
  3. Cara membuka web resmi Aplikasi DHGTK
  4. Cara login DHGTK menggunakan akun Kepala Sekolah
  5. Cara login DHGTK menggunakan akun Dapodik
  6. Penjalasan menu dan Fungsinya
  7. Langkah awal mengisi Absen guru Online
  8. Cara membuat Kalender sekolah di DHGTK
  9. Memulai pengisian hadir dan tidak kehadiran guru
  10. Cara cek dan melihat hasil kehadiran guru di DHGTK
  11. Cara mengunci DHGTK kehadiran selama 1 bulan
  12. Cara membuat dan mencetak SPTJM (surat pernyataan tanggungjawab mutlak) DHGTK
  13. Cara membuat akun kepala sekolah di dapodik untuk login DHGTK.

Nah itulah yang akan saya bahas pada kesempatan ini, saya akan berusaha mebahas satu persatu secara detail dan mudah untuk di pahami. akan tetapi didalam web aancom88 sudah pernah saya bagikan materi seputar DHGTK, anda bisa langsung mengunjungi topik masalah yang sedang di cari melalui link dibawah ini :
  1. Cara mengisi Aplikasi DHGTK Kemdikbud 2018 (Absen Online Guru)
  2. Link Alternatif DHGTK resmi terbaru update bulan maret 2018
  3. Cara cepat mengisi Absen Online Guru melalui Hp Android
  4. Cara cek hasil Absen online guru di DHGTK (Khusu untuk Guru)
  5. Cara membuat kalender sekolah di Aplikasi DHGTK
  6. Cara mengunci kehadiran guru dan membuat SPTJM kehadiran guru DHGTK
  7. Cara membuat akun kepala sekolah untuk login DHGTK
Dari materi diatas bisa langsung sobat buka untuk mempercepat mendapatkan materi ini dan untuk sesi tanya jawab bisa langsung melalui komentar di halaman komentar dibagian paling bawah. baik untuk menyingkat waktu langsung saja kita bahas satu persatu materi diatas:

Panduan Penggunaan Aplikasi DHGTK 2018 Lengkap Mulai dari A - Z

2. Pengertian Aplikasi DHGTK


Aplikasi DHGTK adalah aplikasi pencatatan kehadiran secara online untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah negeri dan sekolah swasta seluruh Indonesia. Proses pencatatan data kehadiran dilakukan oleh sekolah yang terhubung dengan internet secara langsung. Proses pencatatan kehadiran untuk versi awal dapat dilakukan secara harian dan bisa juga dilakukan mingguan atau bulanan.

3. Peran dan tanggung jawab pengisian Aplikasi DHGTK


Peran dan tanggung jawab sepenuhnya diserahkan oleh kepala sekolah, Kepala sekolah merupakan manajer di satuan pendidikan yang dipimpinnya, maka terkait dengan adanya Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) yang dikeluarkan oleh Dirgen GTK, maka kepala sekolah seharusnya segera untuk:

  1. Mengalokasikan pembiayaan (dana BOS) untuk pelaksanaan DHGTK karena dilaksanakan secara full online 
  2. Menunjuk atau menugaskan petugas khusus untuk melakukan pengerjaan absen online ini baik dari Operator sekolah maupun dari GTK yang ada di satuan pendidikan dengan disertai surat penugasan dari kepala sekolah. 
  3. Segera melakukan sosialisasi kepada para GTK di lingkunagn satuan pendidikannya terkait dengan adanya absen online (DHGTK) yang berkaitan langsung dengan pemberi tunjangan profesi. 
  4. Setiap bulan atau pertriwulan kepala sekolah mencetak SPJTM untuk mengunci kehadiran GTK 
  5. Melaksanakan pengisian DHGTK dengan sebenar-benarnya dengan menjungjung tinggi kejujuran dalam mengisi kehadiran GTK 
  6. Memantau dan mengevaluasi petugas absen online (DHGTK) setiap hari 
  7. Petugas Absen (Operator/Petugas Khusus)

Peran dan tanggung jawab dari petugas absen adalah sebagai berikut :

  • Segera melaksanakan tugas yang diberikan kepala sekolah sesuai dengan surat tugas yang diberikan 
  • Mengisi daftar hadir GTK setiap hari dengan asas Kejujuran dan tanggung jawab 
  • Melakukan komunikasi dan koordinasi dengan kepala sekolah dan GTK terkait proses pelaksanaan pengisin DHGTK 
  • Memberikan laporan kepada kepala sekolah terkait dengan proses pelaksanaan dan pengisisn DHGTK

4. Cara membuka web resmi Aplikasi DHGTK


Jika anda tidak bisa membuka laman web resmi dhgtk atau bingung mencari web resminya tidak perlu susah-susah karena admin sudah mengumpulkan beberapa link alternatif resmi dhgtk yang saya dapatkan dari adminnya langsung, anda tinggal klik mana yang paling lancar, untuk browser internet yang bisa digunakan adalah : Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Comodo, UC Browser. Akan tetapi dalam penggunaan DHGTK lebih dianjurkan untuk menggunakan Google Chrome versi terbaru, nah untuk langkah awal silahkan andan pilih link alternatif untuk membuka web resminya di bawah ini :

5. Cara login DHGTK menggunakan akun Kepala Sekolah 


Kepala sekolah merupakan peran paling penting didalam program ini, karena yang berhap menentukan dan mengunci kehadiran guru adalah kepala sekolah, untuk memulai login menggunakan akun kepala sekolah pastikan anda sudah pernah membuat akun PTK di dapodik, jika anda belum membuatnya anda bisa langsung mengikuti tutorial cara membuat akun kepala sekolah yang akan saya bahas pada poin 13, baik untuk yang sudah mempunyai akunnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :
Buka laman web resmi DHGTK bisa melalui link alternatif di atas.
Pilih login sekolah maka akan muncul tampilan seprti gambar berikut ini :
Keterangan :

  1. Ketik NPSN Sekolah anda Contoh ; 12345678
  2. Masukan userid Kepala sekolah yang sudah terinput di Aplikasi Dapodik. Contoh: aancom88@gmail.com
  3. Masukan Pasworrd yang sudah di input di dapodik Contoh : ********
  4. Masukan kode sesuai yang tertulis
  5. Kemudian Klik “LOGIN”
Jika anda sudah melakukan cara diatas berarti anda berhasil login DHGTK menggunakan akun kepala sekolah, tetapi jika anda tidak bisa login atau user salah berarti data user tidak sama yang di inputkan didalam aplikasi dapodik, solusinya adalah membuat ulang akun kepala sekolah di dalam aplikasi dapodik, akan admin bahas pada poin 13.

6. Cara login DHGTK menggunakan akun Dapodik


Untuk login menggunakan akun dapodik atau yang biasa dipakai oleh operator sekolah sebenarnya cara-caranya sama dengan cara login menggunakan akun kepala sekolah, cuma bedanya jika login menggunakan akun dapodik maka fitur yang ada didalam aplikasi DHGTK tidak begitu lengkap, seperti tidak bisa cetak SPTJM, mengunci DHGTK dan masih banyak yang lainnya, akun dapodik hanya bisa untuk mengisi kegadiran guru saja.

7. Penjalasan menu Aplikasi DHGTK dan Fungsinya


Pada bagian ini akan dijelaskan semua fitur yang ada didalam aplikasi DHGTK, perhatikan gambar berikut ini :


Gambar diatas merupakan gambar bagian menu utama, pada angka 1 diatas tertulis beranda, beranda adalah halaman awal atau utama untuk menampilakan semua fitur yang ada di DHGTK, angka nomor 2 adalah kehadiran merupakan menu inti untuk mengisi kehadiran guru dan didalam kehadiran sudah ada nama-nama guru sesuai dengan data GTK yang ada di dapodik. pada nomor 3 adalah keluar aplikasi, jika kita sudah selesai mengisi absen online guru maka anda disarankan untuk memilih menu keluar aplikasi.

a. Beranda
Kupas Tuntas Aplikasi DHGTK 2018 3
Tampilan Beranda DHGTK
Pada tampilan beranda Aplikasi DHGTK ada 3 sub bagian yang pertama adalah profil sekolah, seharusnya data profil sekolah anda masuk dalam kolom tersebut, jika terjadi kesalahan dalam isian profil sekolah silahkan cek didalam aplikasi dapodik, angka dua yaitu data pengguna saat ini, cukup jelas, yang ketiga adalah Visual Siklus Pekerjaan sebelum dan sesduah terbit SKTP.

b. Kehadiran
Pada menu kehadiran ada 2 sub menu pokok yaitu Data sekolah dan data guru dan tenaga kependidikan, dibawah Menu “Data sekolah” disajikan (1) Profil Sekolah dan (2) Kalender Sekolah,silahkan cek satu-persatu pada bagian menu tersebut, jika terjadi kesalahan silahkan cek di aplikasi dapodik anda.

Menu data sekolah berisi profil sekolah dan kalender sekolah, langkah awal dalam pengerjaan mengisi kehadiran guru adalah membuat kalender sekolah, anda bisa membuatnya dan menentukan hari-hari libur dalam satu bulan tersebut.untuk cara pembuatannya akan saya bahas pada poin 8 tentang cara membuat kalender sekolah.

c. Keluar Aplikasi
Menu ini digunakan jika pengerjaan atau mengisi kehadiran GTK telah selesai, sehingga untuk keluar dari aplikasi maka tinggal klik tombol “Keluar dari Aplikasi”

8. Langkah awal mengisi Absen guru Online


Pada bagian ini merupakan langkah awal sebelum anda mengisi kehadiran guru di DHGTK, sebenarnya anda sudah ada gambaran jika sudah membaca penjelasan diatas, tapi apa salahnya saya jelaskan detailnya, untuk langkah awal yang harus anda lakukan adalah menyiapkan data-data yang dibutuhkan diantaranya adalah ;

  • Pastikan anda mendapatkan SK tugas dari kepala sekolah untuk mengelola absen online guru ini, jika anda belum mempunyai formatnya bisa anda unduh DISINI
  • Pastikan anda mempunyai akun atau user login aplikasi dapodik dan user akun kepala sekolah, karena jika anda tidak mempunyai kedua user tersebut anda tidak bisa login ke aplikasi DHGTK.
  • Data kehadiran guru disekolah atau absen guru disetiap sekolah yang diparaf oleh guru masing-masing, karena untuk mencocokan secara real kehadiran guru.

Mungkin langkah awal yang harus anda lakukan adalah seperti dijelaskan diatas.

9. Cara membuat Kalender sekolah di DHGTK


Untuk membuat kalender sekolah pastinya anda sudah bisa masuk laman webresmi DHGTK, berikut langkah-langkah membuat kalender sekolah perhatkan pada gambar berikut ini :

Membuat kalender sekolah, kita terlebih dahulu harus mengklik Menu KEHADIRAN : setelah diklik maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di atas.
Keterangan :
Untuk membuat kalender sekolah maka tahapan yang harus di lakukan adalah:
1. Klik “Kehadiran”
2. Perhatikan Data Sekolah
3. Perhatikan Kalender Sekolah
4. Jika Belum ada kalendernya maka klik “Tambah Baru”
5. Setelah klik “tambah baru” maka akan muncul form isian membuat kalender.
6. Kemudian buatlah kalender sekolah sesuai dengan kalender yang digunakan

Contoh Membuat Kalender Sekolah : Misalnya membuat tanggal 1 Januari 2018 itu Libur maka tahapannya adalah sebagai berikut.
1. Perhatikan Form Tambah Kelender di bawah ini :


2. Setelah terisi Jenis Libur, dan Mulai Tanggal-Sampai Tanggal, maka tulis Keterangan liburnya. Tahapan berikutnya Klik Simpan dan Ok. Maka akan tampil seperti pada gambar berikut


3. Jika mau membuat kalender sekolah lainnya maka tahapan pembuatannya sama dengan poin 1-2 di atas
4. Pada pembuatan kalender ada perintah Tambah Baru, Hapus Semua, dan Tampilkan Template. Fungsi dari masing-masing tab tersebut adalah:
Tambah baru - untuk membuat kalender yang baru.
Hapus semua - untuk menghapus seluruh kalender sekolah yang telah dibuat.
5. Tampilkan Template itu dibuat oleh Operator Dinas Prov/Kab/Kota 6. Kalender ini berfungsi untuk menandai hari kerja dan libur pada absen/ saat mengisi kehadiran.

10. Memulai pengisian hadir dan tidak kehadiran guru


Meluai mengisi kehadiran guru seperti yang sudah saya katakan diatas pada langkah awal sebelum mengisi data kehadiran guru anda harus sudah menyiapkan syarat-syaratnya. untuk memulainya silahkan anda klik pada bagian menu Kehadiran si menu utama makan akan muncul seperti gambar berikut ini :
Setelah melihat tampilan seprti gambar diatas, maka yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut : 1. Langsung menuju ke informasi kehadiran
2. Pilih semester yang berjalan
Setelah di pilih maka tentukan semester yang berjalan. Ada dua istilah dalam semester ini :
-. 20171 (Juli-Desember 2017) artinya semester 1 tahun pelajaran 2017-2018
-. 20172 (Janurai-Juni 2018) artinya semester 2 tahun pelajaran 2017-2018
3. Kemudian Pilih Bulan yang berjalan saat ini.
Memilih bulan yang berjalan itu sangat penting karena untuk menentukan bulan yang berjalan, dan bisa di isi daftar hadirnya dan tersimpan. Karena jika bulan yang dipilih bukan bulan yang berjalan maka hasil pengsiannya tidak tersimpan. Jika memilih bulanJanuari maka akan tampil seprti dibawah ini :

4. Setelah menentukan Semester dan Bulan, selanjutnya kita menuju ke tab membuat daftar hadir.
Klik menu “Buat daftar hadir” maka akan muncul notifikasi, setelah muncul notif maka klik “OK” dan selanjutnya klik menu simpan dan refersh. jika anda berhasil maka hasilnya akan nampak seperti gambar di bawah ini :


Kalau sudah terbentuk form Kehadiran maka tinggal mengisi sesuai kondisi nyata di lapangan dengan cara :
1) Jika dinyatakana hadir maka lakukan “Chelklist” pada form absen
2) Jika dinyatakan tidak hadir maka lakukan “Uncheklist” pada form absen
3) Dampak “uncheklist” warna yang tampil akan berbeda sesuai dengan ketarangan absen GTK yang bersangkutan.

11. Cara cek dan melihat hasil kehadiran guru di DHGTK


Untuk melihat hasil kehadiran guru cukuplah mudah dilakukan, berikut langkah-langkah cek daftar kehadiran GTK secara online :

1. Kunjungi situs resmi aplikasi DHGTK 2018 bisa melalui link alternatif diatas
2. Setelah masuk ke website resmi aplikasi DHGTK makan akan muncul gambar seperti dibawah ini:

DHGTK 2018


3. Masukan NUPTK atau NIK guru yang akan dicek kehadirannya pada kolom Cek data Kehadiran Guru disebelah kanan kemudian tekan enter
4. setelah berhasil anda bisa langsung melihat data kehadiran anda, jika merasa kurang sesuai silahkan hubungi petugas absen guru online atau bisa juga menghubungi kepala sekolah anda.

Nah itulah cara cek data kehadiran guru secara online, mudah bukan...silahkan cek secara berkala melalui link-link alternatif yang sudah admin sediakan diatas

12. Cara mengunci DHGTK kehadiran selama 1 bulan


Cara mengunci DHGTK sebenarnya cukuplah mudah, sobat tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Silahkan buka terlebih dahulu laman web resmi DHGTK
  • setelah terbuka silahkan sobat pilih login sekolah, perlu diingat untuk mencetak SPTJM sobat harus login menggunakan akun kepala sekolah. jika belum bisa login dengan akun kepala sekolah silahkan bisa dibaca cara membuat akun kepala sekolah untuk login di DHGTK.
  • Setelah berhasil login silahkan anda lihat dibagian kiri ada menu tulisan "KUNCI DAN BUAT SPTJM" silahkan sobat klik maka akan muncul tampilan SPTJM dhgtk.
  • Perhatikan pada bagian bulan yang akan dikunci, jangan sampai salah pilih,
  • Terakhir silahkan sobat klik "Kunci daftar hadir" maka akan muncul tampilan SPTJM daftar hadir guru online, sekarang silahkan simpan dalam bentuk PDF agar file tersimpan di komputer dan mudah untuk mencetaknya kembali.

13. Cara membuat dan mencetak SPTJM (surat pernyataan tanggungjawab mutlak) DHGTK


Untuk membuat atau mencetak SPTJM DHGTK caranya adalah sama dengan cara pada poin 11 yaitu mengunci kehadiran guru di DHGTK, silahkan anda mengikuti langkah-langkah pada poin 11 sersebut.

14. Cara membuat akun kepala sekolah di dapodik untuk login DHGTK.


Nah pada pokok pembahasan terakhit kita ini merupakan hal penting dan masih banyak rekan-rekan yang belum begitu paham, akun kepala sekolah merupakan hal terpenting di aplikasi DHGTK, jika kita tidak mempunyai akun kepala sekolah maka kita tidak akan bisa mencetak SPTJM DHGTK yang harus disetorkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten setiap triwulannya, berikut ini langkah-langkah membuat akun kepala sekolah di Dapodik untuk login DHGTK
  1. Langkah pertama yaitu silahkan login Aplikasi Dapodik sekolah masing-masing,
  2. Pilih menu GTK pada bagian menu sebelah kiri dan pilih Guru.
  3. Klik salah satu Guru/PTK lalu klik Penugasan pada menu yang berada di atas.
  4. Pilih buat akun PTK, silahkan buat pasword baru yang nantinya akan digunakan oleh guru untuk login aplikasi dapodik menggunakan lektop masing-masing guru.
  5. Pilih menu pengaturan dan klik pada Manajemen Pengguna dan masukan nomor regestrasi sekolah, pilih OK maka akan terlihat semua akun PTK yang bisa login aplikasi dapodik.
  6. Untuk memastikan akun kepala sekolah berfungsi dengan baik silahkan sobat logout atau keluar aplikasi dapodik sobat, dan coba login kembali dengan akun kepala sekolah, jika berhasil berarti anda tinggal nunggu saja admin DHGTK mengambil data terbaru dapodik sobat.
  7. Terakhir jangan lupa lakukan Sinkronisasi, tunggu beberapa hari anda bisa mencobanya untuk login DHGTK.
Itulah yang bisa admin bagikan pada kesempatan ini seputar aplikasi DHGTK 2018, semoga pembahasan kali ini sangat bermanfaat bagi rekan-rekan operator diseluruh Indonesia, admin mengucapkan banyak trimakasih telah berkunjung di web yang sederhana ini dan mungkin materi yang saya berikan mulai dari awal sampai akhir banyak sekali kekurangan dari segi bahasa dan tutur kata maka admin minta maaf yang sebesar-besarnya.

15. Tanya Jawab Seputar Aplikasi DHGTK

Untuk sesi tanya jawab anda bisa langsung berkomentar di laman blog ini dengan menggunakan akun google yang anda miliki, selama proses DHGTK akan kami update informasi terbaru di dalam web blog ini.

Update 10 Maret 2018
Kupas tuntas masalah SKTP, SPTJM, DHGTK dari pak Nazarudin Kompetan (Admin Dapodik Pusat)
  1. Ketidak sesuaian jumlah tunjangan merupakan kesalahan PTK, karena telah melalui proses pengecekan oleh PTK dan ditandatangani oleh yang bersangkutan (kecuali operatornya tidak menginformasikan / membagikan data inputan dapodiknya ke PTK).
  2. Tidak ada lagi proses perbaikan gaji pokok di SIMTUN dan SIMBAR, perbaiki di dapodik sebelum sktp terbit. Hati hati !!
  3. Sktp sekarang pembayaranya tidak boleh lagi di sesuaikan (menguatkan nomor 1)
  4. Tidak ada perbaikan kesalahan gajih pada proses pembayaran tunjangan (menguatkan nomor 1)
  5. Info gtk baru bisa di proses setelah tanggal 20 maret 2018
  6. Akan kelihatan mana sekolah yang sudah absen, sudah cetak SPTJM mana yang belum
  7. Sptjm silahkan cetak memasuki bulan april
  8. Kehadiran guru di dhgtk minimal 90 % baru tunjangan bisa di cairkan
  9. Bagi guru yang sakit ada toleransi selama 14 hari
  10. Tugas kepala sekolah murni managerial tidak wajib mengajar

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Penggunaan Aplikasi DHGTK 2018 Lengkap Mulai dari A - Z"

Post a Comment