Mata pelajaran pjok sd kelas 1 ,2, 4, 5 kurikulum 2013 revisi 2017 kini telah terpisah dari tematik. Hal ini tentu harus membuat guru sd kembali mencari referensi dalam menyusun perangkat pembelajaran khususnya Sumber Belajar.
Berikut salah satu format materi pjok k13 revisi 2017 kelas I semester genap yang admin tuangkan dalam bentuk RPP. Semoga menjadi referensi
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,
menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.9 Menerapkan cara
menjaga kebersihan lingkungan (tempat tidur, rumah, kelas, lingkungan
sekolah, dan lain-lain).
4.9 Menceritakan cara
menjaga kebesihan lingkungan (tempat tidur, rumah, kelas,
lingkungan sekolah, dan lain-lain).
|
·
Siswa menyimak informasi dan peragaan
materi tentang menjaga kebersihan tempat tidur (merapihkan bantal, guling,
selimut dan seprai), lingkunagan rumah (membersihkan tempat tidur dan mencuci
piring bekas makan sendiri), ruang kelas (melaksanakan piket kelas),
lingkungan sekolah (membuang sampah pada tempatnya dan tidak mencoret-coret
dinding sekolah).
· Siswa melaporkan/ menceritakan hasil pengamatan dihadapan guru dan teman sekelas tentang menjaga kebersihan tempat tidur (merapihkan bantal, guling, selimut
dan seprai), lingkunagan rumah (membersihkan tempat tidur dan mencuci piring
bekas makan sendiri), ruang kelas (melaksanakan piket kelas), lingkungan
sekolah (membuang sampah pada tempatnya dan tidak mencoret-coret dinding
sekolah).
· Siswa mendapatkan umpan balik dari diri sendiri, teman dalam kelompok,
dan guru.
· Siswa membuat kesimpulan hasil diskusi tentang menjaga kebersihan tempat tidur (merapihkan bantal, guling, selimut
dan seprai), lingkunagan rumah (membersihkan tempat tidur dan mencuci piring
bekas makan sendiri), ruang kelas (melaksanakan piket kelas), lingkungan
sekolah (membuang sampah pada tempatnya dan tidak mencoret-coret dinding
sekolah) secara individual
atau berkelompok dilandasi nilai-nilai disiplin, kerja sama, tanggung jawab, dan percaya diri.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran diharpakan
siswa mampu:
1.
Siswa menyimak informasi dan
peragaan materi tentang menjaga kebersihan tempat tidur (merapihkan bantal,
guling, selimut dan seprai), lingkunagan rumah (membersihkan tempat tidur dan
mencuci piring bekas makan sendiri), ruang kelas (melaksanakan piket kelas), lingkungan
sekolah (membuang sampah pada tempatnya dan tidak mencoret-coret dinding
sekolah).
2.
Siswa melaporkan/ menceritakan hasil
pengamatan dihadapan guru dan teman sekelas tentang menjaga kebersihan tempat
tidur (merapihkan bantal, guling, selimut dan seprai), lingkunagan rumah
(membersihkan tempat tidur dan mencuci piring bekas makan sendiri), ruang kelas
(melaksanakan piket kelas), lingkungan sekolah (membuang sampah pada tempatnya
dan tidak mencoret-coret dinding sekolah).
3.
Siswa mendapatkan umpan balik dari
diri sendiri, teman dalam kelompok, dan guru.
4.
Siswa membuat kesimpulan hasil
diskusi tentang menjaga kebersihan tempat tidur (merapihkan bantal, guling,
selimut dan seprai), lingkunagan rumah (membersihkan tempat tidur dan mencuci
piring bekas makan sendiri), ruang kelas (melaksanakan piket kelas), lingkungan
sekolah (membuang sampah pada tempatnya dan tidak mencoret-coret dinding
sekolah) secara individual atau berkelompok dilandasi nilai-nilai disiplin,
kerja sama, tanggung jawab, dan percaya
diri.
D.
Materi
Pembelajaran.
Kegiatan jalan sehat
·
Menjaga kebersihan lingkungan tempat tidur
·
Menjaga kebersihan lingkungan rumah
·
Menjaga kebersihan lingkungan kelas
·
Menjaga kebersihan lingkungan sekolah
E. Metode
Pembelajaran
Metode
Pembelajaran : Tanya jawab, diskusi, Cooperative Learning,
demonstrasi.
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
||
Guru
Orientasi
·
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan
kabar dan mengecek kehadiran siswa.
·
Kelas dilanjutkan dengan doa
dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca doa adalah
siswa yang hari itu datang paling awal ( Menghargai kedisiplinan siswa )
·
Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan
sikap
disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi tercapainya cita – cita.
· Menyanyikan salah satu Lagu
Wajib/Lagu Nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya
menanamkan semangat Nasionalisme.
· Siswa diminta untuk memeriksa
kerapian diri dan kebersihan kelas
· Siswa memperhatikan penjelasan
guru tentang tujuan, manfaat dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
· Siswa menyimak penjelasan guru
tentang pentingnya sikap disiplin, kerjasama, danmandiri
yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
Aperpepsi
· Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
· Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
· Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran
yang akan dilakukan
Motivasi
· Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari
· Apabila materi tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi sesuai tema
· Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
· Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
· Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar,
indikator, dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
· Pembagian kelompok belajar
· Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
|
30 menit
|
|
Kegiatan
Inti
|
Materi : Kegiatan
jalan sehat
|
|
Sintak
Model Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
· Pembiasaan membaca 15 menit
dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh
dunia / agama ( Misal : Ibnu Sina,
Isaac Newton , nabi dan rasul, orang orang soleh dll).
· Sebelum membacakan buku, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
-
apa yang tergambar pada sampul buku?
-
apa judulbuku?
-
kira-kira buku ini menceritakan apa?
-
pernahkah kamu membaca judul seperti itu?
-
apa saja yang kamu ingin ketahui dari buku ini?
· Guru
membacakan cerita pada buku dan
menunjukkan ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan
seksama.
· Setelah guru membacakan buku, siswa diminta
menuliskan kesimpulan / ringkasan cerita pada selembar kertas berwarna.
· Menyegarkan suasana kembali dengan
menyanyikan salah satu lagu anak-anak.
· Berikan penguatan bahwa cita –
cita, apapun itu harus di capai dengan kerja keras.
·
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
perhatian pada topik materi :Kegiatan jalan sehatdengan cara :
Ø Melihat (tanpa atau dengan
Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan
Ø Mengamati
Lembar kerja materi :Kegiatan
jalan sehat
pemberian
contoh-contoh materi :Kegiatan jalan sehatuntuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
Ø Membaca.
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan :Kegiatan
jalan sehat
Ø Menulis
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait :Kegiatan
jalan sehat
Ø Mendengar
Pemberian materi :Kegiatan
jalan sehatoleh
guru
Ø Menyimak
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
:Kegiatan
jalan sehat
· Siswa diajak untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi
· Siswa mempertunjukkan hasil kerja
kelompoknya untuk menarikan tari hasil kreasi kelompok yang merupakan kreasi
dari daerah di Indonesia. Siswa berlatih kembali beberapa gerakan hasil
kreasinya dengan mengikuti irama dan ketukan dari musik pengiring tarian
tersebut. Siswa bekerja sama dengan kelompoknya agar menghasilkan harmoni
yang indah
· Siswa dan guru merayakan kegiatan
pembelajaran dengan bernyanyi dan bermain peran
|
165 menit
|
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
:Kegiatan
jalan sehat
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan
yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat
|
|
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati
obyek/kejadian
· Mengamati dengan seksama materi sub :Kegiatan jalan sehatyang
sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan
dan mencoba menginterprestasikannya
Membaca sumber lain
selain buku teks
· Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan
membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan
pemahaman tentang materi :Kegiatan jalan sehatyang sedang dipelajari
Aktivitas
· menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat
dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru
berkaitan dengan materi :Kegiatan jalan sehatyang sedang dipelajari
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
· mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi :Kegiatan
jalan sehatyang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
· Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam
buku paket mengenai materi :Kegiatan jalan sehat
Mengumpulkan informasi
· Mencatat semua informasi tentang materi :Kegiatan jalan sehatyang
telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar
Mempresentasikan ulang
· Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan
materi dengan rasa percaya diri sub tema :Kegiatan jalan sehatsesuai
dengan pemahamannya
Saling tukar informasi
tentang
materi:
· :Kegiatan jalan sehat
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat
|
|
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari
Materi :
:Kegiatan jalan sehat
mengolah informasi
dari materi :Kegiatan jalan sehatyang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi :Kegiatan jalan sehat
|
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
:Kegiatan jalan sehat
antara lain dengan : Peserta didik dan
guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan
oleh peserta didik.
|
|
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil
diskusi tentangmateri :Kegiatan
jalan sehatberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan.
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
:Kegiatan jalan sehat
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi :Kegiatan jalan sehatdan ditanggapi
oleh kelompok yang mempresentasikan
Bertanya atas
presentasi tentang materi :Kegiatan
jalan sehatyang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
:Kegiatan jalan sehat
Menjawab pertanyaan
tentang materi :Kegiatan jalan
sehatyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi :Kegiatan
jalan sehatyang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi :Kegiatan
jalan sehatyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran
|
|
Catatan
: Selama pembelajaran berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:
nasionalisme, disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan
|
||
Penutup
|
· Siswa bersama guru melakukan
refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung ;
Ø Apa
saja yang telah dipahami siswa?
Ø Apa
yang belum dipahami siswa?
Ø Bagaimana
perasaan selama pembelajaran?
Materi
tentang sub tema:
yang baru dilakukan
· Siswa bersama guru menyimpulkan
hasil pembelajaran.
· Siswa menyimak penjelasan guru tentang
aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan
kegiatan bersama orangtua
· Siswa menyimak cerita motivasi
tentang pentingnya sikap Disiplin, kerjasama, dan syukur
· Siswa menyanyikan lagu
gembira
· Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan
kelas.
· Mengingatkan siswa untuk menghapus papan tulis dan memastikan
ruang belajar tetap bersih dan mencuci tangan dengan sabun
· Kelas ditutup dengan doa bersama
dipimpin salah seorang siswa.
|
15 Menit
|
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik
sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum.
Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian
sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
…
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
…
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan
:
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek
perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta
didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya
sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya
menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan
kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan
digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh
format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama
diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
250
|
62,50
|
C
|
|
2
|
Ketika kami
berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
50
|
||||
3
|
Saya ikut serta
dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
50
|
||||
4
|
...
|
100
|
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya
sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud
dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format
penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya:
Nama
yang diamati : ...
Pengamat
: ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima
pendapat teman.
|
100
|
450
|
90,00
|
SB
|
|
2
|
Memberikan solusi
terhadap permasalahan.
|
100
|
||||
3
|
Memaksakan
pendapat sendiri kepada anggota kelompok.
|
100
|
||||
4
|
Marah saat
diberi kritik.
|
100
|
||||
5
|
...
|
50
|
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal(Lihat lampiran)
2.
Pengetahuan
-
Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)
-
Tertulis Uraian(lihat lampiran)
-
Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya
Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog
atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|||||||
2
|
Pelafalan
|
|||||||
3
|
Kelancaran
|
|||||||
4
|
Ekspresi
|
|||||||
5
|
Penampilan
|
|||||||
6
|
Gestur
|
-
Penugasan(lihat lampiran)
Tugas Rumah
a) Peserta didik menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku peserta didik
b) Peserta didik memnta tanda tangan orangtua
sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c) Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas
rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian
3. Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh
instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian
keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan pertanyaan
|
||||
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
||||
3
|
Kesesuaian penggunaan tata bahasa
|
||||
4
|
Pelafalan
|
Kriteria
penilaian (skor)
100 =
Sangat Baik 50 = Kurang Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang
diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
||||
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
||||
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
||||
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
Keterangan :
100 =
Sangat Baik 50 = Kurang Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
-
Penilaian Proyek(lihat lampiran)
Membuat denah
sekolah, jadwal kegiatan sekolah, dll
-
Penilaian Produk(lihat lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua
tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen
Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
4. Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial dapat
berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya
dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik
peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
5.
PembelajaranPengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan
sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media
pembelajaran.
J. Sumber
dan Referensi
Buku Guru PJOK Kelas 2 Kurikulum 2013
0 Response to "RPP PJOK K-13 Kelas 2 Revisi 2017 Terbaru Semester Genap & Ganjil"
Post a Comment