RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : X/ 1
Materi Pokok : Perkembangan Teori Atom
Alokasi Waktu :1 JP (1 x 45 menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerap-kan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.2 Menganalisisperkembangan
model atom dari model atom Dalton, Thomson, Rutherford, Bohr,
danMekanikaGelombang
|
3.2.1
Mendeskripsikan model atom
Dalton, Thomson, Rutherfod, danBohr.
3.2.2
Membedakan teoriatom Dalton, Thomson, Rutherfod, danBohr.
3.2.3
Menjelaskan kelemahan dan
kelebihan masing-masing teori atom
|
4.2 Menjelaskan fenomena alam
atauhasil percobaan menggunakanmodel atom
|
4.2.1
Membuat gambar model atom
Dalton, Thomson, Rutherfod, danBohr.
|
C. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah
membaca literatur siswadapat mendeskripsikanteoriatom Dalton dengan benar.
2. Setelah
membaca literatursiswadapat mendeskripsikanteoriThomson dengan benar
3. Setelah
membaca literatursiswadapat mendeskripsikanteori Bohr dengan benar
4. Setelah
membaca literatursiswadapat menjelaskan
perbedaan teori
atom Dalton, Thomson, Rutherfod, danBohr
secara tepat.
5. Setelah
berdiskusi siswa dapat menjelaskan kelemahan teori atom Dalton dengan benar
6. Setelah
berdiskusi siswa dapat menjelaskan kelemahanteori atom Thomson dengan benar
7. Setelah
berdiskusi siswa dapat menjelaskan kelemahan teori atom Rutherford dengan benar
8. Setelah
berdiskusi siswa dapat menjelaskan kelemahan teori Bohr dengan benar
9. Setelah
berdiskusisiswadapat membuatgambarmodel atom Dalton,
Thomson, Rutherfod, danBohr
dengan benar.
Fokus
pengembangan karakter : Keingintahuan, Kerjasama
D.
MateriPembelajaran
1.
Materi Pokok
Pengetahuan
|
Materi Pelajaran
|
Faktual
|
-
Setiap materi mengandung atom
-
Di dalam atom ada
partikel-partikel subatom
|
Konseptual
|
-
Teori atom Dalton, Thomson, Rutherford, dan Bohr
|
Prosedural
|
-
Perkembangan teori atom
|
Metakogntif
|
|
2.
MateriRemidial
Materi
yang yang belum dikuasai oleh siswa
3.
MateriPengayaan
Mempelajari
teori penemuan elektron
E.
StrategiPembelajaran
Pendekatan :
Scientific
MetodePembelajaran : Diskusi, Penugasan
F.
Media
dan Bahan
1. Media
Powerpoint
2. Bahan
Ajar
LKS
G.
Sumber
Belajar
Rahayu,
Imam. 2009. Kimia 1 : Untuk SMA/MA Kelas
X : Jakarta :Departemen Pendidikan Nasional
Unggul
Sudarmo. 2013. Kimia untuk SMA/MA Kelas X:
Erlangga
Utami,
Budi, dkk, 2009, Kimia untuk SMA/MA Kelas
X : Departemen Pendidikan Nasional
H.
Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
AlokasiWaktu
|
Pendahuluan
|
Persiapan
-
Siswa merespon
salam dn pertanyaan dariguru berhubungan kondisi dan absensi.
Apersepsi
-
Pernah kalian membelah
suatu benda terus menerus sampai tidak dapat dipecah lagi?
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Guru membagi siwa menjadi
kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang
|
5
menit
|
Inti
|
a. Mengamati (Observing)
-
Siswamengamatigambar model atom yang ditunjukkan guru
b. Menanya (Questioning)
-
Guru memfasilitasidan mengarahkan siswauntukmengajukanpertanyaan
-
Guru mengajaksiswauntukaktifberdiskusitentanggambar yang diberikan.
-
Siswa mengajukan pertanyaan
berkaitan dengan model atom
c. Mengumpulkan Data (Experimenting)
-
Siswamembacareferensitentangperkembangan model atom dari sumber belajar yang
dimiliki
-
Guru mebagikan LKS untuk
didiskusikan
d. Mengasosiasi (Associating)
-
Siswa berdiskusi dan mengolah
data hasil diskusi
-
Siswa menuliskan poin-poin
penting hasil diskusi
-
Guru membantu kelompok yang
mengalami kesulitan
-
Guru melakukan penilaian
sikap
e. Mengkomunikasikan (Communicating)
-
Salah satukelompok dimintamempresentasikanhasil
diskusi didepan kelas
-
siswa lain menanggapi presentasi
yang disampaikan
-
Guru memberikan penguatan pada
konsep
|
30 menit
|
Penutup
|
-
Guru bersamadengansiswamembuatkesimpulantentangperkembangan
model atom
-
Guru memberikan kuis
-
Guru memberikantugasuntukdikerjakan dirumah
|
10menit
|
I. Penilaian Proses dan Hasil
Belajar
Ranah
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
Sikap
|
Non tes
|
Observasi
|
Lembarobservasi
|
Pengetahuan
|
Tes
|
Testertulis
|
Pilihanganda dan uraian
|
Yogyakarta,
Guru Pamong Guru
Kimia
........................ .........................
0 Response to "RPP Perkembangan Teori Atom"
Post a Comment