RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
IDENTITAS
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas/Semester :
X/1 (satu)
Materi Pokok : Peran
Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari, Metode ilmiah dan Keselamatan Kerja
Alokasi
Waktu : 3 jam pelajaran (3x45 menit)
|
A. KOMPETENSI INTI
KI 1
KI 2
KI 3
KI 4
|
: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
: Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
: Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.1 Menjelaskan
metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamatan dan
keamanan di
laboratorium, serta peran kimia dalam kehidupan.
|
1.
Menjelaskan
hakekat ilmu kimia dan peranannya dalam kehidupan sehari-hari
2.
Menjelaskan tahapan metode ilmiah
3.
Menjelaskan butir- butir
keselamatan kerja dalam laboratorium
|
4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang hakikat ilmu
kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja dalam mempelajari kimia serta
peran kimia dalam kehidupan
|
1. Mempresentasikan
butir-butir keselamatan kerja dalam laboratorium.
2. Mempresentasikan
langkah-langkah metode ilmiah dalam berbagai kasus
3. Mempresentasikan
peranan kimia dalam berbagai bidang
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Setelah membaca literatur siswa dapat menjelaskan hakikat ilmu kimia dengan benar.
- Setelah membaca literatur siswa dapat menjelaskan peranan ilmu dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
- Setelah diskusi kelompok siswa dapat memahami langkah-langkah metode ilmiah dalam menyelesaikan masalah di sekitar lingkungan
- Melalui proses pembelajaran, siswa dapat memahami cara-cara bekerja di laboratorium dengan benar
5. Melalui
pengamatan dan diskusi siswa dapat mengetahui berbagai macam lambang bahan
kimia yang berbahaya.
6. Melalui
pengamatan dan diskusi siswa dapat mengetahui berbagai macam lambang keselamtan
kerja dalam laboratorium
- Setelah mendapat penjelasan dari guru, siswa dapat mengetahui peraturan yang ada di laboratorium dengan baik
- Setelah diskusi siswa dapat mempresentasikan peranan kimia dalam bidang berbagai bidang
9. Setelah
diskusi siswa dapat menyajikan tahapan metode ilmiah dengan benar
10. Setelah
diskusi siswa dapat mempresentasikan butir-butir
keselamatan kerja dalam laboratorium.
Fokus Penguatan
Karakter : Disiplin dan Kerja sama
D.
Materi
Pembelajaran
- Materi Pokok
1.
Faktual
a.
Berbagai produk kimia
yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti sabun, detergen, pasta
gigi, obat dsb.
b.
Peranan kimia dalam bidang kesehatan
(obat-obatan), pertanian (pupuk, pestisida), industry (semen, cat), biologi
(enzim, protein), dan teknologi (kristal cair).
2.
Konseptual
a.
Hakikat ilmu kimia:
-
Pengertian ilmu kimia: ilmu yang
mempelajari tentang struktur, susunan, perubahan materi dan energi yang
menyertai perubahannya.
-
Karakteristik ilmu kimia secara
makroskopik, sub mikroskopik dan simbolik.
b.
Metode ilmiah adalah metode sains
yang menggunakan langkah-langkah ilmiah dan rasional untuk mengungkapkan suatu
permasalahan yang muncul
3.
Prinsip
a.
Bahan-bahan kimia di
laboratorium merupakan bahan-bahan yang berbahaya, sehingga harus memperhatikan
aturan dalam penyimpanan, penggunaan dan bahaya dari bahan yang biasanya ada
dalam bentuk simbol
b.
Bahan- bahan kimia yang berbahaya
yang bersifat korosif, beracun, mudah meledak, mudah terbakar, pengoksidasi,
berbahaya, merusak lingkungan dan radioaktif.
4.
Prosedur
a.
Tahapan metode ilmiah mulai dari
perumusan masalah, perumusan hipotesis, menentukan variabel (variabel bebas, variabel bergantung, dan
variabel tetap), mengumpulkan data (experiment),
menganalisis data dan merumuskan simpulan.
b.
Keselamatan kerja di laboratorium.
- Materi Remidial
Materi yang belum dikuasai siswa
- Materi Pengayakan
Siswa diberi tugas membuat artikel yang
menyangkut metode ilmiah
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Model
Pembelajaran : kooperatif learning tipe Jigsaw
Metode
Pembelajaran : Disuksi
dan penugasan
F.
Media
dan Bahan
- Media: Powerpoint, Video keselamatan kerja di laboratorium
- Bahan Ajar : LKS
G.
Sumber
Belajar
Rahayu, Imam. 2009. Kimia 1 : Untuk SMA/MA Kelas X : Jakarta : Departemen
Pendidikan Nasional
Unggul
Sudarmo. 2013. Kimia untuk SMA/MA Kelas X
: Erlangga
Utami,
Budi, dkk, 2009, Kimia untuk SMA/MA Kelas
X : Departemen Pendidikan Nasional
H.
Langkah
Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
AlokasiWaktu
|
1
|
Pendahuluan
|
Bertanya kepada siswa
:
ü pernahkah kalian mendengar
kalimat Hati-hati dengan bahan kimia
karena berbahaya bagi kesehatan?
ü Coba sebutkan produk-produk kimia
dari berbagai bidang dan kegunaannya
ü Pernah kalian melakukan penelitan
waktu SMP?
ü Apa saja yang kalian lakukan?
ü Jika kita bekerja di laboratorium
apa saja yang harus kita pakai?
·
Menyampaikan topik dan tujuan
pembelajaran
|
20 Menit
|
2
|
Inti
|
Mengamati
(Sintak Model Jigsaw : Pembentukan
kelompok asal)
|
10
menit
|
Menanya
·
Siswa diarahkan untuk mengajukan
pertanyaan tentang hal-hal yang sudah diamati, baik produk-produk kimia,
motode ilmiah maupun keselamatan kerja
·
Guru mengajak siswa aktif berdiskusi
|
15
menit
|
||
Pengumpulan data
(Sintak Model Jigsaw : Pembentukan
kelompok ahli)
(Sintak Model Jigsaw
: Diskusi kelompok
ahli)
Siswa berdiskusi dan
mengerjakan LKS yang diberikan guru
|
30
menit
|
||
Mengasosiasi
·
Siswa dari kelompok ahli kembali
ke kelompok asal
·
Masing-masing anggota kelompok
menyampaikan apa yang didapat dari
diskusi kelompok ahli
(Sintak Model Jigsaw : diskusi
hasil yang diperoleh dari kelompok ahli)
|
15
menit
|
||
Mengkomunikasikan
(Sintak Model Jigsaw : Presentasi
kelompok)
·
Kelompok lain memberikan
tanggapan
Guru memberikan
penguatan
|
30
menit
|
||
3
|
Penutup
|
|
15
Menit
|
I. Penilaian
Bentuk Instrumen
dan Jenis/Teknik Penilaian:
Ranah
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
Keterangan
|
Sikap
|
Non tes
|
Observasi
|
Lembar
observasi
|
Terlampir
|
Pengetahuan
|
Tes
|
Tes tertulis
|
Pilihan
ganda dan
uraian
|
Terlampir
|
Keterampilan
|
Kinerja
presentasi
(Hasil diskusi)
|
Observasi
|
Lembar Observasi
|
Terlampir
|
Yogyakarta, 2017
Mengetahui Guru
Kimia
Kepala Sekolah ............
........................ .........................
0 Response to "RPP Kimia (Hakikat ilmu kimia, metode ilmiah, keselamatan kerja)"
Post a Comment