Seperti yang telah kami tuliskan diatas perbedaan revisi kurikulum 2013 tahun 2017 dengan rpp revisi tahun 2016, maka berikut kami bagikan contohnya dan juga filenye yang bisa bapak dan ibu unduh secara gratis melalui tautan yang kami sematkan dibawah.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU
Sekolah : SDN 14 Rambang Dangku Kelas/Semester : IV/2(dua)
Tema : 6. Cita – Citaku
Subtema : 2. Hebatnya Cita – Citaku
Pembelajaran ke : 6
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (1 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima, menjalankan dan menghargai pedoman agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Allah dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan
secara mulut dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
|
3.6.1. Mendiskusikan isi dan amanat puisi yang
disajikan secara mulut dengan tujuan untuk kesenangan.
3.6.2. Menyimpulkan isi dan amanat puisi yang
disajikan secara tertulis dengan tujuan untuk kesenangan.
|
4.6 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan
lafal, intonasi, dan ekspresi yang sempurna sebagai bentuk ungkapan diri
|
4.6.1 Meniru pola pengucapan puisi dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat.
4.6.2 Melatih pengucapan puisi hasil karya
pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sempurna sebagai bentuk
ungkapan diri.
4.6.3 Mendemonstrasikan puisi hasil karya
pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sempurna sebagai bentuk
ungkapan diri
|
SBdP
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.3 Mengetahui gerak tari kreasi daerah
|
3.3 Menyebutkan macam – macam tari kreasi daerah.
3.3 Memasangkan gambar gerak tari kreasi
tempat dengan nama tarian tersebut.
|
4.3 Meragakan gerak tari kreasi daerah
|
4.3.1 Melatih gerak tari kreasi tempat
4.3.2 Menampilkan gerak tari kreasi daerah
|
Karakter : Disiplin, Kerjasama, syukur
A. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah membaca puisi , siswa dapat mendiskusikan isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan.
2. Siswa dapat menyimpulkan isi dan amanat puisi yang disajikan secara tertulis dengan tepat.
3. Siswa dapat menirukan pola pengucapan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi dengan tepat.
4. Siswa dapat melatih pengucapan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
5. Siswa dapat mendemonstrasikan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sempurna di depan kelas.
6. Siswa dapat menyebutkan macam – macam tari kreasi tempat setelah membaca teks secara mandiri.
7. Siswa dapat memasangkan gambar gerak tari kreasi tempat dengan nama tarian tersebut dengan tepat.
8. Siswa dapat melatih gerak tari kreasi tempat secara berkelompok dengan tekun.
9. Siswa dapat menampilkan gerak tari kreasi tempat secara berkelompok dengan serasi.
B. Materi Pembelajaran.
1. Puisi anak
2. Teknik pengucapan puisi.
3. Tari tempat di Indonesia.
C. Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran: Tanya jawab, diskusi, Cooperative Learning, demonstrasi.
Pendekatan Pembelajaran:Saintifik
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
2. Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca doa ialah siswa yang hari itu dating paling awal ( Menghargai kedisiplinan siswa )
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap ketika dan manfaatnya bagi tercapainya cita – cita.
4. Menyanyikan Lagu Garuda Pancasila. Guru menunjukkan penguatan perihal pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Siswa diminta untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas
6. Siswa memperhatikan penjelasan guru perihal tujuan, manfaat dan acara pembelajaran yang akan dilakukan.
7. Siswa menyimak penjelasan guru perihal pentingnya sikap disiplin, kerjasama, danmandiri yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8. Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan perihal kisah masa kecil salah satu tokoh dunia ( Misal : Ibnu Sina, Isaac Newton , dll).
Sebelum membacakan buku, guru menjelaskan tujuankegiatan literasi dan mengajak siswamendiskusikanpertanyaan-pertanyaan berikut:
– apa yang tergambar pada sampul buku?
– apa judulbuku?
– kira-kira buku ini menceritakan apa?
– pernahkah kau membaca judul menyerupai itu?
– apa saja yang kau ingin ketahui dari buku ini?
· Guru membacakan kisah pada buku dan menunjukkan ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan seksama.
· Setelah guru membacakan buku, siswa diminta menuliskan kesimpulan / ringkasan kisah pada selembar kertas berwarna.
9. Menyegarkan suasana kembali dengan menyanyikanLagu Aku Seorang Kapiten. Berikan penguatan bahwa cita – cita, apapun itu harus di capai dengan kerja keras.
|
30 menit
|
Kegiatan inti
|
1. Sebelum memulai pembelajaran, guru menampilkan gambarseorang perawat yang sedang merawat pasien.Siswa diminta mengamati.
2. Siswa mengamati gambar yang terdapat pada halaman pertama pembelajaran perihal barisan polisi yang berdiri tegak dalam sebuah upacara. Dengan bimbingan guru, siswa membahas perihal sosok seorang polisi dan pengabdiannya kepada masyarakat alasannya tugasnya menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan masyarakat.
3. Guru dapat menunjukkan beberapa pertanyaan untuk menstimulus ketertarikan siswa perihal topik Cita-Citaku Contoh pertanyaan:
a. Pernahkah kau bertemu seorang polisi?
a. Bagaimanakah perasaanmu ketika bertemu seorang polisi?
b. Apakah ada diantara kalian yang bercita-cita menjadi polisi?
4. Siswa menyimak penjelasan guru, bahwa hari ini akan mempelajari Puisi dan Budaya tari tempat di Indonesia
5. Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan yang merupakan peran polisi dalam pengabdiannya kepada masyarakat.
6. Siswa lalu mencoba menceritakan gambar-gambar tersebut dengan sahabat sebangkunya secara bergantian. Siswa lalu mengamati gambar-gambar tersebut dan menjawab beberapa pertanyaan yang terdapat pada halaman 100.
7. Siswa difasilitasi untuk mengajukan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
8. Siswa diajak berdiskusi perihal macam – macam jenis pekerjaan yang dicita – citakannya.
9. Guru menyajikan puisi di depan kelas, siswa diminta mengamati.
10. Siswa diminta mendiskusikan isi dan amanat puisi tersebut di kelompok.
11. Siswa dibagikan lembar kerja berupa table dan diminta mengisi perihal isi dan amanat puisi berdasarkan hasil diskusi kelompok sebelumnya.
12. Siswa diingatkan guru untuk selalu menunjukkan sikafbekerjasama dengan baik dalam kelompok.
13. Siswa menyimak pembacan puisi oleh guru dengan tekun, memperhatikan cara pengucapannya yang tepat.
14. Siswa menirukan pembacaan puisi sebagaimana yang telah dicontohkan oleh guru dengan sebaik – baiknya.
15. Siswa membuat puisi sendiri dengan tema Cita – Cita.
16. Guru membimbing siswa untuk membuat puisi dengan baik.
17. Siswa yang dapat menyelesaikan membuat puisi dengan sempurna waktu menerima reward pin dari guru.
18. Siswa melatih membacakan puisi yang telah dibuatnya di kelompoknya masing – masing dan setiap anggota kelompok saling membantu membetulkan atau menunjukkan masukan jikalau ada pengucapan yang kurang tepat.
19. Siswa kemudian membacakan puisi hasil karyanya di depan kelas dengan percaya diri
20. Guru mengajak siswa menyaksikan tayangan video tari Baksa Kembang, khas Kalimantan Selatan.
21. Siswa diajak bersyukur atas beragamnya kekayaan budaya Indonesia yang dilimpahkan Allah YME pada bangsa Indonesia.
22. Siswa mempertunjukkan hasil kerja kelompoknya untuk menarikan tari hasil kreasi kelompok yang merupakan kreasi dari tempat di Indonesia. Siswa berlatih kembali beberapa gerakan hasil kreasinya dengan mengikuti irama dan ketukan dari musik pengiring tarian tersebut. Siswa bekerja sama dengan kelompoknya semoga menghasilkan harmoni yang indah.
23. Tiap kelompok secara bergantian menampilkan kreasinya dengan kerjasama yang baik.
24. Siswa menyimak penguatan guru bahwa untuk mencapai cita – cita haruslah disiplin dalam berguru dan selalu berdoa kepada Allah YME serta selalu bersyukur atas segala karunia pada bangsa Indonesia.
25. Siswa bermain “ semut – gajah “
|
165 menit
|
Penutup
|
1. Siswa bersama guru melaksanakan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung ;
· Apa saja yang telah dipahami siswa?
· Apa yang belum dipahami siswa?
· Bagaimana perasaan selama pembelajaran?.
2. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
3. Siswa menyimak penjelasan guru perihal acara pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk memberikan kegiatan bersama orangtua,yaitu :meminta orangtua untuk menceritakan perihal tari tempat yang pernah mereka pelajari ketika masih kecil.
4. Siswa menyimak kisah motivasi perihal pentingnya sikap Disiplin, kerjasama, dan syukur
5. Siswa menyanyikan lagu ‘pambatangan’
6. Siswa melaksanakan operasi semut untuk menjaga kebersihan
kelas.
7. Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
|
0 Response to "Contoh RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Post a Comment