A. Pendahuluan
Perbaikan selanjutnya adalah dalam mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Selain PPK pada pembelajaran perlu juga diintegrasikan literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); dan HOTS (Higher Order Thinking Skill.
Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang. Dalam hubungan ini pengintegrasian dapat berupa pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas); pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler; pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat; perdalaman dan perluasan dapat berupa penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa, penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah; kemudian penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).
Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. Sebenarnya kata ini tidak terlalu baru untuk kita. Di berbagai kesempatan, kita sudah sering mendengar beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasimerupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
Pada tulisan ini dilengkapi uraian tentang komponen RPP serta contoh RPP untuk beberapa mata pelajaran yang telah mengalami perbaikan dengan mengintegrasikan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Namun contoh RPP ini hanya untuk contoh didalam menjelaskan komponen pengeintegrasiannya, dengan kata lain keterangan dalam bentuk caption (balon) tersebut hanya untuk menjelaskannya di dalam RPP sebenarnya tidak ada. Selanjutnya pada akhir tulisan ini terdapat tautan untuk mengunduh bahan yang diperlukan. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat.
B. Format RPP
Secara lebih jelas komponen-komponen RPP secara operasional diwujudkan dalam bentuk format berikut ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA Negeri 21 Batam
Mata pelajaran : Kimia
Materi Pokok : Reaksi Redoks
Materi Pokok : Reaksi Redoks
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (2 JP)
A. Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi sikap:
(untuk mata pelajaran agama dan PKN dituliskan KI 1 dan KI 2)
KI-3 :……………….
KI-4 :………………
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(untuk mata pelajaran agama dan PKN dituliskan KD 1 dan KD2 dituliskan KD beserta indikatornya)
3.1………………
3.1………………
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1………..
3.1.2…………, dst
4.1………………
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1.1………….
4.1.2…………., dst
C. Tujuan Pembelajaran
(Tujuan pembelajaran merupakan tujuan pembelajaran dari KD yang didalamnya ada kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang ditulis dalam satu deskripsi serta memenuhi kriteria ABCD)
Contoh:
(Tujuan pembelajaran merupakan tujuan pembelajaran dari KD yang didalamnya ada kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang ditulis dalam satu deskripsi serta memenuhi kriteria ABCD)
Contoh:
D. Materi Pembelajaran
(disajikan dari materi yang terdapat pada indikator pencapaian kompetensi. Rincian materi setiap pertemuan dinyatakan dalam Lampiran)
Contoh:
(disajikan dari materi yang terdapat pada indikator pencapaian kompetensi. Rincian materi setiap pertemuan dinyatakan dalam Lampiran)
Contoh:
E. Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Model yang disarankan adalah model yang didalam langkah-langkah sesuai dengan proses berpikir saintifik. Model tersebut adalah discovery learning, inquri, problem base learning, dan project base learning.
Contoh:
Contoh:
F. Media Pembelajaran
Contoh:
Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD, alat Lab
G. Sumber Pembelajaran
Contoh:
1. Buku Kimia Kelas X, Kementerian dan Kebudayaan Tahun 2013.
2. Internet
2. Internet
3. Buku/ sumber lain yang relevan.
H. Kegiatan Pembelajaran(pada kegiatan pembelajaran sebaiknya tergambar PPK, literasi, 4C, dan HOTS)
Indikator: …
(indikator yang dirujuk untuk pembelajaran pertemuan pertama)
(Contoh di atas PPK-nya adalah religius dengan cara berdoa sebelum melaksanakan pembelajaran)
b. Kegiatan Inti
[Kegiatan inti pada pembelajaran ini merupakan langkah-langkah dari model discovery learning, karena diharapkan peserta didik menemukan konsep reaksi oksidasi dan reduksi secara mandiri dan/atau berkelompok. Model ini terdiri dari 6 langkah/sintak, yakni:
b. Kegiatan Inti
[Kegiatan inti pada pembelajaran ini merupakan langkah-langkah dari model discovery learning, karena diharapkan peserta didik menemukan konsep reaksi oksidasi dan reduksi secara mandiri dan/atau berkelompok. Model ini terdiri dari 6 langkah/sintak, yakni:
1) Stimulation(stimulasi/pemberian rangsangan),
2) Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah),
3) Data collection (pengumpulan data),
4) Data processing (pengolahan data),
5) Verification (pembuktian),
6) Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)].
Contoh:
Langkah 1:
(Contoh di atas PPK-nya adalah rasa ingin tahu dan gemar membaca, 4C-nya berupa critical thinking, ada literasi serta HOTS-nya)
Langkah 2:
(Contoh di atas PPK-nya adalah rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif, demokratis, komunikatif, dan tanggungjawab; 4C-nya berupa colaboration, critical thinking, creativity, dan communication; ada literasi serta HOTS-nya)
Langkah 4:
(Contoh di atas terdapat 4C-nya berupa communication)
Langkah 5:
Langkah 2:
(Contoh di atas terdapat 4C-nya berupa collaboration dan critical thinking)
Langkah 3:
(Contoh di atas PPK-nya adalah rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif, demokratis, komunikatif, dan tanggungjawab; 4C-nya berupa colaboration, critical thinking, creativity, dan communication; ada literasi serta HOTS-nya)
Langkah 4:
(Contoh di atas terdapat 4C-nya berupa communication)
Langkah 5:
(Contoh di atas 4C-nya berupa critical thinking, communication; ada literasi serta HOTS-nya)
Langkah 6:
Langkah 6:
2. Pertemuan Kedua: (...JP)
Indikator: …
(indikator yang dirujuk untuk pembelajaran pertemuan kedua)
a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti
c. Kegiatan Penutup
3. Pertemuan seterusnya.
I. Penilaian
1. Penilaian Pengetahuan
a. Aspek yang di nilai
b. Teknik penilaian
c. Instrumen (terlampir)
d. Rubrik Penilaian (terlampir)
2. Penilaian Keterampilan
a. Aspek yang di nilai
b. Teknik penilaian
c. Instrumen (terlampir)
d. Rubrik Penilaian (terlampir)
Lampiran:
1. Materi Pembelajaran Pertemuan 1
(materi ini dapat berupa ringkasan materi atau hand out sehingga nanti kalau
dikumpulkan bisa menjadi modul)
(materi ini dapat berupa ringkasan materi atau hand out sehingga nanti kalau
dikumpulkan bisa menjadi modul)
2. Instrumen Penilaian Pertemuan 1
(instrumen penilaian ini terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilengkapi dengan bentuk/teknik penilaian dan instrumen nya serta kisi-kisi dan pedoman penskorannya)
(instrumen penilaian ini terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilengkapi dengan bentuk/teknik penilaian dan instrumen nya serta kisi-kisi dan pedoman penskorannya)
3. Materi Pembelajaran Pertemuan 2
4. Instrumen Penilaian Pertemuan 2
dan seterusnya tergantung banyak pertemuan.
Catatan : Format RPP di atas tidak baku, guru dapat mengembangkan format RPP sesuai dengan kebutuhan dengan tidak mengurangi esensi dari RPP dan caption atau balon dalam RPP sebenarnya tidak ada.
Demikianlah ringkasan panduan cara membuat RPP kurikulum 2013 dengan perbaikan beberapa komponen. Jadi ini hanya lah suatu panduan untuk membuat RPP dan semuanya tergantung juga dengan karakteristik satuan pendidikan bapak/ibu guru semua. Namun yang terpenting adalah RPP yang baik adalah RPP yang bisa kita laksanakan dalam pembelajaran dan memberikan perubahan kepada anak didik kita.
Link Download :
1. Contoh RPP Kimia 1
2. Contoh RPP Kimia 2
3. Contoh RPP PKn
4. Contoh RPP Bahasa Indonesia
5. Contoh RPP Matematika Wajib
6. Contoh RPP Sejarah Indonesia
7. Panduan Penilaian Terbaru
8. Dinamika Perkembangan Kurikulum
Bahan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK):
1. Penguatan Pendidikan Karakter
2. Konsep dan Pedoman PPK
3. Modul PPK bagi Komite Sekolah
4. Modul PPK bagi Kepala Sekolah
5. Modul PPK bagi Guru
6. Modul PPK bagi Pengawas
7. Panduan Penilaian PPK
Bahan Literasi:
1. Literasi dalam Pembelajaran
2. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah
3. Panduan Gerakan Literasi Sekolah
4. Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah
Bahan HOTS:
1. Naskah Pengembangan Butir Soal HOTS
2. Kisi-Kisi Soal HOTS
0 Response to "Cara Membuat RPP Kurikulum 2013 Terbaru Tahun Pelajaran 2017-2018 (Mengintegrasikan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS)"
Post a Comment