Selamat Datang di Website PERANGKAT MENGAJAR | Kami Menerima Pesanan Pembuatan RPP K-13 Revisi 2017 (Lengkap dengan buku 1 dan buku 2) Hubungi No WA: 082168321603 | Terimakasih Kunjungannya.

Trimakasih telah berkunjung di perangkatmengajarza.blogspot.com Kami selalu menunggu kunjungan Anda berikutnya! Salaaaaaaam dari ZAINAL ABIDIN, S.Pd (Guru SMA Negeri Unggul Pidie Jaya) Untuk mendapatkan informasi terbaru silahkan bergabung dengan cara klik disini ----> FACEBOOK ZAINAL ABIDIN atau FACEBOOK INFO PENDIDIKAN

RPP PJOK Kelas 7 K13 Revisi 2017 Terbaru Semester 1 & 2 (Lengkap)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)

Sekolah                                : SMAN Unggul Pidie Jaya
Mata Pelajaran                     : PJOK
Kelas/Semester                    : VII/Genap
Materi Pokok                       : Aktivitas Senam Lantai
Alokasi Waktu                     : 3 Minggu x 3 Jam Pelajaran @45 Menit

A.      Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.4Memahami gerak spesifik senibeladiri. **)
3.4.1. Mengidentifikasikan berbagaigerak spesifik kuda-kuda,pola gerak langkah, pukulan,tendangan, tangkisan, danelakan dalam pencak silat.
3.4.2. Menjelaskan gerak spesifikkuda-kuda, pola geraklangkah, pukulan, tendangan,tangkisan, dan elakan dalampencak silat.
3.4.3. Menjelaskan cara melakukangerak spesifik kuda-kuda,pola gerak langkah, pukulan,tendangan, tangkisan, danelakan dalam pencak silat.
4.4Mempraktikkan gerak spesifik senibeladiri. **)
4.4.1. Melakukan gerak spesifikkuda-kuda, pola geraklangkah, pukulan,tendangan, tangkisan, danelakan dalam pencak silat.
4.4.2. Menggunakan gerakspesifik kuda-kuda, polagerak langkah, pukulan,tendangan, tangkisan, danelakan pencak silat dalambentuk rangkaian gerakanseni beladiri pencak silatsecara sederhana.

B.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.       Mengidentifikasikan berbagai gerak spesifik kuda-kuda, pola gerak langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan dalam pencak silat.
2.       Menjelaskan gerak spesifik kuda-kuda, pola gerak langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan dalam pencak silat.
3.       Menjelaskan cara melakukan gerak spesifik kuda-kuda, pola gerak langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan dalam pencak silat.
4.       Melakukan gerak spesifik kuda-kuda, pola gerak langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan dalam pencak silat.
5.       Menggunakan gerak spesifik kuda-kuda, pola gerak langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan pencak silat dalam bentuk rangkaian gerakan seni beladiri pencak silat secara sederhana.

C.      Materi Pembelajara
1.       Pengertian Pencak Silat
2.       Asal-usul pencak silat
3.       Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat
a.       Aktivitas Pola Pembentukan Sikap Pencak Silat
1)       Aktivitas pembelajaran sikap berdiri
2)       Aktivitas pembelajaran sikap jongkok, duduk, dan berbaring
3)       Aktivitas pembelajaran sikap pasang
b.       Aktivitas pembelajaran pola pembentukan gerak pencak silat
c.        Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pembentukan langkah
d.       Aktivitas pembelajaran gerak dasar pembelaan dalam pencak silat
1)       Aktivitas pembelajaran gerak dasar elakan
2)       Aktivitas pembelajaran gerak dasar tangkisan
e.        Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat
1)       Aktivitas pembelajaran serangan dengan tangan
2)       Aktivitas Pembelajaran Serangan dengan menggunakan Siku
3)       Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan dengan menggunakan kaki dalam pencak silat
a)       Aktivitas pembelajaran serangan dengan menggunakan tendangan
b)       Aktivitas pembelajaran serangan dengan menggunakan sapuan
c)       Aktivitas pembelajaran serangan dengan menggunakan dengkulan
d)       Aktivitas pembelajaran serangan dengan menggunakan guntingan
f.        Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat
1)       Aktivitas pembelajaran mengunci lawan dari luar tangan
2)       Aktivitas pembelajaran mengunci lawan dari dalam tangan
3)       Aktivitas pembelajaran mengunci lawan dengan menahan serangan siku lawan pada waktu berputar dan menyikut
4)       Aktivitas pembelajaran menahan siku lawan di atas pundak
5)       Aktivitas pembelajaran menjatuhkan lawan dengan mengambil kaki bagian luar
6)       Aktivitas pembelajaran menjatuhkan lawan dengan mengambil kaki bagian dalam

D.      Metode Pembelajaran
         Metode yang digunakan dalam pembelajaran aktivitas gerak spesifik beladiri pencak silat antara lain.
·         Cakupan (Inclusive).
·         Demonstrasi.
·         Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
·         Timbal-balik (Resiprocal)
·         Pendekatan Pembelajaran Contekstual
·         Pendekatan Scientific.

E.      Media Pembelajaran
1.       Media:
a.       Gambar gerak spesifik kuda-kuda, pola gerak langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan dalam pencak silat.
b.       Video  pembelajaran  gerak  spesifik  kuda-kuda,  pola  gerak  langkah,  pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan dalam pencak silat.
c.        Model siswa atau guru yang memperagakan gerak spesifik kuda-kuda, pola gerak langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan dalam pencak silat.

2.       Alat dan Bahan:
a.       Ruangan atau halaman sekolah
b.       Arena pencak silat
c.        Goong
d.       Peluit dan Stopwatch.
e.        Panduan Pembelajaran Siswa (Judul: Panduan Pembelajaran Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).

F.       Sumber Belajar
Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan kelas VII, Buku PJOK lain yang relevan, internet, narasumber, lingkungan sekitar, dan sumber lain yang relevan

G.      Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan Ke-1 (3 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat
Pemberian contoh-contoh materi Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat
Mendengar

Pemberian materi Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat oleh guru.
Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat



untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :

Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat


yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat yang sedang dipelajari.
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi tentang materi Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :

Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat


dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari Materi :

Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat


Mengolah informasi dari materi Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat


antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat


Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi  Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat


Menjawab pertanyaan tentang materi  Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat
Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
2.
Pertemuan Ke-2 (3 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat

§ Aktivitas Pola Pembentukan Sikap Pencak Silat
§ Aktivitas pembelajaran pola pembentukan gerak pencak silat
§ Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pembentukan langkah
§ Aktivitas pembelajaran gerak dasar pembelaan dalam pencak silat
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat
Pemberian contoh-contoh materi Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat
Mendengar

Pemberian materi Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat oleh guru.
Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat

§ Aktivitas Pola Pembentukan Sikap Pencak Silat
§ Aktivitas pembelajaran pola pembentukan gerak pencak silat
§ Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pembentukan langkah
§ Aktivitas pembelajaran gerak dasar pembelaan dalam pencak silat

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :

Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat

§ Aktivitas Pola Pembentukan Sikap Pencak Silat
§ Aktivitas pembelajaran pola pembentukan gerak pencak silat
§ Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pembentukan langkah
§ Aktivitas pembelajaran gerak dasar pembelaan dalam pencak silat
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat yang sedang dipelajari.
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi tentang materi Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :

Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat

§ Aktivitas Pola Pembentukan Sikap Pencak Silat
§ Aktivitas pembelajaran pola pembentukan gerak pencak silat
§ Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pembentukan langkah
§ Aktivitas pembelajaran gerak dasar pembelaan dalam pencak silat
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari Materi :

Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat

§ Aktivitas Pola Pembentukan Sikap Pencak Silat
§ Aktivitas pembelajaran pola pembentukan gerak pencak silat
§ Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pembentukan langkah
§ Aktivitas pembelajaran gerak dasar pembelaan dalam pencak silat
Mengolah informasi dari materi Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat

§ Aktivitas Pola Pembentukan Sikap Pencak Silat
§ Aktivitas pembelajaran pola pembentukan gerak pencak silat
§ Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pembentukan langkah
§ Aktivitas pembelajaran gerak dasar pembelaan dalam pencak silat
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat

§ Aktivitas Pola Pembentukan Sikap Pencak Silat
§ Aktivitas pembelajaran pola pembentukan gerak pencak silat
§ Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pembentukan langkah
§ Aktivitas pembelajaran gerak dasar pembelaan dalam pencak silat
Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi  Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat

§ Aktivitas Pola Pembentukan Sikap Pencak Silat
§ Aktivitas pembelajaran pola pembentukan gerak pencak silat
§ Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pembentukan langkah
§ Aktivitas pembelajaran gerak dasar pembelaan dalam pencak silat
Menjawab pertanyaan tentang materi  Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat
Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
3.
Pertemuan Ke-3 (3 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat
Pemberian contoh-contoh materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat
Mendengar

Pemberian materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat oleh guru.
Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat



untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :

Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat


yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat yang sedang dipelajari.
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi tentang materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :

Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat


dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari Materi :

Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat


Mengolah informasi dari materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat


antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat


Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi  Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat


Menjawab pertanyaan tentang materi  Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat
Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
4.
Pertemuan Ke-4 (3 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat  dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat
Pemberian contoh-contoh materi Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat  untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat
Mendengar

Pemberian materi Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat  oleh guru.
Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat



untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :

Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat


yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat  yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat  yang sedang dipelajari.
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat  yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat  yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi tentang materi Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat  yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat  sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :

Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat


dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari Materi :

Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat


Mengolah informasi dari materi Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat  yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat


antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat  berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat


Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat  dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi  Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat  yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat


Menjawab pertanyaan tentang materi  Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat  yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat  berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat  yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat  yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat
Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat  kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

H.      Penilaian Hasil Pembelajaran
1.       Penilaian Sikap
-        Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yang Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
75
75
50
75
275
68,75
C
2
...
...
...
...
...
...
...


Keterangan :
•    BS : Bekerja Sama
•    JJ : Jujur
•    TJ : Tanggun Jawab
•    DS : Disiplin

Catatan :
1.  Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100            = Sangat Baik
75              = Baik
50              = Cukup
25              = Kurang
2.  Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3.  Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4.  Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00             = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00                = Baik (B)
25,01 – 50,00                = Cukup (C)
00,00 –  25,00               = Kurang (K)
5.  Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai

-        Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.

50
3
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
50

4
...
100


Catatan :
1.  Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4.  Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00             = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00                = Baik (B)
25,01 – 50,00                = Cukup (C)
00,00 –  25,00               = Kurang (K)
5.  Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan

-        Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya:

Nama yang diamati              : ...
Pengamat                                : ...

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau menerima pendapat teman.
100

450
90,00
SB
2
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

100
4
Marah saat diberi kritik.
100

5
...

50

Catatan :
1.  Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 :500) x 100 = 90,00
4.  Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00             = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00                = Baik (B)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP PJOK Kelas 7 K13 Revisi 2017 Terbaru Semester 1 & 2 (Lengkap)"

Post a Comment