RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)
|
Sekolah : SMAN Unggul Pidie Jaya
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi Pokok : Aktivitas Senam Lantai
Alokasi Waktu : 3 Minggu x 3 Jam Pelajaran @45 Menit
A.
Kompetensi Dasar
Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.4Memahami
gerak spesifik senibeladiri. **)
|
3.4.1.
Mengidentifikasikan berbagaigerak spesifik kuda-kuda,pola gerak langkah,
pukulan,tendangan, tangkisan, danelakan dalam pencak silat.
3.4.2.
Menjelaskan gerak spesifikkuda-kuda, pola geraklangkah, pukulan,
tendangan,tangkisan, dan elakan dalampencak silat.
3.4.3.
Menjelaskan cara melakukangerak spesifik kuda-kuda,pola gerak langkah,
pukulan,tendangan, tangkisan, danelakan dalam pencak silat.
|
4.4Mempraktikkan
gerak spesifik senibeladiri. **)
|
4.4.1.
Melakukan gerak spesifikkuda-kuda, pola geraklangkah, pukulan,tendangan,
tangkisan, danelakan dalam pencak silat.
4.4.2.
Menggunakan gerakspesifik kuda-kuda, polagerak langkah, pukulan,tendangan,
tangkisan, danelakan pencak silat dalambentuk rangkaian gerakanseni beladiri
pencak silatsecara sederhana.
|
B.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.
Mengidentifikasikan
berbagai gerak spesifik kuda-kuda, pola gerak langkah, pukulan, tendangan,
tangkisan, dan elakan dalam pencak silat.
2.
Menjelaskan
gerak spesifik kuda-kuda, pola gerak langkah, pukulan, tendangan, tangkisan,
dan elakan dalam pencak silat.
3.
Menjelaskan
cara melakukan gerak spesifik kuda-kuda, pola gerak langkah, pukulan,
tendangan, tangkisan, dan elakan dalam pencak silat.
4.
Melakukan
gerak spesifik kuda-kuda, pola gerak langkah, pukulan, tendangan, tangkisan,
dan elakan dalam pencak silat.
5.
Menggunakan
gerak spesifik kuda-kuda, pola gerak langkah, pukulan, tendangan, tangkisan,
dan elakan pencak silat dalam bentuk rangkaian gerakan seni beladiri pencak
silat secara sederhana.
C.
Materi
Pembelajara
1.
Pengertian
Pencak Silat
2.
Asal-usul
pencak silat
3.
Aktivitas
Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat
a.
Aktivitas
Pola Pembentukan Sikap Pencak Silat
1)
Aktivitas
pembelajaran sikap berdiri
2)
Aktivitas
pembelajaran sikap jongkok, duduk, dan berbaring
3)
Aktivitas
pembelajaran sikap pasang
b.
Aktivitas
pembelajaran pola pembentukan gerak pencak silat
c.
Aktivitas
pembelajaran gerak spesifik pembentukan langkah
d.
Aktivitas
pembelajaran gerak dasar pembelaan dalam pencak silat
1)
Aktivitas
pembelajaran gerak dasar elakan
2)
Aktivitas
pembelajaran gerak dasar tangkisan
e.
Aktivitas
pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat
1)
Aktivitas
pembelajaran serangan dengan tangan
2)
Aktivitas
Pembelajaran Serangan dengan menggunakan Siku
3)
Aktivitas
pembelajaran gerak dasar serangan dengan menggunakan kaki dalam pencak silat
a)
Aktivitas
pembelajaran serangan dengan menggunakan tendangan
b)
Aktivitas
pembelajaran serangan dengan menggunakan sapuan
c)
Aktivitas
pembelajaran serangan dengan menggunakan dengkulan
d)
Aktivitas
pembelajaran serangan dengan menggunakan guntingan
f.
Bentuk-bentuk
variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat
1)
Aktivitas
pembelajaran mengunci lawan dari luar tangan
2)
Aktivitas
pembelajaran mengunci lawan dari dalam tangan
3)
Aktivitas
pembelajaran mengunci lawan dengan menahan serangan siku lawan pada waktu
berputar dan menyikut
4)
Aktivitas
pembelajaran menahan siku lawan di atas pundak
5)
Aktivitas
pembelajaran menjatuhkan lawan dengan mengambil kaki bagian luar
6)
Aktivitas
pembelajaran menjatuhkan lawan dengan mengambil kaki bagian dalam
D.
Metode
Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam
pembelajaran aktivitas gerak spesifik beladiri pencak silat antara lain.
·
Cakupan
(Inclusive).
·
Demonstrasi.
·
Bagian
dan keseluruhan (Part and whole)
·
Timbal-balik
(Resiprocal)
·
Pendekatan
Pembelajaran Contekstual
·
Pendekatan
Scientific.
E.
Media
Pembelajaran
1.
Media:
a.
Gambar
gerak spesifik kuda-kuda, pola gerak langkah, pukulan, tendangan, tangkisan,
dan elakan dalam pencak silat.
b.
Video pembelajaran
gerak spesifik kuda-kuda,
pola gerak langkah,
pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan dalam pencak silat.
c.
Model
siswa atau guru yang memperagakan gerak spesifik kuda-kuda, pola gerak langkah,
pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan dalam pencak silat.
2.
Alat dan Bahan:
a.
Ruangan
atau halaman sekolah
b.
Arena
pencak silat
c.
Goong
d.
Peluit
dan Stopwatch.
e.
Panduan
Pembelajaran Siswa (Judul: Panduan Pembelajaran Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).
F.
Sumber Belajar
Buku
Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan kelas VII, Buku PJOK lain
yang relevan, internet, narasumber, lingkungan sekitar, dan sumber lain yang
relevan
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1.
|
Pertemuan Ke-1 (3 x 40
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
Pengertian Pencak
Silat dan Asal-usul pencak silat
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi
Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul
pencak silat
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian materi
Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
|||
Pengertian Pencak
Silat dan Asal-usul pencak silat
|
|||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui
kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
Pengertian Pencak
Silat dan Asal-usul pencak silat
|
|||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati dengan
seksama materi Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat yang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan
mencoba menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Pengertian
Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat
yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
|||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi
Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat
|
|||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
Mencatat semua
informasi tentang materi Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat
yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat sesuai dengan
pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
Pengertian Pencak
Silat dan Asal-usul pencak silat
|
|||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
Pengertian Pencak
Silat dan Asal-usul pencak silat
|
|||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pengertian Pencak Silat dan
Asal-usul pencak silat
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
Pengertian Pencak
Silat dan Asal-usul pencak silat
|
|||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Pengertian Pencak Silat dan
Asal-usul pencak silat berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara
lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
Pengertian Pencak
Silat dan Asal-usul pencak silat
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul
pencak silat dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi Pengertian
Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
|||
Pengertian Pencak
Silat dan Asal-usul pencak silat
|
|||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Pengertian Pencak Silat
dan Asal-usul pencak silat yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Pengertian
Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Pengertian
Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu
untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Pengertian Pencak Silat
dan Asal-usul pencak silat berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat yang baru
dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Pengertian Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat yang baru
diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Pengertian Pencak Silat dan
Asal-usul pencak silat
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Pengertian
Pencak Silat dan Asal-usul pencak silat kepada kelompok yang memiliki kinerja
dan kerjasama yang baik.
|
||
2.
|
Pertemuan Ke-2 (3 x 40
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
Aktivitas Pembelajaran
Gerak Spesifik dalam Pencak Silat
|
|||
§ Aktivitas Pola
Pembentukan Sikap Pencak Silat
§ Aktivitas pembelajaran pola pembentukan gerak pencak silat § Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pembentukan langkah § Aktivitas pembelajaran gerak dasar pembelaan dalam pencak silat |
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi
Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat
untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik
dalam Pencak Silat
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian materi
Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
|||
Aktivitas Pembelajaran
Gerak Spesifik dalam Pencak Silat
|
|||
§ Aktivitas Pola
Pembentukan Sikap Pencak Silat
§ Aktivitas pembelajaran pola pembentukan gerak pencak silat § Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pembentukan langkah § Aktivitas pembelajaran gerak dasar pembelaan dalam pencak silat |
|||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
Aktivitas Pembelajaran
Gerak Spesifik dalam Pencak Silat
|
|||
§ Aktivitas Pola
Pembentukan Sikap Pencak Silat
§ Aktivitas pembelajaran pola pembentukan gerak pencak silat § Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pembentukan langkah § Aktivitas pembelajaran gerak dasar pembelaan dalam pencak silat |
|||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati dengan
seksama materi Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat yang
sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan
dan mencoba menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat yang sedang
dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Aktivitas Pembelajaran
Gerak Spesifik dalam Pencak Silat yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak
Silat yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
|||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi
Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat
|
|||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
Mencatat semua
informasi tentang materi Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak
Silat yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat sesuai
dengan pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
Aktivitas Pembelajaran
Gerak Spesifik dalam Pencak Silat
|
|||
§ Aktivitas Pola
Pembentukan Sikap Pencak Silat
§ Aktivitas pembelajaran pola pembentukan gerak pencak silat § Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pembentukan langkah § Aktivitas pembelajaran gerak dasar pembelaan dalam pencak silat |
|||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian,
dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
Aktivitas Pembelajaran
Gerak Spesifik dalam Pencak Silat
|
|||
§ Aktivitas Pola
Pembentukan Sikap Pencak Silat
§ Aktivitas pembelajaran pola pembentukan gerak pencak silat § Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pembentukan langkah § Aktivitas pembelajaran gerak dasar pembelaan dalam pencak silat |
|||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi Aktivitas Pembelajaran Gerak
Spesifik dalam Pencak Silat
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
Aktivitas Pembelajaran
Gerak Spesifik dalam Pencak Silat
|
|||
§ Aktivitas Pola Pembentukan
Sikap Pencak Silat
§ Aktivitas pembelajaran pola pembentukan gerak pencak silat § Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pembentukan langkah § Aktivitas pembelajaran gerak dasar pembelaan dalam pencak silat |
|||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Aktivitas Pembelajaran Gerak
Spesifik dalam Pencak Silat berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
Aktivitas Pembelajaran
Gerak Spesifik dalam Pencak Silat
|
|||
§ Aktivitas Pola
Pembentukan Sikap Pencak Silat
§ Aktivitas pembelajaran pola pembentukan gerak pencak silat § Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pembentukan langkah § Aktivitas pembelajaran gerak dasar pembelaan dalam pencak silat |
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam
Pencak Silat dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi Aktivitas
Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat yang dilakukan dan peserta
didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
|||
Aktivitas Pembelajaran
Gerak Spesifik dalam Pencak Silat
|
|||
§ Aktivitas Pola Pembentukan
Sikap Pencak Silat
§ Aktivitas pembelajaran pola pembentukan gerak pencak silat § Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pembentukan langkah § Aktivitas pembelajaran gerak dasar pembelaan dalam pencak silat |
|||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Aktivitas Pembelajaran
Gerak Spesifik dalam Pencak Silat yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan
dengan materi Aktivitas Pembelajaran
Gerak Spesifik dalam Pencak Silat yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Aktivitas
Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Aktivitas Pembelajaran
Gerak Spesifik dalam Pencak Silat berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat yang baru
dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat yang baru
diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Aktivitas Pembelajaran Gerak
Spesifik dalam Pencak Silat
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Aktivitas
Pembelajaran Gerak Spesifik dalam Pencak Silat kepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
3.
|
Pertemuan Ke-3 (3 x 40
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
Aktivitas pembelajaran
gerak dasar serangan pencak silat
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi
Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat
untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Aktivitas pembelajaran gerak dasar
serangan pencak silat
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian materi
Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
|||
Aktivitas pembelajaran
gerak dasar serangan pencak silat
|
|||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
Aktivitas pembelajaran
gerak dasar serangan pencak silat
|
|||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati dengan
seksama materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat yang
sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan
dan mencoba menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat yang sedang
dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Aktivitas pembelajaran
gerak dasar serangan pencak silat yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak
silat yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
|||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi
Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat
|
|||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
Mencatat semua
informasi tentang materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak
silat yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat sesuai
dengan pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
Aktivitas pembelajaran
gerak dasar serangan pencak silat
|
|||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
Aktivitas pembelajaran
gerak dasar serangan pencak silat
|
|||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar
serangan pencak silat
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
Aktivitas pembelajaran
gerak dasar serangan pencak silat
|
|||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Aktivitas
pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat berupa kesimpulan berdasarkan
hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
Aktivitas pembelajaran
gerak dasar serangan pencak silat
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan
pencak silat dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi Aktivitas
pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat yang dilakukan dan peserta
didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
|||
Aktivitas pembelajaran
gerak dasar serangan pencak silat
|
|||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Aktivitas pembelajaran
gerak dasar serangan pencak silat yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Aktivitas
pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Aktivitas
pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Aktivitas pembelajaran
gerak dasar serangan pencak silat berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat yang baru
dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Aktivitas pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat yang baru
diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Aktivitas pembelajaran gerak
dasar serangan pencak silat
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Aktivitas
pembelajaran gerak dasar serangan pencak silat kepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
4.
|
Pertemuan Ke-4 (3 x 40
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
Bentuk-bentuk variasi
dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi
Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
||
Menayangkan gambar/foto/video
yang relevan.
|
|||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi
Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas
pembelajaran pencak silat untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
Kegiatan literasi ini
dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat
|
|||
→
|
Menulis
|
||
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi
aktivitas pembelajaran pencak silat
|
|||
→
|
Mendengar
|
||
Pemberian materi
Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat oleh guru.
|
|||
→
|
Menyimak
|
||
Penjelasan pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
|||
Bentuk-bentuk variasi
dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat
|
|||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
Bentuk-bentuk variasi
dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat
|
|||
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan
tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa
ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
Mengamati dengan
seksama materi Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran
pencak silat yang sedang dipelajari
dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
|||
→
|
Membaca sumber lain
selain buku teks
|
||
Secara disiplin
melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Aktivitas
|
||
Menyusun daftar
pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan
membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Bentuk-bentuk
variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat yang sedang dipelajari.
|
|||
→
|
Wawancara/tanya jawab
dengan nara sumber
|
||
Mengajukan pertanyaan
berkaiatan dengan materi Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas
pembelajaran pencak silat yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
|||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi
Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat
|
|||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
Mencatat semua
informasi tentang materi Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas
pembelajaran pencak silat yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
|
|||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran
pencak silat sesuai dengan
pemahamannya.
|
|||
→
|
Saling tukar informasi
tentang materi :
|
||
Bentuk-bentuk variasi
dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat
|
|||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari Materi :
|
||
Bentuk-bentuk variasi
dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat
|
|||
→
|
Mengolah informasi
dari materi Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak
silat yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi
aktivitas pembelajaran pencak silat
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
Bentuk-bentuk variasi
dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat
|
|||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Bentuk-bentuk
variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
Bentuk-bentuk variasi
dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi
aktivitas pembelajaran pencak silat
dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas
presentasi tentang materi
Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak
silat yang dilakukan dan peserta didik
lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
|||
Bentuk-bentuk variasi
dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat
|
|||
→
|
Menjawab pertanyaan
tentang materi Bentuk-bentuk variasi
dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Bentuk-bentuk
variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Bentuk-bentuk
variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Bentuk-bentuk variasi dan
kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak
silat yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Bentuk-bentuk variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak
silat yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Bentuk-bentuk variasi dan
kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Bentuk-bentuk
variasi dan kombinasi aktivitas pembelajaran pencak silat kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
H.
Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Penilaian
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan
perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh
instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
…
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
…
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan
aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru
kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai
kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka
guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini,
menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian
yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
250
|
62,50
|
C
|
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota
mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
50
|
||||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan
hasil diskusi kelompok.
|
50
|
||||
4
|
...
|
100
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik
untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru
telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan
juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya:
Nama
yang diamati : ...
Pengamat
: ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
450
|
90,00
|
SB
|
|
2
|
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
|
100
|
||||
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota
kelompok.
|
100
|
||||
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
||||
5
|
...
|
50
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 :500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
0 Response to "RPP PJOK Kelas 7 K13 Revisi 2017 Terbaru Semester 1 & 2 (Lengkap)"
Post a Comment