RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun
2016)
|
Sekolah :SMAN
Unggul Pidie Jaya
Mata
Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester
: XI/Genap
Materi
Pokok : Konflik,
kekerasan, dan perdamaian
Alokasi
Waktu : 6 Minggu x 4
Jam Pelajaran @45 Menit
A.
Kompetensi Inti
KI-1: Menghayati
dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: Menghayati
dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan
kawasan internasional”.
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.4
Menganalisis konflik sosial dan cara
memberikan respons untuk melakukan resolusi konflik demi terciptanya
kehidupan yang damai di masyarakat.
|
· Memahami akar
masalah dan sebab-sebab terjadi konflik
· Memahami
resolusi konflik (pencegahan, kelola, rekonsiliasi, dan transformasi)
· Memahami peran
mediasi dan pihak ketiga dalam penyelesaian konflik dan menumbuhkan
perdamaian
· Mengidentifikasi
gejala konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat dan memahami
perbedaan antara konflik dan kekerasan (kekerasan merupakan konflik yang
tidak terselesaikan secara damai)
· Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber belajar tentang sebab-sebab/latar belakang
terjadinya konflik dan kekerasan sosial serta mendiskusikannya untuk mencapai
penyelesaian tanpa kekerasan
· Mengumpulkan
data primer/sekunder tentang konflik dan kekerasan dalam masyarakat dan
penyelesaian yang dilakukan warga masyarakat
· Mengidentifikasi
dampak kekerasan (fisik, mental, sosial) dari konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat dengan menggunakan
contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari yang ada di masyarakat
setempat
· Menganalisis
konflik sosial dan cara memberikan respons untuk melakukan resolusi konflik
demi terciptanya kehidupan yang damai di masyarakat
|
4.4
Memetakan konflik untuk dapat
melakukan resolusi konflik dan menumbuhkembangkan perdamaian di masyarakat.
|
· Memetakan
konflik untuk dapat melakukan resolusi konflik dan menumbuhkembangkan
perdamaian di masyarakat.
· Menganalisis
dan mendiskusikan penyelesaian konflik menggunakan metode-metode penyelesaian
konflik (mediasi, negosiasi, rekonsiliasi dan transformasi konflik) dalam
rangka mmembentuk kesadaran diri dan tanggung jawab publik untuk tercapainya
perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat
· Mempresentasikan
hasil diskusi tentang upaya penyelesaian konflik di masyarakat
· Merumuskan
hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam penyelesaian
konflik dan kekerasan di masyarakat dengan menggunakan cara-cara damai tanpa
kekerasan
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Memahami
akar masalah dan sebab-sebab terjadi konflik
·
Memahami
resolusi konflik (pencegahan, kelola, rekonsiliasi, dan transformasi)
·
Memahami
peran mediasi dan pihak ketiga dalam penyelesaian konflik dan menumbuhkan
perdamaian
·
Mengidentifikasi
gejala konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat dan memahami perbedaan
antara konflik dan kekerasan (kekerasan merupakan konflik yang tidak
terselesaikan secara damai)
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber belajar tentang sebab-sebab/latar belakang
terjadinya konflik dan kekerasan sosial serta mendiskusikannya untuk mencapai
penyelesaian tanpa kekerasan
·
Mengumpulkan
data primer/sekunder tentang konflik dan kekerasan dalam masyarakat dan
penyelesaian yang dilakukan warga masyarakat
·
Mengidentifikasi
dampak kekerasan (fisik, mental, sosial) dari konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat dengan menggunakan
contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari yang ada di masyarakat setempat
·
Menganalisis
konflik sosial dan cara memberikan respons untuk melakukan resolusi konflik
demi terciptanya kehidupan yang damai di masyarakat
·
Memetakan
konflik untuk dapat melakukan resolusi konflik dan menumbuhkembangkan
perdamaian di masyarakat.
·
Menganalisis
dan mendiskusikan penyelesaian konflik menggunakan metode-metode penyelesaian
konflik (mediasi, negosiasi, rekonsiliasi dan transformasi konflik) dalam
rangka mmembentuk kesadaran diri dan tanggung jawab publik untuk tercapainya
perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat
·
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang upaya penyelesaian konflik di masyarakat
·
Merumuskan
hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam penyelesaian
konflik dan kekerasan di masyarakat dengan menggunakan cara-cara damai tanpa
kekerasan
D.
Materi
Pembelajaran
·
Konflik,
kekerasan, dan perdamaian
·
Pemetaan
konflik (konteks, issu, pihak-pihak, dan dinamika)
·
Akar
masalah dan sebab-sebab terjadi konflik
·
Resolusi
konflik (pencegahan, kelola, rekonsiliasi, dan transformasi)
·
Peran
mediasi dan pihak ketiga dalam penyelesaian konflik dan menumbuhkan perdamaian
E.
Metode Pembelajaran
1) Pendekatan
: Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media Pembelajaran
Media :
Ø Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
Ø lembar penilaian
Ø Cetak: buku, modul, brosur,
leaflet, dan gambar.
Ø Manusia dalam lingkungan:
guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Alat/Bahan
:
Ø Penggaris, spidol, papan
tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD
audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan
film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film
dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD,
dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata,
model, dan spesimen.
Ø Komputer.
G.
Sumber Belajar
v Buku SosiologiSiswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016
v Pengalaman peserta didik dan
guru
H.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1 . Pertemuan
Pertama (4 x 45 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Berbagai fakta tentang Konflik, kekerasan, dan
perdamaian
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
( 150 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Berbagai fakta tentang
Konflik, kekerasan, dan perdamaianberlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik :
v Membuat resume
(CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Berbagai
fakta tentang Konflik, kekerasan, dan perdamaianyang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Berbagai
fakta tentang Konflik, kekerasan, dan perdamaianyang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Berbagai fakta tentang Konflik, kekerasan,
dan perdamaian.
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Berbagai fakta tentang Konflik, kekerasan,
dan perdamaian.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Berbagai
fakta tentang Konflik, kekerasan, dan perdamaiankepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
1.
Teknik Penilaian
(terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan
perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh
instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
Soedarmono
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan
aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru
kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai
kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka
guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini,
menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian
yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan
ide/gagasan.
|
50
|
250
|
62,50
|
C
|
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota
mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
50
|
||||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan
hasil diskusi kelompok.
|
50
|
||||
4
|
...
|
100
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik
untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru
telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan
juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya:
Nama
yang diamati : ...
Pengamat
: ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
450
|
90,00
|
SB
|
|
2
|
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
|
100
|
||||
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota
kelompok.
|
100
|
||||
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
||||
5
|
...
|
50
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal(Lihat
lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda(Lihat lampiran)
-
Tes Lisan/Observasi Terhadap
Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|||||||
2
|
Pelafalan
|
|||||||
3
|
Kelancaran
|
|||||||
4
|
Ekspresi
|
|||||||
5
|
Penampilan
|
|||||||
6
|
Gestur
|
-
Penugasan(Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik
menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik
memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas
rumah dengan baik
c. Peserta didik
mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan
penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada
instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan pertanyaan
|
||||
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
||||
3
|
Kesesuaian penggunaan tata bahasa
|
||||
4
|
Pelafalan
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) =
Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal
(100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi
diskusi
|
||||
2
|
Kemampuan menjawab
pertanyaan
|
||||
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
||||
4
|
Kemampuan menyelesaikan
masalah
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
-
Penilaian Proyek(Lihat
Lampiran)
-
Penilaian Produk(Lihat
Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik,
seperti catatan, PR, dll
0 Response to "RPP Sosiologi Kelas XI K13 Revisi 2017 "
Post a Comment