RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Pendidikan
Jasmani Olah Raga dan Kesehatan
Kelas /Semester : X/Ganjil
Tema : Permainan Bola
Besar
Subtema : Permainan bola
besar menggunakan permainan Bola Basket
Alokasi Waktu : 3 JP ( 1
Pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta
didik diharapkan dapat:
ª Memelihara kesehatan tubuh.
ª Menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan gaya
hidup aktif.
ª Saat bermain menunjukan permainan tidak
curang.
ª Dalam melakukan aktivitas fisik yang dilakukan
secara berkelompok, beregu, dan berpasangan
memperhatikan kondisi teman, baik
fisik atau psikis.
ª Mengikuti, peraturan, petunjuk atau arahan
yang telah diberikan guru.
ª Menganalisis dan mempraktikkan variasi
keterampilan gerak permainan bola besar melalui permainan
bolabasket dengan
baik.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.1
Menganalisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola besar
untuk menghasilkan
koordinasi gerak
yang baik
|
3.1.1
Menganalisis variasi keterampilan gerak
dalam permainan bolabasket
3.1.2
Menganalisis kombinasi keterampilan gerak
permainan bolabasket
3.1.3
Menganalisis bermain bolabasket menggunakan
setengah lapangan basket
3.1.4
Menemukan hubungan keterampilan gerak.
3.1.5
Menganalisis keterampilan gerak permainan
bola besar melalui permainan bola basket
|
4.1 Mempraktik-kan
hasil analisis keterampilan gerak salah satu per-mainan bola besar untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang baik
|
4.1.1 Menerapkan berbagai
keterampilan gerak permainan
bola besar melalui
permainan bolabasket dalam
bermain secara beregu dengan
menunjukkan sikap kerjasama, disiplin, dan sportifitas.
4.1.2 Mempraktikkan keterampilan analisis permainan bola besar melalui
permainan bola basket
|
C.
Materi Pembelajaran
1. Fakta:
ª Bolabasket masuk di
Indonesia setelah perang
dunia ke-II dibawa
oleh perantau- perantau Cina dan berkembang dengan cepat sehingga pada
PON ke I tahun 1948 di Surakarta, bolabasket telah dicantumkan dalam acara
resmi. Persatuan Basket-Ball
seluruh Indonesia (PERBASI) berdiri pada
tanggal 23 Oktober 1951, kemudian diubah menjadi persatuan bolabasket seluruh Indonesia dengan singkatan
tetap PERBASI.
2. Konsep
ª
Menggiring bola adalah salah
satu teknik mengontrol bola yang dilakukan dengan cara bola digiring dengan
dipantul-pantulkan ke
tanah menggunakan satu tangan dari satu tempat ke
tempat lain atau digriring mendekati daerah lawan agar bola tidak direbut lawan. Prinsip menggiring bola adalah bola selalu dekat dengan penggiring bola dan jauh dari lawan
3. Prinsip
ª
Menganalisis
keterampilan gerak Permainan bola besar melalui permainan bola basket
4. Prosedur
ª Menerapkan berbagai
keterampilan gerak permainan
bola besar melalui permainan bolabasket dalam bermain secara beregu dengan menunjukkan sikap
kerjasama, disiplin, dan sportifitas.
ª
Mempraktikkan keterampilan
analisis permainan bola besar melalui permainan bola basket
D.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific Learning
2.
Model
Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3.
Inclusive
(cakupan).
4.
Demonstrasi.
5.
Part and
whole (bagian dan keseluruhan).
6.
Resiprocal
(timbal-balik).
7.
Pendekatan
Pembelajaran Kontekstual.
8.
Pendekatan
Scientific.
E.
Media
Pembelajaran
1.
Media LCD
projector,
2.
Laptop,
3.
Bahan
Tayang
4.
Ruang
terbuka yang datar dan aman lapangan bolabasket
5.
Bola Basket
6.
Cone/corong
± 10 buah
7.
Stopwatch
8.
Gambar :
gerakkan permainan bola besar.
9.
Model : peragaan oleh guru atau peserta didik yang
sudah memiliki kemampuam permaianan sepakbola
F.
Sumber
Belajar
1.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas X
Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas X
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3.
Modul/bahan
ajar,
4.
internet,
5.
Sumber
lain yang relevan
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Pertemuan Ke-1 ( 3 x 45 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
ª
Permainan Bola besar Melalui Permainan Bolavoli
©
Variasi Keterampilan Gerak Dalam Permainan Bolavoli
©
Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bolavoli
v
Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
ª
Variasi Keterampilan Gerak Dalam Permainan
Bolabasket
ª
Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bolabasket
ª
Bermain bolabasket menggunakan setengah lapangan
basket
v
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
||||||||||||
Kegiatan
Inti
|
110
menit
|
||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
ª
Tugas kelompok ini dapat dikerjakan di rumah dan
dikumpulkan dalam bentuk portofolio!
© Deskripsikanlah 2 variasi keterampilan melemparkan bolabasket!
© Deskripsikanlah 2 variasi keterampilan menangkap bolabasket!
© Deskripsikanlah 2 varisai keterampilan memantulkan bolabasket!
© Deskripsikanlah 2 varisai keterimpilan
menembak ke ring basket!
© Deskripsikanlah 2 kombinasi gerak dalam permainan bolabasket
|
15
menit
|
F.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik
Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)
Tes
Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2)
Tes
Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
ª Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang
materi pokok
ª Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
ª Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan
pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
ª Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2.
Instrumen
Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
3.
PembelajaranRemedial
dan Pengayaan
a.
Remedial
v
Remedial
dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada
peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian :
remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai
Kompetensi Dasar
v
Guru
memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum
mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
ª Analisis hasil diagnosis kesulitan belajar,
ª Menemukan penyebab kesulitan,
b.
Pengayaan
v
Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai
Kompetensi Dasar.
v
Pengayaan
dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta
didik.
v
Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya
ª Memberikan kesempatan menjadi tutor sebaya,
mengembangkan latihan praktis
dari materi yang sedang dibahas, membuat hasil karya,
melakukan suatu proyek, membahas masalah, atau mengerjakan permainan yang harus
diselesaikan siswa
......................., ………………
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
………………………………… ………………………………….
NIP/NRK. - NIP/NRK
Penilaian
spiritual dan sosial (KI-1 dan 2)
Petunjuk Penilaian
Penilaian aspek
sosial dan spiritual dilakukan
dengan pengamatan selama
mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan,
setiap peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
Tiap perilaku yang dicek (√) dengan rentang skor antara 1 sampai dengan 4.
No.
|
Sikap spiritual dan Sosial
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Memelihara kesehatan tubuh.
|
||||
2.
|
Menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan gaya hidup aktif.
|
||||
3.
|
Saat bermain menunjukan permainan tidak curang.
|
||||
4.
|
Mengikuti, peraturan, petunjuk atau arahan yang
telah diberikan guru.
|
Kisi-Kisi TesTertulis /Uraian/Essai
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas /Semester : X/Ganjil
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
BentukSoal
|
JumlahSoal
|
1
|
3.2
Menganalisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola besar
untuk menghasilkan
koordinasi gerak
yang baik
|
Bolabasket:
·
Melempar bola
·
Menangkap bola
·
Menggiring bola
·
Menembak bola
·
Lay Up shoot
·
Pivot
·
Rebound
|
ª
Menganalisis Variasi Keterampilan Gerak Dalam
Permainan Bolabasket
ª
Menganalisis Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bolabasket
ª
Menganalisis Bermain bolabasket menggunakan setengah
lapangan basket
ª
Menemukan hubungan keterampilan gerak.
ª
Menganalisis keterampilan gerak Permainan bola besar
melalui permainan bola basket
|
Uraian
|
2
|
Contoh butir soal:
ª Deskripsikanlah 2 variasi
keterampilan melemparkan bolabasket!
ª Deskripsikanlah 2 variasi
keterampilan menangkap bolabasket!
ª Deskripsikanlah 2 varisai
keterampilan memantulkan bolabasket!
ª Deskripsikanlah 2 varisai
keterimpilan menembak ke ring basket!
ª Deskripsikanlah 2 kombinasi
gerak dalam permainan bolabasket
Pedoman Penskoran Soal Uraian
No. Soal
|
Rubrik
|
Skor
|
1
|
Siswa dapat menyebutkan jawaban dengan baik dan benar.
|
4
|
2
|
Siswa dapat menyebutkan jawaban dengan baik dan benar, tapi kurang lengkap.
|
3
|
3
|
Siswa dapat menyebutkan jawaban tapisalah sebagian besar.
|
1
|
SkorMaksimum
|
8
|
Rubrik Penilaian Portofolio
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas /Semester : X/Ganjil
Tugas:
ª Deskripsikanlah 2 variasi
keterampilan melemparkan bolabasket!
ª Deskripsikanlah 2 variasi
keterampilan menangkap bolabasket!
ª Deskripsikanlah 2 varisai
keterampilan memantulkan bolabasket!
ª Deskripsikanlah 2 varisai
keterimpilan menembak ke ring basket!
ª Deskripsikanlah 2
kombinasi gerak dalam permainan bolabasket
Rubrik penilaian portofolio
untuk membuat kliping sebagai media pengamatan
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Pemahaman terhadap artikel.
|
....
|
....
|
....
|
....
|
....
|
2.
|
Aktif bertanya seputar materi yang dibahas.
|
....
|
....
|
....
|
....
|
....
|
3.
|
Menggunakan sumber referensi yang relevan.
|
....
|
....
|
....
|
....
|
....
|
4.
|
Membuat laporan pengamatan sederhana.
|
....
|
....
|
....
|
....
|
....
|
5.
|
Mempublikasikan laporan pengamatan di depan kelas.
|
....
|
....
|
....
|
....
|
....
|
Pedoman penskoran :
ª Beri tanda cetang (√) pada kolom skor di atas.
ª Skor 5, jika peserta
didik melakukan kegiatan sangat tepat.
ª Skor 4, jika peserta
didik melakukan kegiatan tepat.
ª Skor 3, jika peserta
didik melakukan kegiatan agak tepat.
ª Skor 2, jika peserta
didik melakukan kegiatan kurang tepat.
ª Skor 1, jika peserta
didik melakukan kegiatan tidak tepat.
Rubrik penilaian portofolio untuk
mengumpulkan lembar kegiatan
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Mengumpulkan semua lembar
kegiatan dengan lengkap.
|
....
|
....
|
....
|
....
|
....
|
2.
|
Mengelompokkan lembar kegiatan berdasarkan jenisnya.
|
....
|
....
|
....
|
....
|
....
|
3.
|
Memasukkan
lembar kegiatan ke dalam map plastik dengan rapi.
|
....
|
....
|
....
|
....
|
....
|
4.
|
Memberikan
keterangan dengan lengkap.
|
....
|
....
|
....
|
....
|
....
|
5.
|
Mengumpulkan tugas kepada bapak/
ibu guru dengan tepat
waktu.
|
....
|
....
|
....
|
....
|
....
|
Pedoman
penskoran :
Beri tanda centang (√) pada kolom skor di atas.
ª Skor 5, jika peserta
didik melakukan kegiatan sangat tepat.
ª Skor 4, jika peserta
didik melakukan kegiatan tepat.
ª Skor 3, jika peserta
didik melakukan kegiatan agak tepat.
ª Skor 2, jika peserta
didik melakukan kegiatan kurang tepat.
ª Skor 1, jika peserta
didik melakukan kegiatan tidak tepat.
TES KINERJA
KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas /Semester : X/Ganjil
Tugas
ª Mempraktikkan
keterampilan variasi dan kombinasi teknik dasar bola basket
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
ª
Mengumpan bola
ª
Menggiring bola
ª
Menembak bola ke gawang
ª
Posisi
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 20
|
Keterangan:
ª Skor 4 : bila posisi
berdiri benar, perkenaan bola dengan kaki tepat, kaki tumpu tepat, dan jalannya
bola baik
ª Skor 3 : bila menguasai 3
komponen gerak
ª Skor 2 : bila menguasai 2
komponen gerak
ª Skor 1 : bila menguasai 1
komponen gerak
INSTRUMEN
REMEDIAL
Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas /Semester : X/Ganjil
Remidial dilakukan apabila setelah diadakan penilaian
pada kompetensi yang telah diajarkan pada peserta didik, nilai yang dicapai
lidak memenuhi KB (Ketulusan
Belajar) yang telah ditentukan, berikut contoh formatnya:
remidial terhadap tiga peserta didik.
No.
|
Nama Peserta Didik
|
KD
|
Aspek
|
Materi
|
Indikator
|
KB
|
Bentuk
Remedial
|
Nilai
|
|
Awal
|
Remedial
|
||||||||
1.
2.
3.
|
Format Pengayaan
Pengayaan dilakukan apabila setelah diadakan penilaian
pada kompetensi yang telah
diajarkan pada peserta
didik, nilai yang dicapai
melampaui KB (Ketulusan Belajar) yang telah ditentukan, berikut contoh
formatnya : pengayaan terhadap enam peserta didik.
No.
|
Nama Peserta Didik
|
KD
|
Aspek
|
Materi
|
Indikator
|
KB
|
Bentuk
Pengayaan
|
Nilai
|
|
Awal
|
Pengayaan
|
||||||||
1.
2.
3.
|
......................., …………2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
………………………………… ………………………………….
0 Response to "RPP Penjas SMA (Permainan Bola Besar) Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Post a Comment