PROGRAM
TAHUNAN
Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas /Semester :
X /Ganjil/Genap
Kompetensi Inti:
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan proaktif, sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
1.
|
3.1
Memahami melalui penerapan tentang ruang lingkup
Biologi (permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat organisasi
kehidupan), metode ilmiah dan prinsip
keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dan percobaan
4.1
Menyajikan
data dalam berbagai bentuk media informasi tentang permasalahan pada berbagai
obyek Biologi dan tingkat organisasi kehidupan sebagai hasil penerapan metode
ilmiah dengan memperhatikan aspek keselamatan kerja
|
12 JP
|
2.
|
3.2
Menganalisis
data hasil observasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen,
jenis dan ekosistem) di Indonesia
serta ancaman dan pelestariannya
4.2
Menyajikan
hasil observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan
ekosistem) di Indonesia dan usulan upaya pelestarian keanekaragaman hayati
Indonesia berdasarkan hasil analisis data ancaman kelestarian berbagai
keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas Indonesia dalam berbagai bentuk media
informasi
|
12 JP
|
3.
|
3.3
Memahami
prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom.
4.3
Menyajikan
kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup
|
12 JP
|
4.
|
3.4
Menganalisis
struktur dan replikasi, serta peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat
4.4
Melakukan
kampanye tentang bahaya virus dalam
kehidupan terutama bahaya AIDS berdasarkan tingkat virulensinya melalui
berbagai media informasi
|
12 JP
|
5.
|
3.5
Menganalisis
struktur dan cara hidup bakteri serta
perannya dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat
4.5
Menyajikan
data tentang ciri-ciri dan peran bakteri dalam kehidupan berdasarkan hasil
studi literatur dalam bentuk laporan tertulis
|
12 JP
|
6.
|
3.6
Menerapkan
prinsip klasifikasi untuk menggolongkan protista berdasarkan ciri-ciri umum
kelas dan perannya dalam kehidupan melalui pengamatan secara teliti dan
sistematis
4.6
Melakukan
investigasi tentang berbagai peran
protista dalam kehidupan dan menyajikan hasilnya secara lisan atau tulisan
|
12 JP
|
7.
|
3.7
Menerapkan
prinsip klasifikasi untuk menggolongkan jamur berdasarkan ciri-ciri, cara
reproduksi, dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan
4.7
Menyajikan
laporan hasil penelusuran informasi tentang keanekaragaman jamur dan
peranannya dalam keseimbangan lingkungan
|
16 JP
|
8.
|
3.8
Menerapkan
prinsip klasifikasi untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan
pengamatan dan metagenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya dalam
kelangsungan kehidupan di bumi
4.8
Menyajikan
data hasil pengamatan dan analisis fenetik dan filogenetik tumbuhan serta
peran tumbuhan dalam kelangsungan hidup di bumi
|
16 JP
|
9.
|
3.9
Menerapkan
prinsip klasifikasi untuk menggolongkan hewan ke dalam filum berdasarkan
bentuk tubuh, simetri tubuh, rongga tubuh dan reproduksi
4.9
Menyajikan
data tentang perbandingan kompleksitas
lapisan penyusun tubuh hewan
(diploblastik dan triploblastik), simetri tubuh, rongga tubuh dan reproduksinya
|
12 JP
|
10.
|
3.10
Menganalisis
informasi/data dari berbagai sumber tentang ekosistem dan semua interaksi
yang berlangsung di dalamnya
4.10
Melakukan
percobaan tentang gelombang bunyi dan/atau cahaya, berikut presentasi hasil
dan makna fisisnya misalnya sonometer, dan kisi difraksi
|
12 JP
|
11.
|
3.11
Menganalisis
data perubahan lingkungan dan penyebab,
serta dampak dari perubahan-perubahan tersebut bagi kehidupan
4.11
Mengajukan
gagasan pemecahan masalah perubahan lingkungan sesuai konteks permasalahan
lingkungan di daerahnya
|
16 JP
|
……………., ……………2017
Mengetahui :
Kepala SMAN Unggul Pijay Guru Mata Pelajaran
………………………………. ………………………………
NIP. NIP.
0 Response to "Program Semester Biologi Kelas X Kurikulum 2013 "
Post a Comment