Selamat Datang di Website PERANGKAT MENGAJAR | Kami Menerima Pesanan Pembuatan RPP K-13 Revisi 2017 (Lengkap dengan buku 1 dan buku 2) Hubungi No WA: 082168321603 | Terimakasih Kunjungannya.

Trimakasih telah berkunjung di perangkatmengajarza.blogspot.com Kami selalu menunggu kunjungan Anda berikutnya! Salaaaaaaam dari ZAINAL ABIDIN, S.Pd (Guru SMA Negeri Unggul Pidie Jaya) Untuk mendapatkan informasi terbaru silahkan bergabung dengan cara klik disini ----> FACEBOOK ZAINAL ABIDIN atau FACEBOOK INFO PENDIDIKAN

Kunci Jawaban Soal Aritmatika - Tes Intelegensia Umum (TIU) CPNS 2018



Jangan bingung dulu! Akan jelas bagi anda jika langsung ditulis
seperti ini:
aritmatika 0
 (ingat % artinya per seratus!)

Kemudian persamaan tersebut bisa juga disajikan dengan : 
aritmatika 1

Bagaimanakah metode paling efektif untuk menyelesaikan persamaan pecahan seperti ini? Perkalian silang?? Bukan!
aritmatika2


Yang lebih tepat adalah dengan 
menyederhanakan bentuk Menjadiaritmatika3...mengapa bukan disederhanakan menjadi aritmatika4?

Ya, karena 100 lebih bersahabat dengan 10!
Anda tentu paham maksudnya?! 😊
aritmatika5


Kini anda mempunyai persamaan
Dan tanpa panjang lebar, dalam hitungan detik anda akan mengetahui bahwa nilai Y=40. [a]
It’s simple, right? 😊
Terus asah kemampuan anda!
Semoga kesuksesan semakin dekat kepada anda... 😃

11.aritmatika6
Sekali lagi tidak perlu bingung, sebab ini adalah soal yang simpel. Jangan cemas dengan tanda  sebab dasarnya sangat sederhana. Masih ingat cara menyelesaikan pengurangan pecahan? Benar, disamakan penyebutnya. Atau jika anda tahu rumusaritmatika7 , maka anda aka memperoleh :aritmatika8[a]


12. Nilai yang paling dekat denganaritmatika9adalah Berapa bilangan kuadrat yang dekat dengan 61?

Yang lebih kecil adalah 49 dan yang lebih besar adalah 64.
Sehingga anda memperoleh aritmatika10
Berarti nilai  terletak antara dan 8.
Jawaban yang mungkin adalah b atau c.

Tapi tentu saja anda memilih jawaban [c] yaitu 7,8.
Mengapa? Benar, karena 61 lebih dekat ke 64!
Tampaknya anda sudah mulai cerdas sekarang... 😊


13. Jika x + y = 100 danaritmatika11 , maka nilai x – y =

Soal semacam ini bisa dikerjakan dengan menyelesaika persamanaritmatika12 ➤y=4x
🅾 Ingat ATURAN DASAR Aritmatika!

➥ Urutan operasi yang didahulukan adalah sbb:
o Tanda kurung
o Pangkat/ akar
o Kali/ bagi
o Tambah/ kurang 

➥ Dalam Penjumlahan atau pengurangan bilangan pecahan, dilakukan dengan menyamakan penyebutnya terlebih dahulu.
Contoh: ½ + ¼ = 2/4 + ¼ = ¾

➥ Pembagian pecahan pembilang dan penyebut nya di balik.
Contoh: ½ : 1/8= ½ x 8/1 = 4


TIPS dan TRIK :
➧ Dalam soal pilihan berganda, dan mencari hasil nya TIDAK HARUS menemukan jawaban yang PASTI. Karena jawabannya bisa Anda cari dengan nilai pendekatan. 
Jadi jangan mempersulit diri!

➧ Mencari nilai pendekatan juga bisa anda lakukan dengan melihat ekor bilangan (angka pada posisi paling akhir dari hasil perhitungan).

➧ Pahami atau hafalkan beberapa bentuk persen % berikut:

1/3
33,33%
2/3
66,67%
1/6
16,67%
5/6
83,33%
1/8
12,5%
3/8
37,5%
5/8
62,5%
7/8
87,5%
3/4
75%

Menguasai 9 bentuk persen tersebut, akan sangat membantu Anda menyelesaikan soal, bentuk persen tersebut sering kali keluar dalam soal-soal cpns.

➧ Jika soal berbentuk bilangan desimal/ persen, maka untuk memudahkan hilangkan koma dengan cara mengalikannya dengan 100 atau 1000, dst kemudian pada langkah akhir dibagi lagi dengan pengali tersebut.

Beberapa PERSAMAAN Yang Sering Digunakan: 
Persamaan dalam Soal Aritmatika CPNS
Jenis Persamaan 2

Jenis Persamaan 3

Jenis Persamaan 4

Jenis Persamaan 5

Perhatian!
Hafal beberapa rumus atau persamaan, namun jika anda tidak suka menghafal rumus, sebaiknya tidak usah dipaksakan, karena, hal ini akan sangat membantu anda dalam menyelesaikan soal-soal
Semakin sering anda mencoba dan berlatih soal, maka dengan sendirinya anda akan memahami konsep/ polanya. 

Akan lebih baik lagi jika anda mencoba-coba membuat soal sendiri, yaitu dengan cara mengganti variable dalam rumus dengan bilangan-bilangan. 

Sekarang mari kita lihat Kunci Jawaban Tes TIU Aritmatika :

Bagian I

1. 2,20 x 0,75 + 3/5 : 1/8 = ...

Pikir yang mudah, jangan yang sulit-sulit!
Ingat, anda tidak harus menyelesaikan dengan hasil yang teliti!
Cari nilai pendekatan, 2 x 0,75 = 1,5

Ingat bahwa pembagian dengan pecahan sama dengan perkalian dengan pembilang dan penyebut dibalik, sehingga menjadi
3/5 x 8/1 = 24/5 = 4, ...

Maka 1,5 + 4, ... = 5,5 lebih. Sehingga jawaban yang paling mendekati adalah 5,9. [e]


2. 7,5 : 2,5 – (2/4 x ¾) = ...

75 : 25 = 3.
½ x ¾ = 3/8.
3 – 3/8 adalah 3 kurang atau mendekati 3.

Jadi jawabannya adalah 2,625. [d]


3.  4/5 + 3/5 + 3/8 + 6/8 + 1 ½ = ...

4/5 + 3/5 = 7/5 = 1,4
3/8 + 6/8 = 9/8 = 1,125
Jadi 1,4 + 1,125 + 1,5 = 4,025 [a]


4. (¼ x 164) x ½ = ...

164:4 = 40 lebih (160:4=40)
40 lebih : 2 = 20 lebih
Maka jawaban yang benar adalah 20,50. [a]

Perhatian: Anda tentu saja dapat menemukan hasil dengan cara biasa yang sederhana, sbb:

Misalnya 164:4 = 41 kemudian 41:2 = 20,5.

Namun disini anda kami ajak berpikir yang simpel-simpel saja.

Sehingga nantinya kami harapkan anda tidak memiliki beban sama sekali dalam mengerjakan soal Aritmatika.

Ketika anda ditanya mana yang lebih mudah antara menghitung 160:4 dengan 164:4 ? Maka pastilah secara reflek otak anda akan lebih mudah untuk menghitung 160:4.

Jika telah terbiasa, maka otak anda akan membentuk pola pikir sederhanadalam menganalisa setiap soal yang diberikan.

Dan jika itu telah terbentuk, maka soal-soal Aritmatika hanya perlu anda selesaikan dalam hitungan detik!

Just thinking simple then everything will be simple! 😏

5. 2 ¼ x 7,5 – 7,5 : 1 ½ = ...

2 x 7,5 = 15, maka 2 ¼ x 7,5 = 15 lebih.
1 ½ = 3/2 maka 7,5 : 3/2 = 7,5 x 2/3 = 5
Sehingga 15 lebih – 5 = 10 lebih.

Maka jawaban yang paling mendekati adalah 11,875 [d]


6. 1 + 2 + 3 + 4 + 5 + .......... +29 =

Ada 2 cara sederhana, yakni :

Cara pertama:
Buatlah pasangan jumlahan yang mudah dihitung sbb :
(1+29)+(2+28)+(3+27)+...(14+16)
= 30 x 14
420.

Karena ini adalah jumlahan ganjil, maka ada bilangan tengah yang belum dapat pasangan yaitu 15.

Maka hasil akhir adalah 420 + 15 = 435
(Lain kali jika muncul soal jumlahan genap, maka semua bilangan mendapat pasangan jumlahan).

Cara kedua:
Ini termasuk kategori soal jumlahan bilangan asli.
Jumlah N pertama bilangan asli mempunyai rumus:
½N x (N+1).
Pada soal di atas N=29, maka
(29/2) x (29+1)
= 29/2 x 30
= 29 x 15
435
Dan seperti biasa, anda tidak perlu menghitung 15 x 29.

Mengapa? Jelas bikin pusing! Apalagi anda agak malas menghitung yang rumit-rumit?! 😊

Benar! Pikirkan saja 15 x 30 = 450. Maka jawaban yang paling
mendekati tentu saja adalah 435. [a]

Dengan cara kedua ini, anda bisa menghitung untuk N berapapun. Misalnya suatu saat anda diminta menghitung berapakah:
1 + 2 + 3 + ... + 1000 ?
Di sini nilai N=1000, maka dengan rumus tersebut :
500 x 1001 = 500.500
Mudah bukan? 😊


7. 1² + 2² + 3² + 4² + 5² + .......... + 9² =

Soal seperti ini paling simpel dikerjakan dengan cara hitungan biasa.
1² + 2² + .......... + 9²
= 1 + 4 + 9 + 16 + 25 +36 + 49 +64+ 81
= (1+49)+(4+36)+(9+81)+(16+64)+25          (*)
= 50+40+90+80+25
285  [b]

Meskipun sebenarnya ada rumus untuk menghitung jumlahan bilangan kuadrat, namun tidak kami berikan di sini. Sebab jika anda terlalu banyak menghafal rumus, efeknya akan kurang bagus. 

Apalagi rumusnya sedikit rumit, tentu anda akan terbebani. Berdasarkan pengalaman, soal-soal yang selama ini keluar tidak harus dikerjakan dengan rumus. Dan memang seperti itulah PSIKOTES, tes yang apa adanya... 😀

(*) Langkah pengerjaan dengan pengelompokan seperti ini akan lebih memudahkan penghitungan. 

Caranya adalah dengan mencari kelompok bilangan yang jika dijumlahkan akan menjadi bentuk puluhan. Kemudian bilangan yang telah anda kelompokkan dicoret agar anda tidak bingung.

Misalnya untuk langkah di atas bila ditulis:
+ 4 9 + 16 + 25 +36 + 49 +64+ 81
= (1+49)+(4+36)+(9+...dst


8. Jika a=5 dan b=2, maka nilai dari a³ – 3a²b + 3ab² – b³ =

Bagi mereka yang belum mengenal rumus (a - b)³, maka soal tersebut bisa diselesaikan dengan cara memasukkan langsung masing-masing nilai a dan b. Sehingga diperoleh:
5³ – 3x5³x2 + 3x5x2² – 2³
= 125 – 150 + 60 – 8
= 185 – 158
27

Bagi anda yang sudah tahu bahwa persamaan tersebut ternyata sama dengan (a - b) ³, maka dengan mudah anda dapat menghitung
(5-2) ³ = 3³ = 27 [c]

Perhatikan berapa waktu yang dapat anda hemat jika anda pernah mengerjakan dengan menggunakan rumus tersebut!
Untuk hasil yang lebih baik, silahkan terapkan pada soal-soal yang berbeda. Bisa juga anda coba untuk (a + b)³.


9. (882 + 115)² =

Kami rasa sampai di sini anda mulai terbiasa dengan penyelesaian soal yang simpel dan efektif. Pada soal tersebut sama saja ditanyakan nilai dari 997²

Angka berapa yang terlintas di pikiran anda ketika melihat angka 997?

1000. Benar! Karena 1000 adalah bilangan terdekat dan termudah untuk dihitung. Tentu saja anda bisa langsung mengatakan bahwa hasilnya kurang dari 1000², yaitu 1 juta kurang sedikit. Kemudian dengan melihat ekor bilangandari 997 yaitu 7, anda dapat mengatakan bahwa jawabnnya pasti berakhir dengan angka 9.

Mengapa?? Ya, karena jika 7 dikuadratkan, maka hasilnya adalah 49.
Sehingga anda cari jawaban yang dekat dengan 1 juta dan berakhir dengan angka 9.

Maka jawabannya adalah 994.009 😀 [c]

Jika kurang sreg, anda dapat menggunakan cara alternatif sbb:
Yang harus anda lakukan adalah membuat bentuk yang nilainya sama dengan 997² dengan menyertakan angka 1000.
Yaitu 997² = (1000 – 3) ²

Sehingga dengan rumus (a - b) ² = a² - 2ab + b² anda dapat menghitung hasilnya adalah:
1000.000 – 6.000 + 9 = 994.009 😀

Supaya anda lebih mahir dan lincah, silahkan terapkan pada soal-soal yang lain. Bisa juga anda coba untuk (a + b) ².


10. Jika Y% dari 80 adalah 32, maka nilai Y=.....
Karena x + y = 100, maka x + 4x = 100 -> 5x=100 -> x=20
Karena y=4x, maka diperoleh y=80

Sehingga y – x = 60 [c]

Namun cobalah anda kerjakan dengan sudut pandang yang lain! Anda tinggal bertanya pada diri sendiri sebuah teka-teki sederhana:

Ada 2 bilangan :
jika dijumlahkan hasilnya 100 dan
jika dibagikan maka hasilnya adalah ¼.
Berapakah selisih kedua bilangan tersebut?

Maka cukup dengan coba-coba, 90% kami yakin anda akan dengan CEPAT menemukan bahwa kedua bilangan tersebut adalah 20 dan 80! Dan jika anda mencari selisihnya, maka hasilnya adalah 60.

Bagaimana ini bisa terjadi?
Selain karena ini adalah soal yang MUDAH, adalah juga karena anda telah dianugerahi oleh Sang Pencipta sebuah INTUISI.

Maka manfaatkanlah itu!

Sebab…

TIDAK SEMUA SOAL MATEMATIKA HARUS DIKERJAKAN DENGAN RUMUS !


14. 12 adalah 150 % dari ...

Ini adalah kategori SOAL MUDAH, jadi kami harap anda mengerjakannya kurang dari ½ menit!
Karena 150% berarti 1 ½ kali, maka soal dapat dibaca sebagai:
12 adalah 1 ½ kali dari ...

Jawaban = 8 [b]

Untuk mengecek, silahkan gunakan LOGIKA anda!
1 ½ dari 8 adalah 12.

15. aritmatika13=
Sudah tradisi, soal terakhir memang biasanya agak rumit.
Namun yakinlah bahwa ini tak sesulit yang anda bayangkan! 😉

Tidak ada trik khusus untuk mengerjakan soal tipe ini. Metode yang digunakan adalah mengalikan dengan akar sekawan.

Akar sekawan adalah bentuk yang mirip dengan penyebut tetapi berlawanan tanda.

Perhatikan baik-baik:
aritmatika14
 persamaan tidak berubah karena:aritmatika15
aritmatika16
 
[untuk pembilang, ingat rumus (a - b)² = a² - 2ab + b² dan untuk penyebut lihat rumus a² – b² = (a + b) (a – b) ]
aritmatika16

Bagian II

1. (175 x 12) : (21,4 – 7/5) = ...

Cara pendekatan:
175 x 12
= (175 x 4) x 3
= 700 x 3
2.100
7,5 = 1,... maka 21,4 – 7/5 = kira-kira 20
2.100 dibagi sekitar 20 = 100 lebih sedikit
(perhatikan sedikit trik memecah 12 menjadi 4x3 untuk memudahkan perkalian secara bertahap).

Cara penghitungan:
Simak baik-baik:
7/5=1,4 maka 21,4 – 7/5 = 20

aritmatika17


(perhatikan sedikit trik memecah 20 menjadi 5x4 untuk memudahkan pembagian, yaitu 175:5=35 dan 12:4=3).

2. 85% - 25% + 1,25 + 3 ¼ = ...
Langsung saja:
= 60% +1,25 + 3,25 (hilangkan koma/ kalikan 100)
= 60 + 125 + 325
= 510 (bagi kembali dengan 100)
5,1 [e]



Ingat kembali aturan dasar pembagian dan pengurangan pecahan:

Jadi jawaban yang mendekati adalah 4,15 [d]
aritmatika19
Jangan ragu-ragu, bangun rasa percaya diri anda!

4. 37% - 18% x 0,22
= 37% – (18 x 22)/10000
= 37% - 0,0396
= 3700 – 396
= 3304
0,3304  [a]
(hati-hati untuk tidak melakukan pengurangan terlebih dahulu!)

5. 56 – 12 x 32% = ...
32% mendekati 33%, padahal 33% nilainya adalah sekitar 1/3.
Maka 12 x 32% adalah sekitar 4.
56 dikurangi sekitar 4 maka hasilnya sekitar 52.
Jadi jawaban yang mendekati = 52,16  [e]

6. 24,054 : 0,06 = ...
Dengan trik sederhana manghilangkan koma, maka menjadi
2405,4 : 6 = sekitar 400
Jadi jawaban yang paling mendekati adalah 400,9 [b]
Anda harus cepat, karena waktu menentukan score anda!

7.  aritmatika19
aritmatika20








Kita cari dengan pendekatan sbb:
Dari 24 x 23 x 22 x 21 cukup ambil ekornya saja sehingga:
= 4 x 3 x 2 x 1 = 24

4 – 1 = 3, maka pasti jawabannya berakhir dengan angka 3.
Kemudian kita buat perkiraan hasil akhir :
25 x 20 x 20 x 20 = 200.000

sehingga jawaban yang berakhir dengan 3 dan paling
mendekati 200.000 adalah 255003  [d]

Yakinlah anda bisa!

8. 304,09 : 64,7 = ...
Pendekatan nilai
300 dibagi 60 maka sekitar 5
Pendekatan ekor
304,09 berakhir dengan angka sedangkan 64,7 berakhir
dengan angka 7, maka kemungkinannya jawaban berakhir
dengan angka 7.
Mengapa?
Karena 7 x 7 = 49
Jadi jawabannya dekat dengan 5 dan berekor 7, maka yang
paling mendekati adalah 4,7 [b]
Apakah anda semakin percaya diri?

9. (0,0639)² = ...
Ambil pendekatan 650, jangan mengambil 600 karena selisihnya terlalu jauh!
Karena 650 kuadrat* sama dengan 422.500, maka jawaban harusnya dekat dengan 0,00422500 (8 angka di belakang koma).

0,0639 berekor 9 maka jawaban pasti berekor 1, karena =81
Sehingga jawaban yang paling mendekati adalah
0,00408321 [e]

*Tambahan:
Bilangan yang berakhir dengan angka 5 bila dikuaratkan maka caranya cukup mudah. Perhatikan dulu beberapa contoh
berikut:
15² 225 (2 diperoleh dari 1 x 2)
25² 625 (6 diperoleh dari 2 x 3)
35² 1225 (12 diperoleh dari 3 x 4)
Apakah anda sudah paham pola nya?
Bila sudah paham, maka menghitung 65² bukanlah masalah.
Angka depan diperoleh dari 6 x 7 = 42 dan ekornya pasti 25.
Jadi hasilnya adalah 4225, understood? 

10.aritmatika21
Karena soal ini hampir sama dengan soal no.11 bagian I, maka anda seharusnya dapat menjawab dengan benar! 

aritmatika22
  


11.  aritmatika23
Selesaikan dalam 10 detik! 😉
23² hasilnya pasti berekor 9 karena  = 9
Ambil ekor dari 696 yaitu 6 maka jika ekornya kita jumlah, akan diperoleh :

6 + 9 = 15.

Perhatikan bahwa angka terakhir bilangan yang diakar adalah 5.
Karena 5² 25 maka pasti hasil akar juga berekor 5.

Ada 3 kemungkinan jawaban yaitu b, c, atau e.

Jawaban d TIDAK MUNGKIN karena 25² = 625, padahal bilangan yang diakar >696

Dan karena 6,25 25, dengan demikian jawaban e juga TIDAK MUNGKIN.

Maka jawaban yang benar adalah 35.   [b]
Perhatikan ANALISA-nya, pahami lalu praktekkan dengan waktu secepat mungkin!


aritmatika24


aritmatika26

aritmatika27

15.  
aritmatika28


Mereka mereka yang TIDAK BERPENGALAMAN latihan soal akan mengerjakan soal semacam ini dengan cara memasukkan langsung nilai y=5 kearitmatika29
, sehingga diperoleh:

aritmatika30

Namun kami sangat berharap anda tidak mengerjakan dengan cara ini. Kenapa?? Boros waktu!

Karena anda bisa langsung menebak bahwa hasil operasi bilangan dalam tanda akar adalah 1, sehinggaaritmatika31
Bagaimana bisa???

Dengan sekali pandang, seharusnya anda tahu bahwa 16=4², sehingga mengikuti bentuk

a² - 2ab + b² = (a - b)² dimana a=4 dan b=y=5




mungkin ada diantara anda yang berkomentar: “itu sih sama sulitnya/ lebih boros waktu !”
itu berarti anda belum terbiasa, maka cobalah intuisi anda dengan soal-soal yang lain! Karena jika anda telah memahami dengan baik, sebenarnya pola pikir soal seperti ini sangat sederhana, tanpa penghitungan yang rumit.
Pola pikir yang digunakan sbb:

aritmatika34 😀

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kunci Jawaban Soal Aritmatika - Tes Intelegensia Umum (TIU) CPNS 2018"

Post a Comment