Selamat Datang di Website PERANGKAT MENGAJAR | Kami Menerima Pesanan Pembuatan RPP K-13 Revisi 2017 (Lengkap dengan buku 1 dan buku 2) Hubungi No WA: 082168321603 | Terimakasih Kunjungannya.

Trimakasih telah berkunjung di perangkatmengajarza.blogspot.com Kami selalu menunggu kunjungan Anda berikutnya! Salaaaaaaam dari ZAINAL ABIDIN, S.Pd (Guru SMA Negeri Unggul Pidie Jaya) Untuk mendapatkan informasi terbaru silahkan bergabung dengan cara klik disini ----> FACEBOOK ZAINAL ABIDIN atau FACEBOOK INFO PENDIDIKAN

Cara Ikut Simulasi CAT CPNS 2018 Resmi dari BKN dan Gratis Setiap Hari

Untuk mendukung obyektifitas, transparansi, dan akuntabilitas dalam rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), mulai tahun 2004 Direktorat Rekrutmen dan Kinerja Pegawai BKN sudah melakukan pengkajian dan penelitian tentang rekrutmen berbasis kompetensi.

Sebagai wujud komitmen Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam rekrutmen yang obyektif, akuntabel dan trasnparan, maka pada tahun 2009 untuk pertama kalinya BKN menggunakan sistem CAT untuk seleksi CPNS dengan metode rangking.

Pada tahun 2010, BKN kemudian mengambil kebijakan tidak lagi menggunakan sistem rangking (peringkat), melainkan menggunakan acuan system passing grade atau ambang batas nilai sebagai kriteria kelulusan CPNS.

Simulasi-CAT-CPNS-Resmi-BKN

Apa itu CAT ?

CAT (Computer Assisted Test) adalah suatu metode ujian dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar maupun standar kompetensi kepegawain.

Tujuan CAT
  • Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian.
  • Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional.
  • Menetapkan standar nilai.
  • Meningkatkan transparansi, obyektifitas, akuntabilitas, dan efisiensi.
Dengan menngunakan sistem CAT dalam seleksi CPNS, bisa dikatakan bahwa praktek percaloan atau sogok menyogok dalam penerimaan CPNS sudah bisa dihilangkan. 

Sehingga diharapkan CPNS yang dinyatakan lulus seleksi sistem CAT ini benar-benar akan menjadi aparatur sipil negara yang profesional.

Simulasi Resmi CAT dari BKN

Dalam rangka penerimaan CPNS tahun 2018 ini, BKN telah menyiapkan portal simulasi tes CAT melalui situs resmi BKN.

Namun simulasi melalui https://cat.bkn.go.id tersebut dibatasi sebanyak 1.500 (seribu lima ratus orang) setiap hari. Jadi, Anda harus cepat-cepatan untuk bisa mengikuti simulasi hari ini.
Jika tertinggal, maka Anda harus menunggu hingga besoknya lagi.

Untuk mengikuti simulasi CAT resmi dari BKN ini, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Adapun yang diperlukan untuk pendaftaran antara lain:

  • Email aktif (akan digunakan untuk menerima email dari BKN untuk aktifasi)
  • Data diri (Nama dan Tempat Tanggal Lahir)
Agar lebih mudahnya, berikut langkah-langkah pendaftaran simulasi CAT BKN yang sudah saya ringkas sedetail mungkin.
Catatan: Agar lebih mudah, sebaiknya menggunakan komputer atau laptop. Jangan (Hp)/ layar terlalu kecil.


1. Silakan akses terlebih dahulu http://cat.bkn.go.id/simulasi/index.php . Akan tampil layar seperti gambar berikut. Klik tombol "Daftar Gratis".


2. Akan muncul form pengisian biodata. Silakan diisi dengan data pribadi Anda.
Ingat, alamat email yang dimasukan haruf aktif karena akan digunakan untuk aktifasi akun.



3. Setelah selesai diisi, silakan klik kotak kecil disebelah kata "I'm not a robot" hingga muncul centang warna hijau seperti gambar dibawah.


4. Klik tombol "Simpan". Jika berhasil akan muncul pemberitahuan berikut:


Klik "OK"

dan akan muncul halaman berikut dan klik tombol "AKTIFASI AKUN":


Kemudian, Anda akan diminta memasukan 10 digit angka (kode aktifasi).

-
Untuk mendapat kode aktifasi tersebut, silakan periksa email Anda. Disana akan ada email masuk dari Simulasi CAT BKN. Silakan dibuka, dan Anda akan melihat sepuluh digit angka kode aktifasi untuk mengaktifkan akun Anda.




6. Setelah itu, silakan copy-paste 10 angka kode aktifasi tersebut kedalam halaman aktifasi tadi. Klik "OK", jika berhasil akan muncul layar seperti berikut:

Untuk memulai simulasi CAT CPNS 2018, silakan klik tombol "Mulai Simulasi" seperti terlihat pada gambar diatas.

Tampilan layar dalam simulasi ini akan benar-benar mirip dengan tampilan saat tes CAT yang sebenarnya nanti. Akan ditampilkan 100 soal yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) Sebanyak 35 soal, Tes Intelegensi Umum (TIU) sebanyak 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebanyak 35 soal, yang harus diselesaikan dalam 120 menit.

Dilengkapi juga pengingat waktu, sehingga Anda bisa mengatur strategi menjawab seluruh soal.

Diakhir simulasi ujian, Anda akan dibertahu apakah Anda lulus atau melewati passing grade atau gagal.

Perlu kami ingatkan kembali, bahwa simulasi ini dibuka setiap hari. Namun hanya ada kuota sebanyak 1.500 setiap harinya. Jadi Anda harus bergerak cepat jika tidak ingin menunggu hingga besok.

Jika Kuota hari ini sudah penuh, Anda bisa mengikuti latihan 100 soal CAT CPNS 2018 yang kami sediakan melalui link berikut ini.

100 Soal CPNS 2018 Lengkap dengan Jawaban Beserta Penjelasan.


Semoga bermanfaat. Amiiiin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Ikut Simulasi CAT CPNS 2018 Resmi dari BKN dan Gratis Setiap Hari"

Post a Comment