100 Contoh Soal Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Pembahasanannya CPNS 2018:
I. Tes Wawasan Kebangsaan:
Untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia.
A. Contoh Soal Pancasila
1. Dalam kehidupan bernegara, Pancasila berperan sebagai...
a. Dasar negara
b. Dasar kenegaraan
c. Dasar beragama
d. Dasar ketatanegaraan
A. Dasar Negara
2. Rumusan Pancasila yang resmi terdapat dalam..
a. Pidato Bung Karno
b. Prolamasi 17 Agustus 1945
c. Pembukaan UUD 1945
d. Piagam Jakarta
C. Pembukaan UUD 1945
3. Dalam sumber tata hukum di Indonesia, Pancasila dijadikan sebagai
a. Sumber dari segala sumber hukum
b. Hukum tertinggi di Indonesia
c. Hukum tertulis tertinggi di Indonesia
d. Setingkat dengan UUD 1945
A. Sumber dari segala sumber hukum
4. Pancasila bagi bangsa Indonesia merupakan:
a. Pandangan hidup
b. Falsafah dan dasar negara
c. Sumber hukum
d. Semua benar
A. Pandangan Hidup
5. Hubungan sosial yang selaras, serasi, seimbang antara individu dan masyarakat dijiwai oleh nilai-nilai Pancasila, yaitu..
a. Sila kedua
b. Sila ketiga
c. Sila keempat
d. Sila kelima
A. Sila Kedua
6. Berdasarkan pengalaman sejarah, Pancasila sebagai dasar negara ternyata tetap tegak walaupun mengalami berbagai cobaan.
Adapun kekuatannya terletak pada:
a. Posisi negara yang terdiri dari pulau-pulau yang terpisah oleh laut
b. Keyakinan bangsa Indonesia akan kebenaran Pancasila
c. Pegawai Negeri Sipil yang menjaganya
d. Kekuatan TNI
A. Dasar Negara
7. Pancasila yang benar dan perlu dihayati serta diamalkan adalah Pancasila yang rumusannya tercantum dalam:
a. Pembukaan UUD 1945
b. Konstitusi RIS
c. TAP MPR RI No. ll/ MPR/ 1978
d. Buku Sutasoma
B. Keyakinan Bangsa Indonesia akan kebenaran Pancasila
8. Pangkal tolak penghayatan dan pengamalan Pancasila adalah
a. Keamanan dan kemampuan mengadakan tuntutan dan kebutuhan masyarakat moden
b. Kemauan dan kemampuan mengembangkan pertengkaran antar umat beragama
c. Kemauan dan kemampuan manusia Indonesia dalam mengendalikan diri
d. Kemauan dan kemampuan manusia Indonesia mengembangkan kebudayaan asing
C. Kemauan dan kemampuan manusia Indonesia dalam mengendalikan diri
9. Beribadah dan menganut suatu agama atau kepecayaan adalah merupakan asasi.
a. Pribadi
b. Perlakuan dan perlindungn
c. Politik
d. Sosial budaya
A. Pribadi
10. Secara formal Pancasila disahkan sebagai dasar negara Republik Indonesia pada tanggal:
a. 1 Juni 1945
b. 17 Agustus 1945
c. 18 Agustus 1945
d. 20 Agustus 1945
D. 18 Agustus 1945
B. Contoh Soal UUD 1945
11. Berapa kali U U D 1945 di-amandemen...
A. 1 kali
B. 2 kali
C. 3 kali
D. 4 kali
D. 4 kali
12. Pasal berapa saja UUD 1945 pertama kali di-amandemen...
A. Pasal 5, 7, 9, 13, 14, 15, 17, 20 dan 21.
B. Pasal 5, 7, 9, 13, 14, 15, 17, 20 dan 22.
C. Pasal 5, 7, 9, 13, 14, 15, 17, 20 dan 23.
D. Pasal 5, 7, 9, 13, 14, 15, 17, 20 dan 24.
A. Pasal 5, 7, 9, 13, 14, 15, 17, 20 dan 21.
13. Kapan amandemen keempat dilakukan ...
A. 11 Agustus 2002
B. 11 Agustus 2003
C. 11 Agustus 2004
D. Semua jawaban salah
A. 11 Agustus 2002
14. Pasal berapa UUD 1945 keempat kali di-amandemen ...A. Pasal 2, 6, 8, 11, 16, 23, 24, 29, 31, 32, 33, 34, dan 35.
B. Pasal 2, 6, 8, 11, 16, 23, 24, 29, 31, 32, 33, 34, dan 36.
C. Pasal 2, 6, 8, 11, 16, 23, 24, 29, 31, 32, 33, 34, dan 37.
D. Semua jawaban salah
C. Pasal 2, 6, 8, 11, 16, 23, 24, 29, 31, 32, 33, 34, dan 37.
15. Di bagian mana dalam UUD 1945, disebutkan tata cara pembentukan Mahkamah Konstitusi ...
A. Aturan Peralihan Pasal I
B. Aturan Peralihan Pasal II
C. Aturan Peralihan Pasal III
D. Aturan Peralihan Pasal IV
C. Aturan Peralihan Pasal III
16. Apa dasar hukum pembentukan Mahkamah Konstitusi...A. UU Nomor 21 tahun 2003
B. UU Nomor 22 tahun 2003
C. UU Nomor 23 tahun 2003
D. UU Nomor 24 tahun 2003
D. UU Nomor 24 tahun 2003
17. Di bawah ini merupakan kewenangan dari Mahkamah Konstitusi, kecuali ...
A. Menguji undang-undang terhadap Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
B. Memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh UUD 1945;
C. Memutus pembubaran partai politik; dan memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum.
D. Memutus sengketa peradilan pidana dan perdata
D. Memutus sengketa peradilan pidana dan perdata
18. Yang dimaksud dengan alat bukti dalam UU no. 24 tahun 2003 adalah ...
A. Surat atau tulisan
B. Keterangan saksi
C. Keterangan ahli
D. Semua jawaban benar
D. Semua jawaban benar
19. Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Hal ini tercantum dalam UUD 1945 pasal...
A. 31 ayat 1
B. 31 ayat 2
C. 31 ayat 3
D. 31 ayat 4
A. 31 ayat 1
20. Berkenaan dengan perubahan isi dari UUD 1945, sebenarnya telah diatur oleh TAP MPR No. IV/MPR/1983 tentang ...
A. lnterpelasi
B. Budget
C. Mosi tidak percaya
D. Referendum
D. Referendum
C. Contoh Soal NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)
Kemampuan Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar
21. Kata depan yang ditulis secara benar terdapat pada ....
a. bersembunyi dibalik pintu
b. menjilat keatas
c. datang kemari
d. pergi keluar negeri
C. datang kemari
22. Tanda hubung yang digunakan secara benar terdapat pada...
a. Adat sopan-santun
b. Muka merah-padam
c. Kaum muda-belia
d. Rumah porak-poranda
C. Kaum muda-belia
23. Tanda koma yang digunakan secara tepat terdapat pada...
a. Terdakwa menurut hakiM, terbuk1i bersalah.
b. Perusahaan itu bangkrut, karena ulah direk1ur utamanya.
c. Dia belum berhasil, meskipun sudah bekerja keras.
d. Jika tidak segera diberantas, peredaran narkoba akan semakin merajalela.
D. Jika tidak segera diberantas, peredaran narkoba akan semakin merajalela.
24. Huruf kapital yang digunakan secara benar terdapat pada...
a. Rancangan Undang-undang itu sedang dibahas.
b. Beberapa Sekolah Dasar di daerah terpencil kekurangan guru.
c. Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai Bahasa Negara dalam Undang-Undang Dasar kita.
d. Jika tidak segera diberantas, peredaran narkoba akan semakin merajalela.
A. Rancangan Undang-undang itu sedang dibahas.
25. Kata yang tidak cocok digunakan dalam komunikasi tulis resmi terdapat pada ....
a. Mengubah haluan
b. Mengukuhkan jabatan
c. Memantapkan jati diri
d. Menjajaki pendapat umum
D. Menjajaki pendapat umum
26. Kata sarapan yang cocok digunakan dalam komunikasi tulis resmi terdapat pada...
a. Azas partal
b. Sikap emosionil
c. Aktifitas anak
d. Segi kognitif
C. Aktifitas anak
27. Sudah saatnya ... peralatan militer kita segera dilakukan.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
a. Perlengkapan
b. Kelengkapan
c. Pelengkapan
d. Pemerlengkap
A. Perlengkapan
Bidang Tata Negara
28. Pengakuan de jure dari suatu negara terhadap negara yang lain ditandai oleh ...
a. Bantuan diplomasi
b. Kerja sama militer
c. Hubungan diplomatik
d. Kunjungan kepala negara
B. Kerja sama militer
29. Dilihat dari segi tujuannya, negara kepolisian bertujuan ...
a. Meningkatkan kesejahteraan
b. Mewujudkan ketertiban
c. Memelihara kekuasaan
d. Menjamin keamanan
B. Mewujudkan ketertiban
30. Ciri khas negara kesatuan adalah ...a. Kepala negaranya adalah seorang presiden
b. Kekuasaan asli ada pada pemerintah pusat
c. Warga negara mudah berpindah domisili
d. Adanya konstitusi yang tertulis
B. Kekuasaan asli ada pada pemerintah pusat
31. Apabila didasarkan pada ajaran Trias Politika, yang dikenal dengan teori pemisahan kekuasaan negara, maka penetapan APBN menurut UUD 1945 merupakan campur tangan ...
a. Presiden dalam kekuasaan Dewan Perwakilan Rakyat
b. Dewan Perwakilan Rakyat dalam kekuasaan presiden
c. Presiden dalam kekuasaan Mahkamah Agung
d. Mahkamah Agung dalamkekuasaan Presiden
A. Presiden dalam kekuasaan Dewan Perwakilan Rakyat
32. Jika dibandingkan dengan kabinet parlementer kelebihan kabinet presidentil adalah dalam hal ...
a. Pembentukan kabinet sangat demokratis
b. Jalannya pemerintahan lebih setabil
c. Para menteri bertanggung jawab secara kolektif
d. Para meneri dapat diganti sewaktu-waktu
B. Jalannya pemerintahan lebih setabil
Bidang Sejarah33. Untuk mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia pada tanggal 23 Agustus 1945 Presiden Soekarno mengumumkan berdirinya tiga abadan baru, yaitu ...
a. KNPI
b. KNIP
c. KNI
d. KPIR
B. KNIP
34. Setelah Indonesia merdeka dan memperoleh pengakuan internasional, ternyata masalah-masalah yang dihadapi belum berakhir, terutama masalah konstitusi. Pada tahun 1950, setelah terbentuk negara kesatuan, UUD Sementara yag digunakan pada hakikatnya merupakan UUD ...
a. Hindia Belanda dengan beberapa perubahan
b. Negara Indonesia Timur dengan belberapa perubahan
c. 1945 yang disempurnakan
d. RIS dengan beberapa perubahan
A. Hindia Belanda dengan beberapa perubahan
35. lndonesia menjadi anggota negara-negara nonblok karena ingin netral dalam percaturan dua negara adikuasa, Amerika Serikat dan Rusia. Kedua negara itu setelah Perang Dunia II terlibat dalam ....
a. Perang ideologi
b. Perlombaan persenjataan
c. Persaingan ekonomi global
d. Ofensif politik
B. Perlombaan persenjataan
Bidang Kebijakan Pemerintah
36. Menurut Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan melalui jalur dan jenjang yang tersedia. Yang dimaksud jalur pendidikan adalah jalur pendidikan ....
a. Sekolah dan luar sekolah
b. Formal dan informal
c. Umum dan kejuruan
d. Dasar, menengah, dan tinggi
B. Formal dan informal
37. GBHN 1999-2004 telah mengamanatkan terselenggaranya pemilu secara lebih demokratis pada tahun 2004 yang dilaksanakan oleh sebuah badan penyelenggara pemilu yang independen dan nonpartisan, yaitu ....
a. Komisi pemiihan umum
b. Lembaga pemilihan umum
c. Sadan pemilihan umum
d. Biro pemilihan umum
A. Komisi Pemilihan Umum
38. Sasaran perbaikan struktur politik yang demokratis pada intinya ialah adanya keseimbangan, adanya peningkatan kinerja lembaga-lembaga negara, serta adanya ...
a. Pemisahan kekuasaan secara tegas
b. Pengawasan yang ketat
c. Kebebasan pers
d. Kemauan pimpinan nasional
A. Pemisahan kekuasaan secara tegas
39. Untuk menanggulangi banyaknya tenaga kerja yang menganggur dan setengah menganggur, salah satu jalan keluarnya ialah dengan ....
a. Memperbaiki sektor industri
b. Memperluas kesempatan kerja
c. Memperluas pendidikan
d. Memanfaatkan sumber daya alam
B. Memperluas kesempatan kerja
40. Pendidikan dasar berbeda degan sekolah dasar karena pendidikan dasar mencakup ...
a. TK dan SD
b. SD dan SMP
c. SD, SLTP, Ml dan MTS
d. SD, SMP, dan SMU
D. SD, SMP, dan SMU
Bidang GBHN
41. Berdasarkan Ketetapan MPR No. IV/ MPR/ 1999, Garis-garis Besar Haluan negara diberi pengertian ....
a. Perwujudan aspirasi rakyat Indonesia berhubungan dengan masa depannya
b. Pernyataan kehendak rakyat yang menyeluruh dan terpadu sebagai haluan negara
c. Haluan negara yang dlrumuskan sebagai kebijaksanaan pembangunan nasional
d. Landasan pembangunan dalam Garis-garis besar untuk jangka waktu 5 tahun
B. Pernyataan kehendak rakyat yang menyeluruh danterpadu sebagai haluan negara
42. Visi pembangunan nasional seperti dirumuskan dalam GBHN adalah terwujudnya masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju dn sejahtera, yang didukung manusia Indonesia yang memiliki karakterlstlk sebagal berlkut, KECUALI .....
a. Berakhlak mulia
b. Cinta tanah air
c. Berkesadaran hukum
d. Berwawasan global
D. Berwawasan Global
43. Program pembangunan nasional memuat ...
a. Uraian rinci dan terukur dalam pelaksanaan GBHN
b. Kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan GBHN
c. Uraian kegiatan pembangunan bebagai departemen
d. Program kerja kabinet selama periode tertentu
A. Uraian rinci dan terukur dalam pelaksanaan GBHN
44. Program pemberdayaan lembaga peradilan dan berbagai lembaga penegak hukum saat ini terutama bertujuan untuk ....
a. Memelihara keamanan ligkungan
b. Mewujudkan ketertiban dalam masyarakat
c. Mempercepat penyelesaian berbagai [Perkara
d. Mencegah terjadinya berbagai kejahatan
B. Mewujudkan ketertiban dalam masyarakat
45. Dalam rangka pengembangan otonomi daerah dalam wadah Negara Kesatuan RI, daerah yang mendapatkan perhatian khusus pada amanat GBHN adalah
a. lrian Jaya, Maluku Utara, dan Maluku
b. Daerah lstimewa Aceh, lrian Jaya, dan Maluku
c. Nusa Tenggara Timur, maluku, dani lrian Jaya
d. Maluku, Maluku Utara, dan Sulawesi tengah
B. Daerah lstimewa Aceh, lrian Jaya, dan Maluku
II. Tes Intelegensia Umum (TIU)
A. Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan.SINONIM - Persamaan Kata
46. EVOKASI
a. Penggugah rasa
b. Penilaian
c. Perubahan
d. Ijin Menetap
a. Penggugah rasa
47. BAKU
a. Perkiraan
b. Standar
c. Umum
d. Normal
b. Standar
48. PROTESIS
a. Hipotesis
b. Praduga
c. Thesis
d. Buatan
d. Buatan
TIPS dan TRIK SINONIM:
- Jangan memilih kata yang memiliki bunyi mirip dengan soal, karena kami telah mengamati bahwa jawaban seperti itu adalah 95% salah!
- Artinya kemungkinan untuk benar hanya sekitar 5%, dan kami menyebut jawaban seperti itu adalah jawaban konyol. Jika anda memilih jawaban seperti itu, maka bisa jadi anda termasuk orang yang agak konyol 😁
49. DIKOTOMI
a. Dibagi dua
b. Dwi Fungsi
c. Kembar dua
d. Dua Kekuatan
a. Dibagi dua
50. SINE QUA NON
a. Selalu Negatif
b. Tiada Berair
c. Air Mineral
d. Harus ada
d. Harus ada
ANTONIM - Lawan Kata
TIPS dan TRIK ANTONIM:
➤ Amati pilihan jawaban, carilah dua jawaban yang berlawanan! Seringkali jawaban soal ANTONIM berada pada salah satu dari 2 kata yang berlawanan tersebut. 😊
51. KENDALA
a. Kekerasan
b. Pendukung
c. Manifestasi
d. Bimbingan
b. Pendukung
52. EKSTRINSIK
a. Individual
b. Konsensus
c. Keserasian
d. Internal
d. Internal
53. PROMINEN
a. Terkemuka
b. Pendukung
c. Biasa
d. Setuju
c. Biasa
➤ Untuk kata-kata yang latin/ ilmiah, utamakan memilih jawaban yang mirip dengan soal.
54. DEDUKSI
a. Induksi
b. Konduksi
c. Reduksi
d. Intuisi
a. Induksi
55. IMIGRASI
a. Migrasi
b. Transmigrasi
c. Emigrasi
d. Pemukiman
c. Emigrasi
➤ Hati-Hati! Pada saat mengerjakan soal ANTONIM, jangan sampai anda berpikir bahwa anda sedang mencari sinonim/ persamaannya. Ini sering terjadi pada peserta tes. Dimana ketika di tengah-tengah tes, ia tidak sadar telah mencari jawaban yang merupakan sinonimnya, bukan lawan katanya. Apalagi biasanya soal Sinonim dan Antonim berdekatan waktu pengerjaannya.
PADANAN KATA
CATATAN dan BEBERAPA TIPS :
➤ Yang paling penting dalam menghadapi soal semacam ini adalah menemukan kata kunci atau hubungan KHUSUS/ UNIK dari dua atau lebih kata yang diberikan.
➤ Semakin KHUSUS atau SPESIFIK, maka akan semakin mudah untuk menemukan hubungan yang paling sesuai. Jika hubungan bersifat terlalu umum, maka alaternatif jawaban biasanya masih sulit untuk ditentukan yang paling tepat.
Contoh:KAKA TUA : MERPATI.Jika kita menentukan bahwa hubungannya adalah SAMA-SAMA BINATANG, maka itu masih bersifat terlalu umum.Artinya, jika ada pilihan jawaban :gajah:semut, elang:kupu-kupu, gurame:kakap, dsb
maka semua bisa benar karena mereka sama-sama binatang. Tapi cobalah anda pilih hubungan yang lebih khusus.Misalnya : kaka tua:merpati adalah sama-sama burung, maka jawaban yang tepat adalah gurame:kakap yaitu sama-sama ikan.
➤ Jika telah menemukan hubungan kata tetapi masih bingung, maka buatlah kata-kata tersebut menjadi sebuah kalimat dengan menggunakan hubungan analogi yang ada.
56. SEMINAR : SARJANA
a. Akademi : Taruna
b. Rumah sakit : Pasien
c. Konservator : Seniman
d. Perpustakaan : Peneliti
d. Perpustakaan : Peneliti
57. FIKTIF : FAKTA
a. Dagelan : Sandiwara
b. Dugaan : Rekaan
c. Data : Estimasi
d. Dongeng : Peristiwa
d. Dongeng : Peristiwa
58. MATA : TELINGA
a. Jam : Tangan
b. Lidah : Hidung
c. Kaki : Paha
d. Lutut : Siku
b. Lidah : Hidung
➤ Hubungan kata harus mempunyai urutan yang sejalan/ searah dengan soal.
Misalnya:
KAKI : SEPATUa. Cat : Kuasb. Meja : Ruanganc. Telinga : Antingd. Cincin : Jari
➤ sepatu dikenakan di kaki (urutannya sepatu dulu baru kaki).
Jika anda mencari jawaban, maka urutannya juga harus dari belakang. Anda tidak boleh memilih "cincin dikenakan di jari", karena urutannya terbalik.
Maka yang benar adalah "anting dikenakan di telinga".
a. Hubungan : jambangan
b. Gelas : nampan
c. Air : Tempayan
d. Buku : Percetakan
c. Air : Tempayan
60. PEDATI : KUDA – PESAWAT TERBANG : …
a. Sayap
b. Baling-baling
c. Pramugari
d. Pilot
b. Baling-baling
B. Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.
ANGKA - HITUNGAN BIASA (ARITMATIKA)
61. 2,20 x 0,75 + 3/5 : 1/8 = ...
a. 1,89
b. 10,5
c. 15,5
d. 5,9
Pikir yang mudah, jangan yang sulit-sulit!
Ingat, anda tidak harus menyelesaikan dengan hasil yang teliti!
Cari nilai pendekatan, 2 x 0,75 = 1,5
Ingat bahwa pembagian dengan pecahan sama dengan perkalian dengan pembilang dan penyebut dibalik, sehingga menjadi
3/5 x 8/1 = 24/5 = 4, ...
Maka 1,5 + 4, ... = 5,5 lebih. Sehingga jawaban yang paling mendekati adalah 5,9. D
Cari nilai pendekatan, 2 x 0,75 = 1,5
Ingat bahwa pembagian dengan pecahan sama dengan perkalian dengan pembilang dan penyebut dibalik, sehingga menjadi
3/5 x 8/1 = 24/5 = 4, ...
Maka 1,5 + 4, ... = 5,5 lebih. Sehingga jawaban yang paling mendekati adalah 5,9. D
62. 7,5 : 2,5 – (2/4 x ¾) = ...
a. 5,050
b. 4,252
c. 3,605
d. 2,625
e. 1,850
75 : 25 = 3.
½ x ¾ = 3/8.
3 – 3/8 adalah 3 kurang atau mendekati 3.
Jadi jawabannya adalah 2,625. D
½ x ¾ = 3/8.
3 – 3/8 adalah 3 kurang atau mendekati 3.
Jadi jawabannya adalah 2,625. D
63. 4/5 + 3/5 + 3/8 + 6/8 + 1 ½ = ...
a. 4,20
b. 1480
c. 22,00
d. 16,20
4/5 + 3/5 = 7/5 = 1,4
3/8 + 6/8 = 9/8 = 1,125
Jadi 1,4 + 1,125 + 1,5 = 4,025 A
3/8 + 6/8 = 9/8 = 1,125
Jadi 1,4 + 1,125 + 1,5 = 4,025 A
64. (¼ x 164) x ½ = ...
a. 20,50
b. 08,48
c. 14,09
d. 34,59
164:4 = 40 lebih (160:4=40)
40 lebih : 2 = 20 lebih
Maka jawaban yang benar adalah 20,50. [a]
Perhatian: Anda tentu saja dapat menemukan hasil dengan cara biasa yang sederhana, sbb:
Misalnya 164:4 = 41 kemudian 41:2 = 20,5.
Namun disini anda kami ajak berpikir yang simpel-simpel saja.
Sehingga nantinya kami harapkan anda tidak memiliki beban sama sekali dalam mengerjakan soal Aritmatika.
Ketika anda ditanya mana yang lebih mudah antara menghitung 160:4 dengan 164:4 ? Maka pastilah secara reflek otak anda akan lebih mudah untuk menghitung 160:4.
Jika telah terbiasa, maka otak anda akan membentuk pola pikir sederhana dalam menganalisa setiap soal yang diberikan.
Dan jika itu telah terbentuk, maka soal-soal Aritmatika hanya perlu anda selesaikan dalam hitungan detik!
Just thinking simple then everything will be simple! 😏
40 lebih : 2 = 20 lebih
Maka jawaban yang benar adalah 20,50. [a]
Perhatian: Anda tentu saja dapat menemukan hasil dengan cara biasa yang sederhana, sbb:
Misalnya 164:4 = 41 kemudian 41:2 = 20,5.
Namun disini anda kami ajak berpikir yang simpel-simpel saja.
Sehingga nantinya kami harapkan anda tidak memiliki beban sama sekali dalam mengerjakan soal Aritmatika.
Ketika anda ditanya mana yang lebih mudah antara menghitung 160:4 dengan 164:4 ? Maka pastilah secara reflek otak anda akan lebih mudah untuk menghitung 160:4.
Jika telah terbiasa, maka otak anda akan membentuk pola pikir sederhana dalam menganalisa setiap soal yang diberikan.
Dan jika itu telah terbentuk, maka soal-soal Aritmatika hanya perlu anda selesaikan dalam hitungan detik!
Just thinking simple then everything will be simple! 😏
65. 2 ¼ x 7,5 – 7,5 : 1 ½ = ...
a. 51,87
b. 23,69
c. 21,48
d. 11,875
2 x 7,5 = 15, maka 2 ¼ x 7,5 = 15 lebih.
1 ½ = 3/2 maka 7,5 : 3/2 = 7,5 x 2/3 = 5
Sehingga 15 lebih – 5 = 10 lebih.
Maka jawaban yang paling mendekati adalah 11,875 [d]
1 ½ = 3/2 maka 7,5 : 3/2 = 7,5 x 2/3 = 5
Sehingga 15 lebih – 5 = 10 lebih.
Maka jawaban yang paling mendekati adalah 11,875 [d]
66. 1 + 2 + 3 + 4 + 5 + .......... +29 =
a. 435
b. 280
c. 465
d. 300
Ada 2 cara sederhana, yakni :
Cara pertama:
Buatlah pasangan jumlahan yang mudah dihitung sbb :
(1+29)+(2+28)+(3+27)+...(14+16)
= 30 x 14
= 420.
Karena ini adalah jumlahan ganjil, maka ada bilangan tengah yang belum dapat pasangan yaitu 15.
Maka hasil akhir adalah 420 + 15 = 435
(Lain kali jika muncul soal jumlahan genap, maka semua bilangan mendapat pasangan jumlahan).
Cara kedua:
Ini termasuk kategori soal jumlahan bilangan asli.
Jumlah N pertama bilangan asli mempunyai rumus:
½N x (N+1).
Pada soal di atas N=29, maka
(29/2) x (29+1)
= 29/2 x 30
= 29 x 15
= 435
Dan seperti biasa, anda tidak perlu menghitung 15 x 29.
Mengapa? Jelas bikin pusing! Apalagi anda agak malas menghitung yang rumit-rumit?! 😊
Benar! Pikirkan saja 15 x 30 = 450. Maka jawaban yang paling
mendekati tentu saja adalah 435. [a]
Dengan cara kedua ini, anda bisa menghitung untuk N berapapun. Misalnya suatu saat anda diminta menghitung berapakah:
1 + 2 + 3 + ... + 1000 ?
Di sini nilai N=1000, maka dengan rumus tersebut :
500 x 1001 = 500.500
Mudah bukan? 😊
Cara pertama:
Buatlah pasangan jumlahan yang mudah dihitung sbb :
(1+29)+(2+28)+(3+27)+...(14+16)
= 30 x 14
= 420.
Karena ini adalah jumlahan ganjil, maka ada bilangan tengah yang belum dapat pasangan yaitu 15.
Maka hasil akhir adalah 420 + 15 = 435
(Lain kali jika muncul soal jumlahan genap, maka semua bilangan mendapat pasangan jumlahan).
Cara kedua:
Ini termasuk kategori soal jumlahan bilangan asli.
Jumlah N pertama bilangan asli mempunyai rumus:
½N x (N+1).
Pada soal di atas N=29, maka
(29/2) x (29+1)
= 29/2 x 30
= 29 x 15
= 435
Dan seperti biasa, anda tidak perlu menghitung 15 x 29.
Mengapa? Jelas bikin pusing! Apalagi anda agak malas menghitung yang rumit-rumit?! 😊
Benar! Pikirkan saja 15 x 30 = 450. Maka jawaban yang paling
mendekati tentu saja adalah 435. [a]
Dengan cara kedua ini, anda bisa menghitung untuk N berapapun. Misalnya suatu saat anda diminta menghitung berapakah:
1 + 2 + 3 + ... + 1000 ?
Di sini nilai N=1000, maka dengan rumus tersebut :
500 x 1001 = 500.500
Mudah bukan? 😊
67. 1² + 2² + 3² + 4² + 5² + .......... + 9² =
a. 275
b. 285
c. 385
d. 485
Soal seperti ini paling simpel dikerjakan dengan cara hitungan biasa.
1² + 2² + .......... + 9²
= 1 + 4 + 9 + 16 + 25 +36 + 49 +64+ 81
= (1+49)+(4+36)+(9+81)+(16+64)+25 (*)
= 50+40+90+80+25
= 285 [b]
Meskipun sebenarnya ada rumus untuk menghitung jumlahan bilangan kuadrat, namun tidak kami berikan di sini. Sebab jika anda terlalu banyak menghafal rumus, efeknya akan kurang bagus.
Apalagi rumusnya sedikit rumit, tentu anda akan terbebani. Berdasarkan pengalaman, soal-soal yang selama ini keluar tidak harus dikerjakan dengan rumus. Dan memang seperti itulah PSIKOTES, tes yang apa adanya... 😀
(*) Langkah pengerjaan dengan pengelompokan seperti ini akan lebih memudahkan penghitungan.
Caranya adalah dengan mencari kelompok bilangan yang jika dijumlahkan akan menjadi bentuk puluhan. Kemudian bilangan yang telah anda kelompokkan dicoret agar anda tidak bingung.
Misalnya untuk langkah di atas bila ditulis:
= 1 + 4 + 9 + 16 + 25 +36 + 49 +64+ 81
= (1+49)+(4+36)+(9+...dst
1² + 2² + .......... + 9²
= 1 + 4 + 9 + 16 + 25 +36 + 49 +64+ 81
= (1+49)+(4+36)+(9+81)+(16+64)+25 (*)
= 50+40+90+80+25
= 285 [b]
Meskipun sebenarnya ada rumus untuk menghitung jumlahan bilangan kuadrat, namun tidak kami berikan di sini. Sebab jika anda terlalu banyak menghafal rumus, efeknya akan kurang bagus.
Apalagi rumusnya sedikit rumit, tentu anda akan terbebani. Berdasarkan pengalaman, soal-soal yang selama ini keluar tidak harus dikerjakan dengan rumus. Dan memang seperti itulah PSIKOTES, tes yang apa adanya... 😀
(*) Langkah pengerjaan dengan pengelompokan seperti ini akan lebih memudahkan penghitungan.
Caranya adalah dengan mencari kelompok bilangan yang jika dijumlahkan akan menjadi bentuk puluhan. Kemudian bilangan yang telah anda kelompokkan dicoret agar anda tidak bingung.
Misalnya untuk langkah di atas bila ditulis:
= 1 + 4 + 9 + 16 + 25 +36 + 49 +64+ 81
= (1+49)+(4+36)+(9+...dst
68. Jika a=5 dan b=2, maka nilai dari a³ – 3a²b + 3ab² – b³ =
a. -81
b. -27
c. 27
d. 81
Bagi mereka yang belum mengenal rumus (a - b)³, maka soal tersebut bisa diselesaikan dengan cara memasukkan langsung masing-masing nilai a dan b. Sehingga diperoleh:
5³ – 3x5³x2 + 3x5x2² – 2³
= 125 – 150 + 60 – 8
= 185 – 158
= 27
Bagi anda yang sudah tahu bahwa persamaan tersebut ternyata sama dengan (a - b) ³, maka dengan mudah anda dapat menghitung
(5-2) ³ = 3³ = 27 [c]
Perhatikan berapa waktu yang dapat anda hemat jika anda pernah mengerjakan dengan menggunakan rumus tersebut!
Untuk hasil yang lebih baik, silahkan terapkan pada soal-soal yang berbeda. Bisa juga anda coba untuk (a + b)³.
5³ – 3x5³x2 + 3x5x2² – 2³
= 125 – 150 + 60 – 8
= 185 – 158
= 27
Bagi anda yang sudah tahu bahwa persamaan tersebut ternyata sama dengan (a - b) ³, maka dengan mudah anda dapat menghitung
(5-2) ³ = 3³ = 27 [c]
Perhatikan berapa waktu yang dapat anda hemat jika anda pernah mengerjakan dengan menggunakan rumus tersebut!
Untuk hasil yang lebih baik, silahkan terapkan pada soal-soal yang berbeda. Bisa juga anda coba untuk (a + b)³.
69. (882 + 115)² =
a. 994.003
b. 994.004
c. 994.009
d. 894.003
Kami rasa sampai di sini anda mulai terbiasa dengan penyelesaian soal yang simpel dan efektif. Pada soal tersebut sama saja ditanyakan nilai dari 997².
Angka berapa yang terlintas di pikiran anda ketika melihat angka 997?
1000. Benar! Karena 1000 adalah bilangan terdekat dan termudah untuk dihitung. Tentu saja anda bisa langsung mengatakan bahwa hasilnya kurang dari 1000², yaitu 1 juta kurang sedikit. Kemudian dengan melihat ekor bilangan dari 997 yaitu 7, anda dapat mengatakan bahwa jawabnnya pasti berakhir dengan angka 9.
Mengapa?? Ya, karena jika 7 dikuadratkan, maka hasilnya adalah 49.
Sehingga anda cari jawaban yang dekat dengan 1 juta dan berakhir dengan angka 9.
Maka jawabannya adalah 994.009 😀 [c]
Jika kurang sreg, anda dapat menggunakan cara alternatif sbb:
Yang harus anda lakukan adalah membuat bentuk yang nilainya sama dengan 997² dengan menyertakan angka 1000.
Yaitu 997² = (1000 – 3) ²
Sehingga dengan rumus (a - b) ² = a² - 2ab + b² anda dapat menghitung hasilnya adalah:
1000.000 – 6.000 + 9 = 994.009 😀
Supaya anda lebih mahir dan lincah, silahkan terapkan pada soal-soal yang lain. Bisa juga anda coba untuk (a + b) ².
Angka berapa yang terlintas di pikiran anda ketika melihat angka 997?
1000. Benar! Karena 1000 adalah bilangan terdekat dan termudah untuk dihitung. Tentu saja anda bisa langsung mengatakan bahwa hasilnya kurang dari 1000², yaitu 1 juta kurang sedikit. Kemudian dengan melihat ekor bilangan dari 997 yaitu 7, anda dapat mengatakan bahwa jawabnnya pasti berakhir dengan angka 9.
Mengapa?? Ya, karena jika 7 dikuadratkan, maka hasilnya adalah 49.
Sehingga anda cari jawaban yang dekat dengan 1 juta dan berakhir dengan angka 9.
Maka jawabannya adalah 994.009 😀 [c]
Jika kurang sreg, anda dapat menggunakan cara alternatif sbb:
Yang harus anda lakukan adalah membuat bentuk yang nilainya sama dengan 997² dengan menyertakan angka 1000.
Yaitu 997² = (1000 – 3) ²
Sehingga dengan rumus (a - b) ² = a² - 2ab + b² anda dapat menghitung hasilnya adalah:
1000.000 – 6.000 + 9 = 994.009 😀
Supaya anda lebih mahir dan lincah, silahkan terapkan pada soal-soal yang lain. Bisa juga anda coba untuk (a + b) ².
DERET ANGKA
231
|
....
|
453
|
564
|
Jawab: b. 342
POLA: ditambah 111.
POLA: ditambah 111.
71.
...
|
2
| 5 | 6 | 7 | 10 | 9 | 14 |
a. 6
b. 5
c. 4d. 3
POLA: tipe pola bilangan 2 larik (mulai rumit nih...😃)
Yang warna pink ditambah 2.
Yang warna hijau ditambah 4.
Jawab: D. 3
Yang warna pink ditambah 2.
Yang warna hijau ditambah 4.
Jawab: D. 3
72.
42
| 13 | 19 | 49 | 19 | 19 | 56 | 25 | 19 | ... | ... |
b. 62 31
c. 63 31
d. 66 34
Jawab: c. 63 31
POLA: tipe pola bilangan 3 larik (lebih sulit nih...😄).
Yang pink ditambah 7. Yang hijau ditambah 6. Yang merah tetap 19 seterusnya.
POLA: tipe pola bilangan 3 larik (lebih sulit nih...😄).
Yang pink ditambah 7. Yang hijau ditambah 6. Yang merah tetap 19 seterusnya.
73.
5
|
6
|
7
|
8
|
10
|
11
|
14
|
...
|
...
|
c. 14 18
d. 38 39
Jawab: a. 15 19
POLA: tipe pola bilangan 2 larik (semakin rumit...😀).
POLA: tipe pola bilangan 2 larik (semakin rumit...😀).
Yang warna pink ditambah 2, ditambah 3, ditambah 4, dst.
yang warna hijau ditambah 2, ditambah 3, ditambah 4, dst.
C. Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis;
74. Semua karyawan harus hadir dalam rapat rutin. Sementara office boy adalah karyawan.
a. Semua yang hadir dalam rapat rutin adalah office boy.
b. Sementara peserta rapat rutin bukan karyawan.
c. Sementara peserta rapat rutin adalah office boy.
d. Semua office boy hadir dalam rapat rutin.
b. Sementara peserta rapat rutin bukan karyawan.
c. Sementara peserta rapat rutin adalah office boy.
d. Semua office boy hadir dalam rapat rutin.
Dalam soal-soal SILOGISME
Sementara/ sebagian/ beberapa/ ada/ mungkin semua
, maka artinya adalah TIDAK SEMUANYA atau MINIMAL SATU ANGGOTA.
(jika dalam gambar, gunakan 2 tanda panah).
Semua/ setiap
, artinya adalah SELURUH ANGGOTA TANPA KECUALI.
(jika dalam gambar, gunakan 1 panah saja).
Semua
karyawan harus hadir dalam rapat rutin.
(artinya SELURUH karyawan hadir dalam rapat, maka diberi 1 tanda panah).
Sementara
office boy adalah karyawan.
(artinya TIDAK SEMUA adalah karyawan, maka diberi 2 tanda panah, yaitu karyawan dan bukan karyawan).
Tinggal lihat pilihan jawaban, maka yang sesuai gambar adalah:
Jawab: Sementara peserta rapat rutin adalah office boy. [c]
75. Ketika ayah dan ibu Hermawan menikah, masing-masing telah memiliki seorang anak. Sekarang Hermawan lahir persis setahun setelah perkawinan tersebut, dan memiliki 4 saudara.
a. Hermawan memiliki 2 orang adik kandung
b. Hermawan merupakan anak tertua dalam keluarga.
c. Hermawan tidak memiliki saudara tiri.
d. Hermawan memiliki 4 orang adik.
Tips: ambillah kesimpulan dari setiap kalimat.
Ketika ayah dan ibu Hermawan menikah, masing-masing telah memiliki seorang anak.
➧ berarti Hermawan memiliki 2 kakak tiri.
Hermawan lahir persis setahun setelah perkawinan tersebut, dan memiliki 4 saudara.
➧ berarti Hermawan memiliki 2 saudara lagi, dan keduanya adalah saudara kandung.
Kesimpulan yang benar:
Hermawan memiliki 2 adik kandung. [a]
(bukan 4 adik kandung! 😉 Perhatikan kalimatnya baik-baik! 😊
Jawab: Sementara peserta rapat rutin adalah office boy. [c]
Ketika ayah dan ibu Hermawan menikah, masing-masing telah memiliki seorang anak.
➧ berarti Hermawan memiliki 2 kakak tiri.
Hermawan lahir persis setahun setelah perkawinan tersebut, dan memiliki 4 saudara.
➧ berarti Hermawan memiliki 2 saudara lagi, dan keduanya adalah saudara kandung.
Kesimpulan yang benar:
Hermawan memiliki 2 adik kandung. [a]
(bukan 4 adik kandung! 😉 Perhatikan kalimatnya baik-baik! 😊
Jawab: Sementara peserta rapat rutin adalah office boy. [c]
TIPS : Latihlah soal-soal TIU sebanyak-banyaknya mungkin, karena akan membuat anda akrab dengan berbagai jenis dan model soal. Analisa anda dalam mengerjakan soal soal tersebut juga akan meningkat seiring dengan banyaknya latihan yang anda kerjakan
76. Jika pernyataan “Semua Dokter adalah laki-laki” salah, maka :
a. Sementara dokter adalah laki-laki.
b. Sementara laki-laki adalah bukan dokter.
c. Sementara dokter adalah bukan laki-laki.
d. Tidak ada dokter yang bukan laki-laki.
Tips:
Kalimat yang salah, berarti yang benar adalah INGKARAN atau lawannya. Lawan SEMUA adalah BEBERAPA/ SEMENTARA.
Perhatikan:Kalimat yang salah, berarti yang benar adalah INGKARAN atau lawannya. Lawan SEMUA adalah BEBERAPA/ SEMENTARA.
Kalimat:
Semua A adalah B
Ingkaran-nya adalah
Beberapa Abukan B.
Kalimat:
Beberapa A adalah B
Ingkaran-nya adalah
Semua A adalah bukan B.
Kalimat:
Semua Dokter
adalah laki-laki
Ingkaran-nya adalah
Beberapa dokter adalah bukan laki-laki. [c]
“Bukan laki-laki, tidak selalu bermakna perempuan. Bisa saja bukan perempuan, tapi ... 😉”
77. Merpati terbang ke utara. Merpati adalah burung.
a. Beberapa burung terbang ke utara.
b. Semua burung adalah merpati.
c. Tidak setiap merpati yang terbang ke utara adalah burung.
d. Burung bukan merpati.
Di awal pembahasan, anda telah kami beri tips untuk menggambar dengan tujuan agar anda tidak menjadi bingung dengan kalimat-kalimat logika yang diberikan. Tetapi jika anda menemui soal yang anda rasa cukup sederhana, maka anda tidak harus menggambar terlebih dahulu!
Sekarang, mari kita coba mengerjakan soal ini dengan metode langsung. Ingat, kalimat yang tidak didahului oleh kata semua/ beberapa maka maksudnya adalah SEMUA
.
Sekarang, mari kita coba mengerjakan soal ini dengan metode langsung. Ingat, kalimat yang tidak didahului oleh kata semua/ beberapa maka maksudnya adalah SEMUA
Merpati terbang ke utara.
Merpati adalah burung.
a. Beberapa burung terbang ke utara. (benar)
Merpati adalah bagian dari burung yang terbang ke utara.
b. Semua burung adalah merpati. (salah)
Semua merpati adalah burung, tapi tidak semua burung adalah merpati... 😊 (belum tentu berlaku sebaliknya!)
c. Tidak setiap merpati yang terbang ke utara adalah burung. (salah)
semua merpati adalah burung, terbang kemanapun tetap menjadi burung, tidak menjadi ayam/ bebek... 😊
d. Burung bukan merpati. (salah)
Semua burung bukan merpati adalah salah, karena merpati adalah burung.
D. Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.
78.
Jawab: Mengecil secara proporsional. (B)
79.
Jawab: Diputar 180º (A)
80.
Jawab: Diputar kekiri sebesar 90º (C)
III. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
81. Saya telah mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan presentasi di kantor besok pagi.
A. Saya yakin besok presentasi saya berjalan dengan baik, namun saya tetap mempersiapkan dengan maksimal.
B. Meski begitu saya cemas kalau-kalau ternyata besok presentasi saya kurang lancar
C. Saya pasrah jika ada kendala
D. Tak mungkin presentasi saya tidak lancar
E. Tapi Mungkin saja presentasi saya terganggu hal lain
JAWABAN:
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Saya yakin besok presentasi saya berjalan dengan baik, namun saya tetap mempersiapkan dengan maksimal. (Poin 5)
B. Meski begitu saya cemas kalau-kalau ternyata besok presentasi saya kurang lancar (Poin 1)
C. Saya pasrah jika ada kendala (Poin 3)
D. Tak mungkin presentasi saya tidak lancar (Poin 2)
E. Tapi Mungkin saja presentasi saya terganggu hal lain (Poin 4)
82. Dalam setiap pekerjaan pasti memiliki job description masing-masing, dan saya telah melakukan sesuai dengan job description tersebut.Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Saya yakin besok presentasi saya berjalan dengan baik, namun saya tetap mempersiapkan dengan maksimal. (Poin 5)
B. Meski begitu saya cemas kalau-kalau ternyata besok presentasi saya kurang lancar (Poin 1)
C. Saya pasrah jika ada kendala (Poin 3)
D. Tak mungkin presentasi saya tidak lancar (Poin 2)
E. Tapi Mungkin saja presentasi saya terganggu hal lain (Poin 4)
A. Ditengah-tengah kesibukan pekerjaan, saya tetap mau membantu teman menyelesaikan pekerjaannya yang tertunda
B. Saya akan membantu kawan saya yang lain jika diminta.
C. Saya mau mempelajari hal lain diluar deskripsi jabatan saya.
D. Saya hanya akan melakukan pekerjaan diluar deskripsi jabatan jika diminta oleh atasan.
E. Enggan berkontribusi lebih dari apa yang telah dikerjakan saat ini.
JAWABAN:
JAWABAN:
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Ditengah-tengah kesibukan pekerjaan, saya tetap mau membantu teman menyelesaikan pekerjaannya yang tertunda (skor 5)
B. Meski begitu saya cemas kalau-kalau ternyata besok presentasi saya kurang lancar (Poin 1)
C. Saya pasrah jika ada kendala (Poin 3)
D. Tak mungkin presentasi saya tidak lancar (Poin 2)
E. Tapi Mungkin saja presentasi saya terganggu hal lain (Poin 4)
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Ditengah-tengah kesibukan pekerjaan, saya tetap mau membantu teman menyelesaikan pekerjaannya yang tertunda (skor 5)
B. Meski begitu saya cemas kalau-kalau ternyata besok presentasi saya kurang lancar (Poin 1)
C. Saya pasrah jika ada kendala (Poin 3)
D. Tak mungkin presentasi saya tidak lancar (Poin 2)
E. Tapi Mungkin saja presentasi saya terganggu hal lain (Poin 4)
83. Saya diutus untuk menghadiri seminar menggantikan atasan saya. Pada saat yang bersamaan saya sedang mengerjakan laporan yang tidak terlalu mendesak.
A. Saya akan selesaikan terlebih dahulu laporan tersebut, sebab bisa saja diminta oleh atasan sewaktu-waktu.(skor 5)
B. Laporan tersebut akan menjadi merepotkan kalau tertunda.(skor 3)
C. Saya akan menghadiri seminar tersebut agar dapat menghindar dari tugas laporan.(skor 4)
D. Saya akan menghadiri seminar tersebut karena laporan belum harus segera diserahkan kepada atasan.(skor 1)
E. Saya bisa menghadiri seminar dan mengerjakan laporannya nanti saja.(skor 2)
JAWABAN:
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Saya akan selesaikan terlebih dahulu laporan tersebut, sebab bisa saja diminta oleh atasan sewaktu-waktu.(skor 5)
B. Laporan tersebut akan menjadi merepotkan kalau tertunda.(skor 3)
C. Saya akan menghadiri seminar tersebut agar dapat menghindar dari tugas laporan.(skor 4)
D. Saya akan menghadiri seminar tersebut karena laporan belum harus segera diserahkan kepada atasan.(skor 1)
E. Saya bisa menghadiri seminar dan mengerjakan laporannya nanti saja.(skor 2)
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Saya akan selesaikan terlebih dahulu laporan tersebut, sebab bisa saja diminta oleh atasan sewaktu-waktu.(skor 5)
B. Laporan tersebut akan menjadi merepotkan kalau tertunda.(skor 3)
C. Saya akan menghadiri seminar tersebut agar dapat menghindar dari tugas laporan.(skor 4)
D. Saya akan menghadiri seminar tersebut karena laporan belum harus segera diserahkan kepada atasan.(skor 1)
E. Saya bisa menghadiri seminar dan mengerjakan laporannya nanti saja.(skor 2)
84. Andi adalah seorang karyawan yang rajin. Namun apa yang akan terjadi pada masa mendatang tak ada yang tahu
A. Andi tetap saja akan terkena PHK jika ekonomi nasional lesu
B. Mustahil karyawan serajin Andi kena PHK
C. Karakter Andi sebagai karyawan rajin dapat membantu kenaikan karirnya kelak
D. Pemecatan banyak karyawan tidaklah terlalu berpengaruh terhadap citra perusahaan
E. Harusnya karyawan rajin tak boleh kena PHK
JAWABAN:
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Andi tetap saja akan terkena PHK jika ekonomi nasional lesu (Skor 4)
B. Mustahil karyawan serajin Andi kena PHK (Skor 1)
C. Karakter Andi sebagai karyawan rajin dapat membantu kenaikan karirnya kelak (Skor 5)
D. Pemecatan banyak karyawan tidaklah terlalu berpengaruh terhadap citra perusahaan (Skor 3)
E. Harusnya karyawan rajin tak boleh kena PHK (Skor 2)
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Andi tetap saja akan terkena PHK jika ekonomi nasional lesu (Skor 4)
B. Mustahil karyawan serajin Andi kena PHK (Skor 1)
C. Karakter Andi sebagai karyawan rajin dapat membantu kenaikan karirnya kelak (Skor 5)
D. Pemecatan banyak karyawan tidaklah terlalu berpengaruh terhadap citra perusahaan (Skor 3)
E. Harusnya karyawan rajin tak boleh kena PHK (Skor 2)
85. Setelah mematangkan rencana,
A. Saya masih khawatir apakah rencana tersebut bisa berhasil
B. Berhasil tidaknya tak lepas dari pihak lain juga
C. Manusia berusaha sebaik-baiknya dan Tuhan yang menentukan
D. Bagaimanapun caranya rencana harus berhasil
E. Saya minta pendapat orang lain terlebih dulu, sebab pendapat banyak orang lebih baik daripada pendapat satu orang
JAWABAN:
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Saya masih khawatir apakah rencana tersebut bisa berhasil (Skor 1)
B. Berhasil tidaknya tak lepas dari pihak lain juga (Skor 3)
C. Manusia berusaha sebaik-baiknya dan Tuhan yang menentukan (Skor 5)
D. Bagaimanapun caranya rencana harus berhasil (Skor 2)
E. Saya minta pendapat orang lain terlebih dulu, sebab pendapat banyak orang lebih baik daripada pendapat satu orang (Skor 4)
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Saya masih khawatir apakah rencana tersebut bisa berhasil (Skor 1)
B. Berhasil tidaknya tak lepas dari pihak lain juga (Skor 3)
C. Manusia berusaha sebaik-baiknya dan Tuhan yang menentukan (Skor 5)
D. Bagaimanapun caranya rencana harus berhasil (Skor 2)
E. Saya minta pendapat orang lain terlebih dulu, sebab pendapat banyak orang lebih baik daripada pendapat satu orang (Skor 4)
86. Jika suatu rencana kerja terlihat rumit, maka
A. Saya tak mau repot-repot mencobanya
B. Saya khawatir jika mencobanya dan gagal
C. Saya berani mencoba setelah mempertimbangkan risikonya
D. Saya minta pendapat isteri Yang penting saya coba dulu
E. Yang penting saya coba dulu
JAWABAN:
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Saya tak mau repot-repot mencobanya (Skor 1)
B. Saya khawatir jika mencobanya dan gagal (Skor 2)
C. Saya berani mencoba setelah mempertimbangkan risikonya (Skor 5)
D. Saya minta pendapat isteri Yang penting saya coba dulu (Skor 4)
E. Yang penting saya coba dulu (Skor 3)
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Saya tak mau repot-repot mencobanya (Skor 1)
B. Saya khawatir jika mencobanya dan gagal (Skor 2)
C. Saya berani mencoba setelah mempertimbangkan risikonya (Skor 5)
D. Saya minta pendapat isteri Yang penting saya coba dulu (Skor 4)
E. Yang penting saya coba dulu (Skor 3)
87. Sikap saya terhadap perubahan, ide-ide dan cara-cara baru dalam bekerja
A. Perubahan bukan jaminan keberhasilan pekerjaan.
B. Perubahan adalah suatu yang pasti.
C. Keberhasilan pekerjaan bergantung pada jenis perubahan, ide dan cara-cara baru tersebut
D. Stabilitas dalam bekerja lebih penting.
E. Dengan adanya perubahan, kondisi kerja pasti lebih baik.
JAWABAN:
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Perubahan bukan jaminan keberhasilan pekerjaan.
B. Perubahan adalah suatu yang pasti.
C. Keberhasilan pekerjaan bergantung pada jenis perubahan, ide dan cara-cara baru tersebut
D. Stabilitas dalam bekerja lebih penting.
E. Dengan adanya perubahan, kondisi kerja pasti lebih baik. (Skor 5)
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Perubahan bukan jaminan keberhasilan pekerjaan.
B. Perubahan adalah suatu yang pasti.
C. Keberhasilan pekerjaan bergantung pada jenis perubahan, ide dan cara-cara baru tersebut
D. Stabilitas dalam bekerja lebih penting.
E. Dengan adanya perubahan, kondisi kerja pasti lebih baik. (Skor 5)
88. Berpindah-pindah pekerjaan adalah hal yang wajar
A. Saya tidak berpendapat bahwa karyawan harus setia terhadap perusahaannya
B. Saya meyakini nilai-nilai yang mengatakan bahwa loyalitas terhadap pekerjaan adalah sikap yang terpuji.
C. Pekerjaan saya saat ini tidak dapat menjamin masa depan saya.
D. Saya meyakini bahwa loyalitas itu penting, sehingga saya merasakan pentingnya tanggung jawab moral karyawan.
E. Saya menyukai pekerjaan saya, tetapi jika ada pekerjaan yang lebih baik saya tidak ragu untuk pindah
JAWABAN:
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Saya tidak berpendapat bahwa karyawan harus setia terhadap perusahaannya
B. Saya meyakini nilai-nilai yang mengatakan bahwa loyalitas terhadap pekerjaan adalah sikap yang terpuji.
C. Pekerjaan saya saat ini tidak dapat menjamin masa depan saya.
D. Saya meyakini bahwa loyalitas itu penting, sehingga saya merasakan pentingnya tanggung jawab moral karyawan.
E. Saya menyukai pekerjaan saya, tetapi jika ada pekerjaan yang lebih baik saya tidak ragu untuk pindah (Skor 5)
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Saya tidak berpendapat bahwa karyawan harus setia terhadap perusahaannya
B. Saya meyakini nilai-nilai yang mengatakan bahwa loyalitas terhadap pekerjaan adalah sikap yang terpuji.
C. Pekerjaan saya saat ini tidak dapat menjamin masa depan saya.
D. Saya meyakini bahwa loyalitas itu penting, sehingga saya merasakan pentingnya tanggung jawab moral karyawan.
E. Saya menyukai pekerjaan saya, tetapi jika ada pekerjaan yang lebih baik saya tidak ragu untuk pindah (Skor 5)
89. Kerja keras dan cermat merupakan wujud upaya untuk menjadi pribadi yang bermanfaat. Berkaitan dengan hal itu saya senang..
A. Pekerjaan yang menantang.
B. Pekerjaan yang rutin.
C. Pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas baru.
D. Bekerja dengan standar yang tinggi.
E. Bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih.
JAWABAN:
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Pekerjaan yang menantang.
B. Pekerjaan yang rutin.
C. Pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas baru. (Skor 5)
D. Bekerja dengan standar yang tinggi.
E. Bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih.
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Pekerjaan yang menantang.
B. Pekerjaan yang rutin.
C. Pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas baru. (Skor 5)
D. Bekerja dengan standar yang tinggi.
E. Bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih.
90. Saya memiliki buku favorit dan buku tersebut dihilangkan oleh teman dekat saya.
A. Saya marah pada teman saya
B. Saya memintanya untuk mengganti buku tersebut karena buku itu favorit saya.
C. Saya sangat menyukai buku tersebut, namun buku itu sudah hilang.
D. Saya memusuhinya dan melarangnya meminjam buku saya lagi.
E. Saya memintanya untuk mengganti dan mengatakan padanya untuk lebih berhati-hati jika dia meminjam buku saya lagi.
JAWABAN:
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Saya marah pada teman saya
B. Saya memintanya untuk mengganti buku tersebut karena buku itu favorit saya.
C. Saya sangat menyukai buku tersebut, namun buku itu sudah hilang.
D. Saya memusuhinya dan melarangnya meminjam buku saya lagi.
E. Saya memintanya untuk mengganti dan mengatakan padanya untuk lebih berhati-hati jika dia meminjam buku saya lagi. (Skor 5)
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Saya marah pada teman saya
B. Saya memintanya untuk mengganti buku tersebut karena buku itu favorit saya.
C. Saya sangat menyukai buku tersebut, namun buku itu sudah hilang.
D. Saya memusuhinya dan melarangnya meminjam buku saya lagi.
E. Saya memintanya untuk mengganti dan mengatakan padanya untuk lebih berhati-hati jika dia meminjam buku saya lagi. (Skor 5)
91. Sudah sejak lama saya berusaha untuk memperbaiki kelemahan diri, tetapi belum juga tampak hasilnya. Pada akhirnya saya :
A. Dengan terpaksa menerimanya
B. Menerimanya dengan sedikit kekecewaan
C. Menerimanya dengan lapang dada
D. Membenci diri sendiri
E. Meratapi diri sendiri
JAWABAN:
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Dengan terpaksa menerimanya (Skor 3)
B. Menerimanya dengan sedikit kekecewaan (Skor 4)
C. Menerimanya dengan lapang dada (Skor 5)
D. Membenci diri sendiri (Skor 1)
E. Meratapi diri sendiri (Skor 2)
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Dengan terpaksa menerimanya (Skor 3)
B. Menerimanya dengan sedikit kekecewaan (Skor 4)
C. Menerimanya dengan lapang dada (Skor 5)
D. Membenci diri sendiri (Skor 1)
E. Meratapi diri sendiri (Skor 2)
92. Untuk mencapai tujuan kelompok yang telah ditetapkan saya :
A. Tidak mempermasalahkan apakah orang lain mau bekerja dengan baik atau tidak
B. Mendorong orang lain untuk bekerja dengan baik jika situasi memungkinkan
C. Mendorong orang lain bekerja dengan baik jika diperlukan
D. Menstimulasi orang lain untuk mau bekerja dengan baik
E. Mengajak orang lain bersama-sama untuk bekerja dengan baik
JAWABAN:
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Tidak mempermasalahkan apakah orang lain mau bekerja dengan baik atau tidak (Skor 1)
B. Mendorong orang lain untuk bekerja dengan baik jika situasi memungkinkan (Skor 2)
C. Mendorong orang lain bekerja dengan baik jika diperlukan (Skor 3)
D. Menstimulasi orang lain untuk mau bekerja dengan baik (Skor 5)
E. Mengajak orang lain bersama-sama untuk bekerja dengan baik (Skor 4)
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Tidak mempermasalahkan apakah orang lain mau bekerja dengan baik atau tidak (Skor 1)
B. Mendorong orang lain untuk bekerja dengan baik jika situasi memungkinkan (Skor 2)
C. Mendorong orang lain bekerja dengan baik jika diperlukan (Skor 3)
D. Menstimulasi orang lain untuk mau bekerja dengan baik (Skor 5)
E. Mengajak orang lain bersama-sama untuk bekerja dengan baik (Skor 4)
93. Ketika teman kantor sedang membicarakan satu teman yang bermasalah, saya akan ;
A. Membicarakan dengan teman dekat kemungkinan terbaik
B. Mengajak teman-teman mempertimbangkan suatu tindakan tertentu
C. Meyakinkan teman-teman akan keperluannya dilakukan suatu tindakan
D. Mengajukan usulan alternatif tindakan yang tepat
E. Menyetujui saja apa yang menjadi keputusan
JAWABAN:
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Membicarakan dengan teman dekat kemungkinan terbaik (Skor 4)
B. Mengajak teman-teman mempertimbangkan suatu tindakan tertentu (Skor 3)
C. Meyakinkan teman-teman akan keperluannya dilakukan suatu tindakan (Skor 2)
D. Mengajukan usulan alternatif tindakan yang tepat (Skor 5)
E. Menyetujui saja apa yang menjadi keputusan (Skor 1)
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Membicarakan dengan teman dekat kemungkinan terbaik (Skor 4)
B. Mengajak teman-teman mempertimbangkan suatu tindakan tertentu (Skor 3)
C. Meyakinkan teman-teman akan keperluannya dilakukan suatu tindakan (Skor 2)
D. Mengajukan usulan alternatif tindakan yang tepat (Skor 5)
E. Menyetujui saja apa yang menjadi keputusan (Skor 1)
94. Ketika sedang mengerjakan tugas bersama yang harus selesai pada hari itu, seorang teman akan meninggalkan terlebih dahulu, maka saya:
A. Memaksa untuk tetap tinggal
B. Membujuknya untuk menyelesaikan tugas
C. Mempersilakan pergi
D. Meminta pertimbangan teman yang lain
E. Memintanya untuk mempertimbangkan
JAWABAN:
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Memaksa untuk tetap tinggal (Skor 2)
B. Membujuknya untuk menyelesaikan tugas (Skor 4)
C. Mempersilakan pergi (Skor 1)
D. Meminta pertimbangan teman yang lain (Skor 3)
E. Memintanya untuk mempertimbangkan (Skor 5)
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Memaksa untuk tetap tinggal (Skor 2)
B. Membujuknya untuk menyelesaikan tugas (Skor 4)
C. Mempersilakan pergi (Skor 1)
D. Meminta pertimbangan teman yang lain (Skor 3)
E. Memintanya untuk mempertimbangkan (Skor 5)
95. Saya mengerjakan tugas koreksi laporan kantor yang harus selesai besok pagi. Tiba-tiba sahabat datang dengan muka cemberut dan tampaknya ingin curhat (mencurahkan isi hati) kepada saya. Atas kejadian itu saya :
A. Menanggapi dan memberi berbagai alternatif penyelesaiannya
B. Meneruskan koreksi laporan dan tidak memerdulikan keinginan teman saya
C. Mendengarkan ceritanya dengan penuh perhatian
D. Dengan menyesal tidak dapat mendengarkan keluhannya
E. Terus mengoreksi laporan sambil sesekali mendengarkan ceritanya
JAWABAN:
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Menanggapi dan memberi berbagai alternatif penyelesaiannya (Skor 2)
B. Meneruskan koreksi laporan dan tidak memerdulikan keinginan teman saya (Skor 3)
C. Mendengarkan ceritanya dengan penuh perhatian (Skor 1)
D. Dengan menyesal tidak dapat mendengarkan keluhannya (Skor 4)
E. Terus mengoreksi laporan sambil sesekali mendengarkan ceritanya (Skor 5)
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Menanggapi dan memberi berbagai alternatif penyelesaiannya (Skor 2)
B. Meneruskan koreksi laporan dan tidak memerdulikan keinginan teman saya (Skor 3)
C. Mendengarkan ceritanya dengan penuh perhatian (Skor 1)
D. Dengan menyesal tidak dapat mendengarkan keluhannya (Skor 4)
E. Terus mengoreksi laporan sambil sesekali mendengarkan ceritanya (Skor 5)
96. Ketika muncul suatu masalah dan terkait dengan hal-hal yang menjadi kewajiban saya, maka saya :
A. Akan bertanggung jawab
B. Menunjuk orang lain sebagai penyebab
C. Mencermati dulu apakah saya terlibat di dalamnya
D. Melihat dulu apakah saya sebagai sumber masalah
E. Membiarkan masalah tetap berlangsung
JAWABAN:
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Akan bertanggung jawab (Skor 5)
B. Menunjuk orang lain sebagai penyebab (Skor 1)
C. Mencermati dulu apakah saya terlibat di dalamnya (Skor 3)
D. Melihat dulu apakah saya sebagai sumber masalah (Skor 4)
E. Membiarkan masalah tetap berlangsung (Skor 2)
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Akan bertanggung jawab (Skor 5)
B. Menunjuk orang lain sebagai penyebab (Skor 1)
C. Mencermati dulu apakah saya terlibat di dalamnya (Skor 3)
D. Melihat dulu apakah saya sebagai sumber masalah (Skor 4)
E. Membiarkan masalah tetap berlangsung (Skor 2)
97. Kerja keras dan cermat merupakan wujud upaya untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi organisasi. Berkaitan dengan hal tersebut, saya senang ...
A. Bekerja dengan standar hasil yang tinggi
B. Pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas baru
C. Pekerjaan yang rutin
D. Pekerjaan yang menantang
E. Bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih
JAWABAN:
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Bekerja dengan standar hasil yang tinggi (Skor 5)
B. Pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas baru (Skor 4)
C. Pekerjaan yang rutin (Skor 2)
D. Pekerjaan yang menantang (Skor 3)
E. Bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih (Skor 1)
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Bekerja dengan standar hasil yang tinggi (Skor 5)
B. Pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas baru (Skor 4)
C. Pekerjaan yang rutin (Skor 2)
D. Pekerjaan yang menantang (Skor 3)
E. Bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih (Skor 1)
98. Ketika saya harus menjelaskan sesuatu kepada orang lain hal yang terjadi adalah:
A. Kebanyakan orang ingin agar penjelasan tersebut diulang
B. Sebagian orang masih meminta penjelasan
C. Orang memahami penjelasan saya
D. Orang menjadi antusias atas penjelasan saya
E. Tidak ada seorang pun yang memberikan tanggapan
JAWABAN:
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Kebanyakan orang ingin agar penjelasan tersebut diulang (Skor 3)
B. Sebagian orang masih meminta penjelasan (Skor 2)
C. Orang memahami penjelasan saya (Skor 4)
D. Orang menjadi antusias atas penjelasan saya (Skor 5)
E. Tidak ada seorang pun yang memberikan tanggapan (Skor 1)
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Kebanyakan orang ingin agar penjelasan tersebut diulang (Skor 3)
B. Sebagian orang masih meminta penjelasan (Skor 2)
C. Orang memahami penjelasan saya (Skor 4)
D. Orang menjadi antusias atas penjelasan saya (Skor 5)
E. Tidak ada seorang pun yang memberikan tanggapan (Skor 1)
99. Pada pertemuan keluarga dalam rangka merayakan hari raya, saya :
A. Berusaha menjajagi peluang untuk mendapatkan kesempatan pengembangan masa depan saya
B. Mengarahkan pembicaraan pada halhal yang memungkinkan orang lain mengetahui kelebihan saya
C. Berusaha memuaskan tamu dengan menjamu tamu sebaik-baiknya
D. Menunggu kesempatan untuk mendapatkan tawaran bagi pengembangan masa depan saya
E. Menjamu dengan ramah sambil menunjukkan kelemahan saya
JAWABAN:
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Berusaha menjajagi peluang untuk mendapatkan kesempatan pengembangan masa depan saya (Skor 5)
B. Mengarahkan pembicaraan pada hal-hal yang memungkinkan orang lain mengetahui kelebihan saya (Skor 2)
C. Berusaha memuaskan tamu dengan menjamu tamu sebaik-baiknya (Skor 45)
D. Menunggu kesempatan untuk mendapatkan tawaran bagi pengembangan masa depan saya (Skor 3)
E. Menjamu dengan ramah sambil menunjukkan kelemahan saya (Skor 1)
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Berusaha menjajagi peluang untuk mendapatkan kesempatan pengembangan masa depan saya (Skor 5)
B. Mengarahkan pembicaraan pada hal-hal yang memungkinkan orang lain mengetahui kelebihan saya (Skor 2)
C. Berusaha memuaskan tamu dengan menjamu tamu sebaik-baiknya (Skor 45)
D. Menunggu kesempatan untuk mendapatkan tawaran bagi pengembangan masa depan saya (Skor 3)
E. Menjamu dengan ramah sambil menunjukkan kelemahan saya (Skor 1)
100. Dalam melaksanakan suatu tugas yang dipercayakan kepada saya, saya ...
A. Selalu mencari alternatif lain agar tidak mengambil keputusan sendiri
B. Tidak berani mengambil keputusan sendiri
C. Selalu menunggu keputusan pimpinan
D. Berani mengambil keputusan karena tugas tersebut telah dipercayakan kepada saya
E. Menyadari bahwa keputusan pimpinan diperlukan jika keputusan tersebut diluar wewenang saya
JAWABAN:
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Selalu mencari alternatif lain agar tidak mengambil keputusan sendiri (Skor 3)
B. Tidak berani mengambil keputusan sendiri (Skor 2)
C. Selalu menunggu keputusan pimpinan (Skor 1)
D. Berani mengambil keputusan karena tugas tersebut telah dipercayakan kepada saya (Skor 5)
E. Menyadari bahwa keputusan pimpinan diperlukan jika keputusan tersebut diluar wewenang saya (Skor 4)
Penilian menggunakan skala nilai skor/ poin:
A. Selalu mencari alternatif lain agar tidak mengambil keputusan sendiri (Skor 3)
B. Tidak berani mengambil keputusan sendiri (Skor 2)
C. Selalu menunggu keputusan pimpinan (Skor 1)
D. Berani mengambil keputusan karena tugas tersebut telah dipercayakan kepada saya (Skor 5)
E. Menyadari bahwa keputusan pimpinan diperlukan jika keputusan tersebut diluar wewenang saya (Skor 4)
100 Contoh Soal Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS beserta tips dan trik pembahasannya ini kami berikan untuk anda dengan harapan semoga anda sukses dan lulus sebagai Pegawai Negeri Sipil. Amiinn!! Untuk Simulasi CAT CPNS silahkan lihat di Simulasi CAT CPNS ONLINE 2018.
0 Response to "100 Contoh Soal CPNS Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Pembahasannya"
Post a Comment