RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah
: SMA NEGERI .........................
Mata
Pelajaran
: Kimia
Kelas/Semester
: XI MIA/Dua
Materi
pokok
: Asam Basa
Sub
Materi
: Perkembangan Konsep Asam Basa
Alokasi
Waktu
: 3 JP ( 1 TM)
A. Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
3.10 Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam
basa dan/atau pH larutan
3.10.1 Menjelaskan konsep asam basa menurut Arhenius
3.10.2 Menjelaskan konsep asam basa menurut Bronsted-Lowry
3.10.3 Mengidentifikasi spesi asam basa dari suatu persamaan
reaksi asam basa Bronsted-Lowry
3.10.4 Menjelaskan konsep asam basa menurut Lewis
3.10.5 Mengidentifikasi spesi asam basa dari suatu persamaan
reaksi asam basa Lewis
4.10 Mengajukan ide/gagasan tentang penggunaan indikator
yang tepat untuk menentukan keasaman asam/basa atau titrasi asam/basa.
4.10.1 Terampil menyimpulkan hasil
diskusi asam basa dalam bentuk laporan
D. Materi
Pembelajaran
Perkembangan konsep asam dan basa
- Konsep asam basa Arhenius
Asam adalah suatu zat yang bila
dilarutkan ke dalam air akan menghasilkan ion hidrogen (H+). Asam umumnya merupakan senyawa
kovalen. Misalnya gas hidrogen klorida yang merupakan senyawa kovalen, tetapi
apabila dilarutkan ke dalam air akan terurai menjadi ion-ionnya.
HCl(aq) + H2O(l) H+(aq) + Cl–(aq)
Ion H+ tidak berupa proton bebas akan
tetapi terikat pada molekul air, membentuk H3O+(aq) (ion hidronium). Akan tetapi untuk
kepraktisan di sini kita akan menuliskannya
sebagai H+ saja.
Basa adalah suatu senyawa yang jika
dilarutkan ke dalam air akan menghasilkan ion OH–. Yang menyebabkan sifat basa adalah ion OH–.
Contoh:
NaOH
merupakan suatu basa sebab dapat melepaskan OH– jika dilarutkan ke dalam
air.
NaOH(aq) →Na+(aq) + OH–(aq)
- Konsep asam basa Bronsted-Lowry
` Teori Arrhenius
ternyata hanya berlaku pada larutan dalam air. Teori ini tidak dapat
menjelaskan fenomena pada reaksi tanpa pelarut atau dengan pelarut bukan air.
Pada tahun 1923, Brönsted – Lowry mengungkapkan bahwa sifat asam – basa
ditentukan oleh kemempuan senyawa untuk melepas / menerima proton (H+). Menurut
Brönsted – Lowry, asam adalah senyawa yang memberi proton (H+) kepada senyawa
lain.
Contoh : HCl + H2O --> H3O+ + Cl-
Sedangkan basa adalah senyawa yang
menerima proton (H+) dari senyawa lain.
Contoh : NH3 + H2O --> NH4+ + OH-
Dalam larutan, asam / basa lemah akan membentuk kesetimbangan dengan pelarutnya. Misalnya HF dalam pelarut air dan NH3 dalam air.
Pasangan a1 – b2 dan a2 – b1 merupakan pasangan asam – basa konjugasi.
Ø Asam konjugasi : asam yang terbentuk dari basa yang menerima proton
Ø Basa konjugasi : basa yang terbentuk dari asam yang melepas proton
Teori Brönsted – Lowry memperkenalkan adanya zat yang dapat bersifat asam maupun basa, yang disebut sebagai zat amfoter. Contohnya adalah air. Di dalam larutan basa, air akan bersifat asam dan mengeluarkan ion positif (H3O+). Sedangkan dalam larutan asam, air akan bersifat basa dan mengeluarkan ion negatif (OH-).
- Konsep asam basa Lewis
Menurut Lewis,
Ø Asam : - senyawa yang menerima pasangan elektron senyawa dengan elektron valensi.
Ø Basa : - senyawa yang mendonorkan pasangan elektron mempunyai pasangan elektron bebas
Contoh : Reaksi antara NH3 dan BF3
H3N : + BF3 --> H3NàBF3
Nitrogen mendonorkan pasangan elektron bebas kepada boron. Pasangan elektron bebas yang didonorkan ditandai dengan tanda panah antara atom nitrogen dan boron.
Kelebihan teori Lewis ini adalah dapat menjelaskan reaksi penetralan yang dilakukan tanpa air. Misalnya pada reaksi antara Na2O dan SO3. Menurut Arrhenius, reaksi penetralan ini harus dilakukan dalam air.
Ø Asam : - senyawa yang menerima pasangan elektron senyawa dengan elektron valensi.
Ø Basa : - senyawa yang mendonorkan pasangan elektron mempunyai pasangan elektron bebas
Contoh : Reaksi antara NH3 dan BF3
H3N : + BF3 --> H3NàBF3
Nitrogen mendonorkan pasangan elektron bebas kepada boron. Pasangan elektron bebas yang didonorkan ditandai dengan tanda panah antara atom nitrogen dan boron.
Kelebihan teori Lewis ini adalah dapat menjelaskan reaksi penetralan yang dilakukan tanpa air. Misalnya pada reaksi antara Na2O dan SO3. Menurut Arrhenius, reaksi penetralan ini harus dilakukan dalam air.
E. Strategi Pembelajaran Pembelajaran:
a. Pendekatan
: Saintifik
b. Model
: Problem Based Learning (direkomendasikan menggunakan model lain)
c. Metode
: Tanya jawab, diskusi, dan penugasan
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
a. Media belajar : Power point
b. Alat
: Lembar Diskusi Siswa (LDS)
c. Sumber Belajar : Buku KIMIA Kurikulum
2013 SMA Kelas XI
Buku KIMIA sumber lain yang relevan
Internet
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah PBL
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahu-luan
|
Orientasi siswa pada masalah
Mengorgani-sasi siswa dalam
belajar
|
- Siswa Berdoa
- Guru mengkondisikan peserta didik
untuk siap belajar
- Prasyarat: Siswa menyelesaikan
persamaan reaksi ionisasi dari HCl dan NaOH
- Memotivasi siswa dengan memperlihatkan buah
jeruk dan pare.
- Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat mempelajariperkembangan konsep asam basa
- Membentuk kelompok belajar secara
heterogen
- Peserta didik menerima informasi kegiatan yang harus
dilakukan, yaitu untuk mendiskusikanperkembangan konsep
asam basa yang informasinya dibaca pada buku kimia kelas XI atau dari
internet melalui handphone dengan situshttps://hendragurukimia.wordpress.com
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
|
Membimbing penyelidikan siswa
Mengembang-kan dan menyajikan
hasil karya
|
- Mendiskusikan perkembangan konsep asam basa
- mengidentifikasi spesi asam basa dari suatu reaksi
asam basa Bronsted Lowry dan Lewis melalui diskusi
- Mengaplikasikan konsep asam basa ke dalam
soal.
- Membuat laporan secara sistematis dan benar
|
80 menit
|
Menganalisis dan mengevaluasi
proses pemecahan masalah
|
- Diskusi kelas untuk menganalisis
hasil pemecahan masalah dan menyamakan persepsi perkembangan konsep asam basa berikut contoh asam basa menurut Arhenius, Bronsted Lowry dan
Lewis.
|
20 menit
|
|
· Penutup
|
·
|
- Siswa dan guru mereview hasil
kegiatan pembelajaran
- Guru bersama siswa menyimpulkan
perkembangan konsep asam basa
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompokyang berkinerja baik
- penugasan
|
15 menit
|
H. Penilaian
1. Jenis/Teknik penilaian
No
|
Aspek
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
1.
|
Sikap
|
- Observasi diskusi kelompok
|
- Lembar Observasi
- Penilaian Diri
- Penilaian antar
Peserta didik
- Jurnal
|
2.
|
Pengetahuan
|
- Penugasan
- Tes Tertulis
|
- Soal Penugasan
- Soal Uraian
|
3.
|
Keterampilan
|
-
|
- portofolio
|
2. Instrumen Penilaian
a. Instrumen Penilaian Sikap
Indikator:
· Berdo’a sebelum dan sesudah pelajaran
· Menunjukkan sikap kritis, rasa ingin tahu, ulet, bertanggung jawab
a) Observasi
No
|
Nama Siswa
|
Mengamalkan ajaran agama
|
kritis
|
Rasa ingin tahu
|
ulet
|
Bertanggung jawab
|
JumlahSkor
|
1.
|
................
|
||||||
2.
|
................
|
||||||
...
|
Cara pengisian lembar penilaian
sikap adalah dengan memberikan skor
pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama
kegiatan yaitu:.
Skor 1, jika tidak pernah
berperilaku dalam kegiatan
Skor 2, jika kadang-kadang berperilaku
dalam kegiatan
Skor 3, jika sering berperilaku
dalam kegiatan
Skor 4, jika selalu berperilaku
dalam kegiatan
Penilaian sikap untuk setiap peserta didik dapat
menggunakan rumus dan predikat berikut
PREDIKAT
|
NILAI
|
Sangat
Baik ( SB)
|
80 ≤
AB ≤ 100
|
Baik (B)
|
70 ≤ B ≤
79
|
Cukup (C)
|
60 ≤
C ≤ 69
|
Kurang (K)
|
<60
|
Penilaian Sikap melalui
Penilaian Diri
Penilaian diri dilakukan oleh
peserta didik pada setiap selesai mempelajari satu KDatau
pada saat telah menyelesaikan tugas tertentu,
No
|
Pernyataan
|
Sudah memahami
|
Belum memahami
|
1.
|
Memahami asam basa menurut
Arhenius
|
||
2.
|
Memahami asam basa menurut
Bronsted-Lowry
|
||
3.
|
Memahami asam basa menurut Lewis
|
c) Antar Peserta Didik
Penilaian antar Peserta Didik
Topik/Subtopik: Perkembangan
konsep asam basa
Tanggal Penilaian:
.....................................
|
Nama Teman yang dinilai:
........................
Nama
Penilai:............................................
|
Amati perilaku temanmu dengan cermat
selamat mengikuti pembelajaran Kimia
- Berikan tanda v pada kolom yang
disediakan berdasarkan hasil pengamatannu.
- Serahkan hasil pengamatanmu kepada
gurumu
No
|
Perilaku
|
Dilakukan/muncul
|
|
YA
|
TIDAK
|
||
1.
|
Mau menerima pendapat teman
|
||
2.
|
Memaksa teman untuk menerima
pendapatnya
|
||
3.
|
Memberi solusi terhadap pendapat
yang bertentangan
|
||
4.
|
Mau bekerjasama dengan semua teman
|
||
5.
|
Menyontek pekerjaan teman
|
||
6.
|
Mengeluh ketika menyelesaikan
tugas individu atau kelompok
|
||
7.
|
Mengumpulkan tugas tepat waktunya
|
Pengolahan Penilaian:
1. Perilaku/sikap pada instrumen di atas ada
yang positif (no 1. 2dan 4) dan ada yang negatif (no 2) Pemberian
skor untuk perlaku positif ya= 2, Tidak = 1. Untuk yang negatif Ya =
1 dan Tidak = 2
2. Selanjutnya guru dapat membuat
rekapitulasi hasil penilaian menggunakan format berikut.
No
|
Nama
|
Skor Perilaku
|
Jumlah
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
…….
|
|||||||
2
|
||||||||
3
|
Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus:
d) Jurnal
JURNAL
Nama Peserta Didik:
…………...........................................……..
Kelas:
.....................................................................................
Aspek yang diamati:
………...........................................………..
NO
|
HARI/TANGGAL
|
KEJADIAN
|
KETERANGAN/
TINDAK
LANJUT
|
1.
|
|||
...
|
b. Instrumen Penilaian Pengetahuan
No
|
Indikator Soal
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Menjelaskan konsep asam basa menurut Arhenius
|
Jelaskan konsep asam basa menurut Arhenius!
|
Asam adalah suatu zat yang bila
dilarutkan ke dalam air akan menghasilkan ion hidrogen (H+)
Basa adalah suatu zat yang bila
dilarutkan ke dalam air akan menghasilkan ion hidrogen (OH-)
|
10
|
2
|
Menjelaskan konsep asam basa menurut Bronsted-Lowry
|
Jelaskan konsep asam basa menurut Bronsted Lowry!
|
asam adalah
senyawa yang memberi proton (H+) kepada senyawa lain.
basa adalah senyawa yang menerima
proton (H+) dari senyawa lain.
|
10
|
3
|
Menjelaskan konsep asam basa menurut Lewis
|
Jelaskan konsep asam basa menurut Lewis!
|
Asam adalah senyawa yang
menerima pasangan elektron senyawa dengan elektron valensi.
Basa adalah senyawa yang mendonorkan pasangan elektronmempunyai pasangan elektron bebas |
10
|
4
|
Menuliskan reaksi ionisasi asam basa Arhenius
|
Tuliskan
reaksi ionisasi asam dan basa menurut definisi asam basa arhenius?
a. KOH
b.
c.
|
a) KOH → K+ + OH-
b) →2H+ +
c) →H+ + -
|
20
|
5
|
Mengidentifikasi spesi asam, basa, asam konjugasi,
basa konjugasi dari suatu reaksi asam basa Bronsted-Lowry
|
Tentukan asam, basa, asam konjugasi, dan basa
konjugasi dari reaksi berikut :
+ ↔ +
|
+ ↔ +
Basa
asam
asam basa
Konjugasi Konjugasi
|
20
|
6
|
Mengidentifikasi spesi asam basa dari suatu reaksi
asam basa Lewis
|
Tentukan
asam dan basa menurut Lewis dari reaksi berikut:
+ →
|
+ →
Asam Basa
|
15
|
c. Tes Penugasan
Diskusikan dengan teman sekelompokmu mengapa
noda tinta pada pakaian dapat dibersihkan dengan larutan asam, karat besi lebih
mudah dibersihkan dengan larutan asam, dan sayur asam tidak boleh disimpan
dalam panci aluminium? Jelaskan dengan konsep asam basa!
c. Instrumen Penilaian Keterampilan
Indikator: Membuat laporan diskusi
Portofolio
Mata Pelajaran
: Kimia
Kelas/Semester
: XI / 2
Peminatan
: Matematika
dan Ilmu
Alam
Tahun Ajaran
: 2014/2015
Judul portofolio : Pelaporan hasil diskusi
Tujuan : Peserta didik terampil menyimpulkan hasil diskusi
asam basa dalam bentuk laporan
Ruang
lingkup :
Karya portofolio yang dikumpulkan adalah laporan seluruh hasil diskusi perkembangan
konsep asam basa
Uraian tugas
portofolio
1. Buatlah laporan diskusi perkembangan konsep asam
basa
2. Setiap laporan dikumpulkan selambat-lambatnya sehari setelah peserta didik melaksanakan tugas
|
d. Instrumen Penilaian Portofolio
Nama
:
Kelas/Nama
Kelompok :
No
|
Aspek
|
Skor
|
|
Kriteria
|
Total
|
||
1
|
Keaslian/keautentikan pekerjaan
|
Buatan kelompok sendiri : 2
Dibantu ± 10% : 1
|
|
2
|
Kesesuian tugas/hasil yang dikumpulkan dengan
penugasan
|
Sesuai > 80 % : 3
Sesuai 60% - 80% : 2
Sesuai < 60% : 1
|
|
3
|
Kelengkapan tugas/hasil
|
Lengkap : 2
Kurang lengkap : 1
|
|
4
|
Kesesuaian rentang waktu (4 minggu)
|
Tepat waktu : 3
Terlambat 1-3 hari : 2
Terlambat 1 minggu : 1
|
|
5
|
Kualitas (dapat digunakan/tidak)
|
Baik : 3
Sedang : 2
Kurang baik : 1
|
|
Total
|
Maksimum : 13
|
0 Response to "RPP kimia kelas XI Asam Basa Kurikulum K 13"
Post a Comment