Dalam
penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan tugas dan
tanggungjawab seorang pendidik, baik dari tingkat dasar sampai dengan menengah,
namun sering masih ditemukan berbagai format yang berbeda. Sebetulnya kalu
dilihat dari segi kegunaannya kurang begitu penting, namunhal ini merupakan
syarat utama.
Sedangkan format penyusunan
RPP versi lama masih menggunakan metode pembelajaran, sehingga seakan menuntut
guru yang harus aktif dalam PBM, sehingga pola seperti ini dianggap oleh pakar
pendidikan, karena mengacu pada pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 13 ini siswa
harus lebih aktif dan beginilah kurang lebihnya Format RPP KK13
Terbaru 2016 yang kita susun:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : .............................
Kelas/Semester : .............................
Tema : ............................
Sub Tema : ...........................
Pertemuan ke : ...........................
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit.
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1. Kompetensi Dasar:
......................................................................................................................
......................................................................................................................
......................................................................................................................
2. Indikator
......................................................................................................................
......................................................................................................................
......................................................................................................................
C. Materi Ajar
......................................................................................................................
......................................................................................................................
......................................................................................................................
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Dekskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Guru memberikan salam dan mengajak
peserta didik berdoa.
· Guru mengondisikan peserta didik /
kelas dan mengecek kehadiran peserta didik.
· Guru mengaitkan materi
pembelajaran dengan ........
· Guru menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
· Guru menyampaikan ruang lingkup
materi yang akan dipelajari, yaitu .......
· Guru menyampaikan lingkup dan
teknik penilaian yang akan digunakan.
|
15 menit
|
Inti
|
………………………………………................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
|
105
menit
|
Penutup
|
· Peserta didik
dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
· Guru memberi
kesempatan pada beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang
pembelajaran yang telah di ikuti, penyampaiannya dapat berupa
pernyataan kalimat atau berupa gambar/simbol.
·
Guru
melakukan penilaian .
·
Peserta didik
ditugaskan untuk ..................
· Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
·
Salam dan doa
penutup.
|
15 menit
|
E. Penilaian Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap ( dengan
lembar pengamatan )
b. Penilaian Pengetahuan :
Tes Tertulis
c. Penilaian Ketrampilan
Produk :
2. Instrumen
Penilaian
F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media :
a. ……………………………….
b. ……………………………….
c. ……………………………….
2. Alat :
a. ……………………………….
b. ……………………………….
c. ……………………………….
3. Sumber
Pembelajaran :
a. ……………………………….
b. ……………………………….
c. ……………………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah
…………………………
NIP. …………………
|
……………, …….. 2016
Guru kelas ….
………………………..
NIP. ………..
|
0 Response to "Format RPP Kurikulum Nasional Revisi 2016"
Post a Comment