Selamat Datang di Website PERANGKAT MENGAJAR | Kami Menerima Pesanan Pembuatan RPP K-13 Revisi 2017 (Lengkap dengan buku 1 dan buku 2) Hubungi No WA: 082168321603 | Terimakasih Kunjungannya.

Trimakasih telah berkunjung di perangkatmengajarza.blogspot.com Kami selalu menunggu kunjungan Anda berikutnya! Salaaaaaaam dari ZAINAL ABIDIN, S.Pd (Guru SMA Negeri Unggul Pidie Jaya) Untuk mendapatkan informasi terbaru silahkan bergabung dengan cara klik disini ----> FACEBOOK ZAINAL ABIDIN atau FACEBOOK INFO PENDIDIKAN

Format RPP Kurikulum Nasional Revisi 2016

Dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan tugas dan tanggungjawab seorang pendidik, baik dari tingkat dasar sampai dengan menengah, namun sering masih ditemukan berbagai format yang berbeda. Sebetulnya kalu dilihat dari segi kegunaannya kurang begitu penting, namunhal ini merupakan syarat utama.

format rpp revisi 2013


Sedangkan format penyusunan RPP versi lama masih menggunakan metode pembelajaran, sehingga seakan menuntut guru yang harus aktif dalam PBM, sehingga pola seperti ini dianggap oleh pakar pendidikan, karena mengacu pada pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 13 ini siswa harus lebih aktif dan beginilah kurang lebihnya Format RPP KK13 Terbaru 2016 yang kita susun:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
(RPP)
Sekolah                       :   .............................
Kelas/Semester           :   .............................
Tema                           :   ............................
Sub Tema                    :   ...........................
Pertemuan ke              :   ...........................
Alokasi Waktu            :   6 x 35 menit.
A. Kompetensi Inti
KI 1
:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
 1. Kompetensi Dasar:
     ......................................................................................................................
    ......................................................................................................................
    ......................................................................................................................
2. Indikator
    ......................................................................................................................
    ......................................................................................................................
    ......................................................................................................................
C. Materi Ajar
    ......................................................................................................................
    ......................................................................................................................
    ......................................................................................................................

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran


Kegiatan
Dekskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·   Guru memberikan salam dan mengajak  peserta didik berdoa.
·  Guru mengondisikan peserta didik / kelas dan mengecek kehadiran peserta didik.
·   Guru mengaitkan materi pembelajaran dengan ........
·   Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari 
·   Guru menyampaikan ruang lingkup materi yang akan dipelajari, yaitu .......
·   Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
15 menit
Inti
………………………………………................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
105
menit
Penutup
·  Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran 
·  Guru memberi kesempatan pada beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah di ikuti, penyampaiannya dapat berupa pernyataan kalimat atau berupa gambar/simbol.
·       Guru melakukan penilaian .
·       Peserta didik ditugaskan untuk ..................
· Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
·       Salam dan doa penutup.
15 menit

E.  Penilaian Pembelajaran
     1. Teknik  Penilaian
 a.   Penilaian Sikap ( dengan lembar pengamatan )
 b.   Penilaian Pengetahuan :
  Tes Tertulis
 c.   Penilaian Ketrampilan
  Produk :
      2. Instrumen Penilaian


     F.   Media, Alat dan Sumber  Pembelajaran
     1.    Media :
                 a.       ……………………………….
                 b.      ……………………………….
                 c.       ……………………………….
         2.    Alat :
                 a.       ……………………………….
                 b.      ……………………………….
                 c.       ……………………………….
         3.    Sumber Pembelajaran :
 a.       ……………………………….
 b.      ……………………………….
           c.       ……………………………….



Mengetahui
Kepala Sekolah


…………………………
NIP. …………………

……………,  …….. 2016
Guru kelas ….


………………………..
NIP. ………..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Format RPP Kurikulum Nasional Revisi 2016"

Post a Comment