RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMA Negeri 1 Bantul
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas/Semester :
XI/1
Materi Pokok : Kesetimbangan
Kimia
Alokasi Waktu : 4
pertemuan, 12 JP 40 menit
I.
KOMPETENSI INTI
KI 1: Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
II.
KOMPETENSI
DASAR
3.8. Menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan yang diterapkan
dalam industri.
3.9. Menentukan
hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi
kesetimbangan.
4.8. Merancang,
melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah
kesetimbangan.
4.9. Memecahkan
masalah terkait hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi
kesetimbangan.
III.
INDIKATOR
PEMBELAJARAN
Kognitif
a. Menjelaskan
keetimbangan dinamis.
b. Menyatakan
tetapan kesetimbangan suatu reaksi.
c. Menuliskan
persamaan reaksi berdasarkan tetapan kesetimbangan yang diketahui.
d. Menentukan
tetapan kesetimbanganpada sistem heterogen.
e. Menghitung
nilai ketetapan kesetimbangan reaksi (Kc) berdasarkan data sekunder.
f. Menghitung
nilai ketetapan kesetimbangan tekanan (Kp) berdasarkan data sekunder.
g. Menghubungkan
tetapan kesetimbangan konsentrasi (Kc) dengan tetapan kesetimbangan tekanan
(Kp) berdasarkan persamaan gas ideal.
h. Menentukan
nilai derajat disosiasi (α) suatu reaksi kesetimbangan.
i. Menjelaskan
pengaruh konsentrasi zat terhadap pergeseran arah kesetimbangan melalui
percobaan.
j. Menjelaskan
pengaruh tekanan atau volume terhadap pergeseran arah kesetimbangan reaksi yang
melibatkan gas.
k. Menjelaskan
pengaruh suhu terhadap pergeseran arah kesetimbangan melalui percobaan.
l. Menjelaskan
peran kesetimbangan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan pada industri..
Psikomotor
a.
Merangkai dan menggunakan set alat dan
melakukan percobaan untuk membuktikan faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran
arah kesetimbangan.
b.
Menyajikan data hasil
diskusi kelompok mengenai faktor-faktor yang memengaruhi
pergeseran arah kesetimbangan secara sistematis
menggunakan bahasa yang sesuai.
IV. AMATERI
PEMBELAJARAN
1.
Materi
Prasyarat
o
Reaksi kimia
o
Termokimia
2.
Materi
Inti
o
Kesetimbangan dinamis.
o
Pergeseran arah kesetimbangan.
o
Tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp).
o
Kesetimbangan dalam kehidupan
sehari-hari.
VI. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
A.
Pertemuan Pertama
Kegiatan Pembelajaran
|
Langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
Pendahuluan
o Siswa menjawab salam dan berdo’a.
o Siswa diperiksa kehadirannya oleh guru.
o Siswa dikondisikan untuk siap melakukan
pembelajaran.
Apersepsi
o Siswa meninjau kembali materi mengenai reaksi kimia
dan persamaan reaksi.
o Siswa diberikan informasi mengenai materi
pembelajaran dan cakupan materi ajar kesetimbangan kimia.
Motivasi
o Siswa
diberikan motivasi bahwa dalam kehidupan sehari-hari, kita sangat akrab
dengan kesetimbangan kimia.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
o Siswa
diperlihatkan gambar rokok.
o Siswa
memperhatikan penjelasan guru mengenai bahaya asap rokok, dimana gas CO yang
dihasilkan pada pembakaran rokok dapat bereaksi dengan hemoglobin (Hb) dalam
darah penghisapnya, melepaskan O2 dari HbO2,
berkesetimbangan dengan HbCO dan menjadi racun bagi tubuh.
Menanya
o
Siswa melakukan tanya jawab dengan guru terkait
kesetimbangan kimia.
Mengumpulkan
Data
o Siswa
dikondisikan untuk berkelompok sesuai dengan pembagian kelompok yang telah
ditentukan pada pertemuan sebelumnya.
o Setiap
kelompok siswa melakukan telaah mengenai reaksi kesetimbangan dari sumber
yang dimiliki dan merangkum hasil kajiannya.
o Setiap
kelompok siswa menyusun peta konsep berdasarkan hasil kajian diskusi
kelompoknya.
Mengasosiasi
o
Siswa
mendiskusikan temuannya mengenai kesetimbangan dinamis.
o
Siswa
mendiskusikan temuannya mengenai tetapan kesetimbangan berdasarkan
konsentrasi dan tetapan kesetimbangan berdasarkan tekanan.
o
Siswa
membedakan tetapan kesetimbangan reaksi pada sistem homogen dengan sistem
heterogen.
o
Siswa
mendiskusikan mengenai faktor-faktor pergseran arah kesetimbangan.
Mengkomunikasikan
o
Perwakilan dari setiap kelompok siswa menyampaikan
hasil diskusi kelompoknya secara lisan di depan kelas.
o
Siswa bersama guru mengulas kembali pengenalan
kesetimbangan kimia.
|
20 menit
70 menit
40 menit
|
Kegiatan Akhir
|
Penutup
o Setiap siswa dalam kelompok dipersilakan menyalin
atau mengcopyhasil diskusi yang
telah dikerjakan bersama-sama untuk dijadikan pegangan siswa.
o Siswa mengumpulkan salah satu hasil diskusi yang
telah dikerjakan secara berkelompok kepada guru beserta lembar Peer Assessment dan lembar Self Assessment.
o Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menanyakan
materi pembelajaran yang masih belum jelas.
o Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
o Siswa diberi tugas untuk membaca mengenai Perhitungan Nilai Tetapan Kesetimbagan.
o Siswa berdo’a.
o Siswa menjawab salam penutup.
|
20 menit
|
B.
Pertemuan Kedua
Kegiatan Pembelajaran
|
Langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
Pendahuluan
o Siswa menjawab salam dan berdo’a.
o Siswa diperiksa kehadirannya oleh guru.
o Siswa dikondisikan untuk siap melakukan
pembelajaran.
Apersepsi
o Siswa meninjau kembali materi sebelumnya mengenai
pengenalan kesetimbangan kimia.
Motivasi
o Siswa
diberikan informasi materi pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
o Siswa mengamati
penjelasan guru mengenai penentuan nilai tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp) suatu
reaksi kimia.
o Siswa mengamati
penjelasan guru mengenai hubungan Kc dan Kp suatu reaksi.
o Siswa mengamati
penjelasan guru mengenai penentuan derajat disosiasi (α).
Menanya
o
Siswa melakukantanya jawab dengan guru mengenai penentuan
tetapan kesetimbangan reaksi.
Mengumpulkan
Data
o Siswa
dikondisikan untuk berkelompok sesuai dengan pembagian kelompok yang telah
ditentukan pada pertemuan sebelumnya.
o Setiap
kelompok siswa menerima Soal Kuis (Lampiran
1) yang dibagikan oleh guru.
o Siswa
mengerjakan kuis sesuai waktu yang ditetapkan oleh guru. Kelompok yang
mengumpulkan hasil diskusinya sebelum waktu yang ditetapkan mendapatkan nilai
plus dari total nilai yang dimiliki, sedangkan kelompok yang terlambat dari
waktu yang ditentukan akan mendapatkan minus dari total nilai yang dimiliki.
Mengasosiasi
o
Siswa
mendiskusikan soal-soal terkait penentuan Kc dan Kp reaksi.
o
Siswa
menentukan derajat disosiasi (α) berdasarkan data yang diketahui.
Mengkomunikasikan
o
Siswa bersama guru membahas soal kuis yang telah
selesai dikerjakan oleh siswa.
o
Siswa dipersilakan untuk menyampaikan jawaban kuis
yang dibahas.
|
60 menit
30 menit
40 menit
|
Kegiatan Akhir
|
Penutup
o Setiap siswa dalam kelompok dipersilakan menyalin
atau mengcopyhasil diskusi yang
telah dikoreksi bersama untuk dijadikan pegangan.
o Siswa mengumpulkan salah satu hasil diskusidan poin
yang dimiliki dari setiap kelompok kepada guru.
o Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menanyakan
materi pembelajaran yang masih belum jelas.
o Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
o Siswa diberi tugas untuk mempersiapkan praktikum
pada pertemuan berikutnyamengenai Faktor-faktor
yang Memengaruhi Pergeseran Arah Kesetimbangan.
o Siswa berdo’a.
o Siswa menjawab salam penutup.
|
20 menit
|
C.
Pertemuan Ketiga
Kegiatan Pembelajaran
|
Langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
Pendahuluan
o Siswa menjawab salam dan berdo’a.
o Siswa diperiksa kehadirannya oleh guru.
Apersepsi
o Siswa meninjau kembali materi sebelumnya mengenai penentuan
tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp).
Motivasi
o Siswa
diberikan motivasi mengenai pembuktian faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran
arah kesetimbangan.
o Siswa dikondisikan
untukberkelompok sesuai dengan pembagian pada pertemuan sebelumnya.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
o Siswa mengamati
penjelasan guru mengenai faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran arah
kesetimbangan.
o Siswa mengamati
pengarahan yang dilakukan oleh guru dalam melakukan percobaan.
Menanya
o
Siswa melakukantanya jawab dengan guru mengenai faktor-faktor
yang memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
Mengumpulkan
Data
o Siswa
dikondisikan untuk berkelompok.
o Setiap
kelompok siswa dibagi menjadi 2 kelompok besar, untuk menerima LKS praktikum
(Lampiran 2)yang berbeda-beda,
dengan pembagian judul praktikum sebagai berikut:
-
Kelompok besar 1: pengaruh konsentrasi zat terhadap pergeseran arah kesetimbangan(Lampiran
2A)
-
Kelompok besar 2: pengaruh suhu terhadap pergeseran arah kesetimbangan(Lampiran 2B)
o
Siswa
membaca dan menelaah LKS yang telah diberikan oleh guru.
o
Siswa
melakukan praktikum sesuai dengan langkah kerja pada LKS.
o
Siswa menuliskan
hasil observasi pada LKS berdasarkan hasil praktikum.
Mengasosiasi
o
Siswa
menganalisis peristiwa yang terjadi pada pemberian kondisi yang berbeda-beda
terhadap suatu reaksi kimia yang berlangsung selama praktikum.
o
Siswa mendiskusikan
soal-soal yang terdapat pada LKS praktikum sesuai dengan hasil observasi yang
teah dilakukan.
Mengkomunikasikan
o
Perwakilan siswa dalam kelompok besar menyampaikan hasil diskusi kelompoknya
secara lisandi depan kelas.
o
Siswa dalam kelompok lainnya menulis resume atau
rangkuman hasil percobaan yang dipresentasikan kelompok lain.
o
Siswa bersama guru mengoreksi kesalahan yang terjadi
selama praktikum.
o
Siswa menyimak penjelasan guru mengenai
faktor-faktor lain yang memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan, yakni
tekanan/volume.
|
10 menit
70 menit
30 menit
20 menit
|
Kegiatan Akhir
|
Penutup
o Setiap siswa dalam kelompok dipersilakan menyalin
atau mengcopyhasil diskusi yang
telah dikerjakan bersama kelompoknya sebagai pegangan.
o Siswa mengumpulkan LKS hasil diskusidari setiap kelompok
kepada guru.
o Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menanyakan
materi pembelajaran yang masih belum jelas.
o Setiap siswa secara individu ditugaskan untuk
menuliskan laporan hasil percobaan yang telah dilakukan bersama kelompok
kecilnya sesuai format yang terlampir (Lampiran
3).
o Siswa diberi tugas untuk membawa berbagai sumber
terkait Aplikasi Kesetimbangan dalam
Kehidupan Sehari-hari dan Industri.
o Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
o Siswa berdo’a.
o Siswa menjawab salam penutup.
|
20 menit
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
Pendahuluan
o Siswa menjawab salam dan berdo’a.
o Siswa diperiksa kehadirannya oleh guru.
Apersepsi
o Siswa meninjau kembali materi sebelumnya mengenai
faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
Motivasi
o Siswa
diberikan motivasi mengenai aplikasi kesetimbangan dalam kehidupan
sehari-hari dan dalam industri.
o Siswa dikondisikan
untukberkelompok sesuai dengan pembagian pada pertemuan sebelumnya.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
o Siswa mengamati
pengarahan yang dilakukan oleh guru dalam diskusi kelompok yang akan
dilaksanakan.
Menanya
o
Siswa melakukan tanya jawab dengan guru mengenai aplikasi
kesetimbangan dalam kehidupan sehari-hari dan dalam industri.
Mengumpulkan
Data
o
Setiap kelompok siswa diminta untuk mencari materi
aplikasi kesetimbanganuntuk didiskusikan yang berbeda dengan kelompok lainnya,
setiap aplikasi yang dipilih kelompok siswa dituliskan di papan tulis oleh
guru.
o
Kelompok yang tidak dapat menemukan bidangnya boleh
menerima saran dari kelompok lainnya. Kelompok yang memberi saran akan
menerima skor plus dari skor total yang dimilikinya.
Mengasosiasi
o
Setiap kelompok siswa mendiskusikan dan menganalisis
peran kestimbangan kimia dalam aplikasi yang dipilihnya.
Mengkomunikasikan
o
Setiap kelompok siswa menyampaikan hasil diskusi
kelompoknya secara lisandi depan kelas.
o
Siswa dalam kelompok lainnya diminta memperhatikan
dan menuliskan resume atau rangkuman hasil diskusi yang dipresentasikan
kelompok lain.
o
Kelompok siswa yang melakukan presentasi di depan kelas
membuka sesi tanya jawab dengan kelompok lain. Apabila tidak dapat
menjawabnya, siswa dipersilakan mencari lagi dari sumber lain.
|
5 menit
20 menit
60 menit
40 menit
|
Kegiatan Akhir
|
Penutup
o Siswa mengumpulkan hasil diskusidari setiap kelompok
kepada guru.
o Setiap siswa secara individu mengumpulkan resume
yang telah ditulisnya selama proses presentasi berlangsung kepada guru.
o Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menanyakan
materi pembelajaran yang masih belum jelas.
o Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
o Siswa berdo’a.
o Siswa menjawab salam penutup.
|
20 menit
|
V. PENILAIAN EMBELAJARAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian kognitif : Tes tertulis, kuis
b. Penilaian afektif : Sikap siswa selama pembelajaran berlangsung
c. Penilaian psikomotorik : Keterampilan siswa selama melakukan percobaan dalam laboratorium dan dalam diskusi kelompok
2. Media Alat dan Bahan Penilaian dan Sumber
Media Pembelajaraan : Power point mengenai kesetimbangan kimia
Alat dan Bahan Pembelajaran : Alat tulis, alat dan bahan percobaan.
Sumber Pembelajaraan : Buku kimia dan artikel-artikel terkait
2. Instrumen Penilai
· Instrumen Penilaian Kognitifan
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian kognitif : Tes tertulis, kuis
b. Penilaian afektif : Sikap siswa selama pembelajaran berlangsung
c. Penilaian psikomotorik : Keterampilan siswa selama melakukan percobaan dalam laboratorium dan dalam diskusi kelompok
2. Media Alat dan Bahan Penilaian dan Sumber
Media Pembelajaraan : Power point mengenai kesetimbangan kimia
Alat dan Bahan Pembelajaran : Alat tulis, alat dan bahan percobaan.
Sumber Pembelajaraan : Buku kimia dan artikel-artikel terkait
2. Instrumen Penilai
· Instrumen Penilaian Kognitifan
Tujuan Pembelajaran
|
Soal
|
Skor
|
a.
Siswa dapat menjelaskan kesetimbangan
dinamis.
|
1.
Jelaskan apa yang Anda ketahui mengenai kesetimbangan dinamis?
|
10
|
b.
Siswa dapat menyatakan tetapan
kesetimbangan suatu reaksi.
|
2.
Tuliskan Kc untuk reaksi kesetimbangan berikut:
a) PCl5(g) PCl3(g) + Cl2(g)
b) 2NH3(g) N2(g) + 3H2(g)
c) 2SO2(g) + O2(g) 2SO3(g)
|
30
|
c.
Siswa dapat menuliskan persamaan
reaksi berdasarkan tetapan kesetimbangan yang diketahui.
|
3. Tuliskan
persamaan reaksi kesetimbangan bagi persamaan Kc berikut:
a) Kc
=
b) Kc
=
c) Kc
=
|
30
|
d.
Siswa dapat menentukan tetapan
kesetimbangan pada sistem heterogen.
|
4.
Tentukan Kc dari reaksi-reaksi kesetimbangan berikut:
a) CaCO3(s)
CaO(s) + CO2(g)
b) 2C(s) + O2(g)
2CO(g)
c) SnO2(s)
+ 2H2(g) Sn(s) +
2H2O(g)
d) BaSO4(s)
Ba2+(aq) + SO42–(aq)
e) PbI2(s)
Pb2+(aq) + 2I–(aq)
|
50
|
e.
Siswa dapat menghitung nilai
ketetapan kesetimbangan reaksi (Kc) berdasarkan data sekunder.
|
5.
Diketahui reaksi kesetimbangan:
(1) P2
+ Q2 2PQ, dengan
Kc1 = 32, dan
(2) PS + Q2 PQ
+ S, dengan Kc2 = 4
Tentukan Kc3 untuk reaksi:
P2 +
2S 2PS.
6.
Pada suhu tertentu, diketahui Kc1 reaksi:
N2(g)
+ 3H2(g) 2NH3(g)
adalah 16.
Tentukan:
a) Kc2
untuk reaksi:
2NH3(g) N2(g) + 3H2(g)
b) Kc3
untuk reaksi:
N2(g) + H2(g) 2NH3(g)
|
10
20
|
f.
Siswa dapat menghitung nilai
ketetapan kesetimbangan tekanan (Kp) berdasarkan data sekunder.
|
7.
Reaksi kesetimbangan:
N2O4(g)
2NO2(g)
memiliki tetapan kesetimbangan (Kp) = 8. Jika tekanan parsial N2O4
= 2 atm, tentukan tekanan parsial NO2.
|
10
|
g.
Siswa dapat menghubungkan tetapan
kesetimbangan konsentrasi (Kc) dengan tetapan kesetimbangan tekanan (Kp)
berdasarkan persamaan gas ideal.
|
8.
Tuliskan hubungan Kp dan Kc beberapa reaksi kesetimbangan berikut:
a) 2HI(g) H2(g) + I2(g)
b) PCl5(g)
PCl3(g) + Cl2(g)
c) 2SO2(g)
+ O2(g) 2SO3(g)
|
30
|
h.
Siswa dapat menentukan nilai derajat
disosiasi (α) suatu reaksi kesetimbangan.
|
9.
Senyawa NH3 dibiarkan terurai sampai terjadi kesetimbangan.
Jika pada keadaan setimbang, jumlah mol NH3 dan N2
adalah sama, tentukan derajar disosiasi NH3 tersebut.
|
10
|
i.
Siswa dapat menjelaskan pengaruh konsentrasi
zat terhadap pergeseran arah kesetimbangan melalui percobaan.
|
10. Diketahui
persamaan reaksi kesetimbangan berikut:
2CO(g) + O2(g)
2CO2(g) ΔH = –566 kJ
Tentukan arah kesetimbangan reaksinya jika:
a)
ke dalam larutan ditambahkan oksigen
b)
ke dalam larutan ditambahkan gas CO2
|
20
|
j.
Siswa dapat menjelaskan pengaruh
tekanan atau volume terhadap pergeseran arah kesetimbangan reaksi yang
melibatkan gas.
|
11. Dari soal
nomor 10, tentukan arah kesetimbangan reaksinya jika:
a)
volume diperkecil
b)
tekanan diturunkan
|
20
|
k.
Siswa dapat menjelaskan pengaruh
suhu terhadap pergeseran arah kesetimbangan melalui percobaan.
|
12. Dari soal
nomor 10, tentukan arah kesetimbangan reaksinya jikasuhu dinaikkan.
|
10
|
l.
Siswa dapat menjelaskan peran
kesetimbangan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan pada industri.
|
13. Jelaskan menurut
pendapat Anda sendiri, mengapa asap rokok dapat berbahaya bagi tubuh?
Jelaskan menurut konsep kesetimbangan yang telah Anda pelajari.
14. Jelaskan menurut
pendapat Anda sendiri berdasarkan konsep kesetimbangan yang telah dipelajari
mengenai pembuatan amonia sebagai bahan dasar pupuk urea.
|
20
20
|
·
Instrumen
Penilaian Afektif
Penilaian afektif menggunakan lembar observasi yang
terlampir pada Pedoman Penilaian,Self Assessment, dan Peer Assessment.
·
Instrumen
Penilaian Psikomotor
Penilaian psikomotor
menggunakan lembar observasi praktikum dan diskusi kelompokyang terlampir pada Pedoman Penilaian
3.
Pedoman
Penilaian
·
Penilaian Pengetahuan
Tabel
penilaian hasil tes
No
|
Nama Siswa
|
Nomor Soal
|
Skor
|
|||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
|||
1
|
||||||||||||||||
2
|
||||||||||||||||
3
|
||||||||||||||||
4
|
||||||||||||||||
5
|
||||||||||||||||
dst
|
|
·
Penilaian Afektif
Tujuan Afektif:
a.
Siswa mampu menunjukkan
perilaku ilmiah dalam memecahkan masalah pada diskusi kelompok.
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor Total
|
||||||||
Teliti
|
Bertanggung
Jawab
|
Jujur
|
|||||||||
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
|||
1.
|
|||||||||||
2.
|
|||||||||||
3.
|
|||||||||||
...
|
Rubrik:
0 : jika tidak teliti dalam menjalankan praktikum, tidak bertanggung
jawab atas kebersihan dan keutuhan alat, serta tidak jujur dalam menuliskan
hasil praktikum dalam diskusi kelompok.
1 : jika teliti dalam menjalankan praktikum, bertanggung jawab atas
kebersihan dan keutuhan alat, sertajujur dalam menuliskan hasil praktikum dalam
diskusi kelompok, namun lamban dan tidak tegas ketika bekerja di dalam
laboratorium.
2 : jika teliti dalam menjalankan praktikum, bertanggung jawab atas
kebersihan dan keutuhan alat, sertajujur dalam menuliskan hasil praktikum dalam
diskusi kelompok.
Tujuan Afektif:
b.
Siswa mampu menunjukkan
sikap aktif dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan terkait materi kesetimbangan
kimia.
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor Total
|
|||||
Aktif
Bertanya
|
Aktif
Menjawab
|
|||||||
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
|||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
...
|
Rubrik:
0 : jika tidak aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan yang
disampaikan.
1 : jika bertanya dan menjawab
pertanyaan yang disampaikan, namun tidak
sistematis dalam menyampaikan pertanyaan dan salah konsepnya ketika menjawab.
2 : jika bertanya dan
menjawab pertanyaan yang disampaikan,
serta sistematis dalam menyampaikan pertanyaan dan benar konsepnya ketika
menjawab.
Tujuan Afektif:
c.
Siswa mampu menunjukkan
sikap kritis dalam menanggapi penjelasan maupun pendapat mengenai peristiwa
yang terjadi dalam mempelajari kesetimbangan kimia.
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor Total
|
||||||||
Bertanya
|
Berpendapat
|
Menjawab
|
|||||||||
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
|||
1.
|
|||||||||||
2.
|
|||||||||||
3.
|
|||||||||||
...
|
Rubrik:
0 : jika tidak bertanya, tidak berpendapat, dan tidak menjawab.
1 : jika bertanya,
berpendapat, atau menjawab, namun kurang
sesuai dengan materi.
2 : jika bertanya,
berpendapat, atau menjawab, dan isinya sesuai dengan materi.
· Penilaian
Psikomotor
Tujuan Psikomotor:
a. Siswa
terampil dalam merangkai dan menggunakan
set alat dan melakukan percobaan untuk membuktikan faktor-faktor yang
memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan.
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
|||
SB
|
Baik
|
Kurang
|
SK
|
|
Skor: 4
|
Skor: 3
|
Skor: 2
|
Skor: 1
|
|
1. Siswa
menyiapkan alat dan bahan dengan tepat.
2. Siswa
membersihkan dan mengeringkan alat sebelum praktikum.
3. Siswa menyusun
alat dengan benar.
4. Siswa
menggunakan bahan dengan tepat.
5. Siswa mencatat
perubahan yang terjadi pada hasil reaksi setelah diberikan perlakuan.
6. Siswa
membersihkan alat setelah praktikum.
7. Siswa melakukan
percobaan tepat waktu.
|
||||
Jumlah
|
||||
Jumlah Total:
|
Tujuan Psikomotor:
b. Siswa
terampil dalam menyajikan data hasil diskusi kelompok mengenai faktor-faktor
yang memengaruhi pergeseran arah kesetimbangan secara
sistematis menggunakan bahasa yang sesuai.
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor Total
|
|||||
Penggunaan
Bahasa
|
Kecakapan
dalam Berbicara
|
|||||||
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
|||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
...
|
Rubrik:
0 : jika tidak menggunakan
bahasa yang sopan atau tidak mahir dalam
menyampaikan informasihasil diskusi kelompok.
1 : jika menggunakan bahasa
yang sopan namun
tidak percaya diri
dalam berbicara atau kurang mahir
dalam menyampaikan informasihasil diskusi kelompok secara sistematis.
2 : jika menggunakan bahasa
yang sopan atau
mahir dalam menyampaikan
informasihasil diskusi kelompok secara sistematis.
LEMBAR PENILAIAN DIRI
(SELF
ASSESSMENT)
Berikan penilaian terhadap diri Anda sendiri dengan memberikan tanda
centang (Ö) pada kolom disamping
pernyataan secara jujur!
Nama :....................................................
Kelompok :....................................................
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Apakah sebelum menghadiri
pembelajaran hari ini Anda membaca terlebih dahulu materi yang akan
dipelajari?
|
||
2.
|
Apakah Anda mengumpulkan dan membawa bahan diskusi?
Jika “Ya”, tuliskan kategori bahan diskusi yang Anda bawa.
.........................................................................................................
.........................................................................................................
|
||
3.
|
Apakah Anda memberikan
kritik pada pendapat teman Anda dalam diskusi kelompok?
|
||
4.
|
Apakah Anda menerima kritik dari teman Anda?
|
||
5.
|
Apakah Anda memberikan
saran atau pendapat Anda dalam diskusi kelompok?
|
||
6.
|
Apakah Anda mengajukan pertanyaan pada teman lain selama diskusi
berlangsung?
|
||
7.
|
Apakah Anda mengajukan
pertanyaan pada guru selama diskusi berlangsung?
|
||
8.
|
Apakah Anda mendorong teman Anda untuk berpendapat/mengajukan pertanyaan/mengkritik?
|
||
9.
|
Apakah Anda memahami
materi pembelajaran mengenai Kesetimbangan Kimia yang telah dilaksanakan?
Jika “Tidak” ungkapkan bagian yang masih membingungkan Anda.
.........................................................................................................
.........................................................................................................
|
||
10.
|
Apakah Anda merasa puas dengan diskusi kelompok yang telah dilakukan?
Jika “Tidak” ungkapkan alasan Anda.
.........................................................................................................
.........................................................................................................
|
PERHATIAN:
kumpulkan lembar ini pada guru yang mengajar!
LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN
(PEER
ASSESSMENT)
Berikan penilaian Anda terhadap teman-teman sekelompok Anda dengan
memberikan tanda centang (Ö) pada kolom pernyataan secara
jujur dan objektif!
Nama Penilai :
....................................................
Kelompok :
....................................................
No.
|
Nama Teman
Anda
|
Membawa Bahan Diskusi
|
Memberikan Kritik
|
Menerima Kritik
|
Memberikan Pendapat
|
Memberikan Saran
|
Mengajukan Pertanyaan pada Teman
|
Mengajukan Pertanyaan pada Guru
|
Memotivasi Teman Lain
|
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
|||||||||
5.
|
PERHATIAN: kumpulkan
lembar ini pada guru yang mengajar!
LAMPIRAN
|
KUIS PENENTUAN TETAPAN KESETIMBANGAN
DAN DERAJAT DISOSIASI
1.
Tentukan Kc dari reaksi-reaksi kesetimbangan berikut:
a)
CaCO3(s) CaO(s) + CO2(g)
b)
2C(s) + O2(g) 2CO(g)
c)
SnO2(s) + 2H2(g)
Sn(s) + 2H2O(g)
d)
BaSO4(s) Ba2+(aq) + SO42–(aq)
e)
PbI2(s) Pb2+(aq)
+ 2I–(aq)
2.
Diketahui reaksi kesetimbangan:
(1) P2 + Q2 2PQ, dengan Kc1 = 32,
dan
(2) PS + Q2 PQ
+ S, dengan Kc2 = 4
Tentukan
Kc3 untuk reaksi:
P2 + 2S 2PS.
3.
Pada suhu tertentu, diketahui
Kc1 reaksiN2(g) + 3H2(g) 2NH3(g) adalah 16.
Tentukan:
Kc2 untuk reaksi 2NH3(g) N2(g) + 3H2(g)
4.
Reaksi kesetimbangan:
N2O4(g) 2NO2(g)
memiliki tetapan kesetimbangan (Kp) = 8. Jika tekanan parsial N2O4
= 2 atm, tentukan tekanan parsial NO2.
5.
Tuliskan hubungan Kp dan Kc beberapa reaksi kesetimbangan berikut:
2SO2(g) + O2(g) 2SO3(g)
6.
Senyawa NH3
dibiarkan terurai sampai terjadi kesetimbangan. Jika pada keadaan setimbang,
jumlah mol NH3 dan N2 adalah sama, tentukan derajar
disosiasi NH3 tersebut.
|
PENGARUH
KONSENTRASI TERHADAP PERGESERAN KESETIMBANGAN
Tujuan
Menyimpulkan pengaruh perubahan
konsentrasi terhadap sistem kesetimbangan
SCN–(aq) + Fe3+(aq) Fe(SCN)2+(aq).
A.
Dasar
Teori
Jika pada sistem kesetimbangan
dilakukan penambahan ataupengurangan salah satu pereaksi atau hasil reaksi,
sistem akan mengadakan reaksi untuk mengurangi gangguan tersebut.
B.
Alat
dan Bahan
Alat:
|
Bahan:
|
||
Gelas
kimia
|
1
buah
|
Larutan
NaH3PO4 0,01 M
|
|
Tabung
reaksi
|
4
buah
|
Larutan
Fe(NO3)3 0,01 M
|
|
Pipet
tetes
|
3
buah
|
Larutan
KSCN 0,01 M
|
|
Gelas
ukur
|
1
buah
|
C.
Langkah
Kerja
1. 25
mL KSCN 0,01 M dan 2 tetes Fe(NO3)3 0,01 M dituangkan ke
dalam gelas kimia.
2. Campuran
larutan tersebut dituangkan ke dalam 4 buah tabung reaksi.
3. Tabung
1 disimpan sebagai pembanding.
4. Ke
dalam tabung 2 ditambahkan 1 tetes KSCN 0,01 M. Amati hasilnya, catat perubahan
warna yang terjadi.
5. Ke
dalam tabung 3 ditambahkan 1 tetes Fe(NO3)3 0,01 M. Amati
hasilnya, catat perubahan warna yang terjadi.
6. Ke
dalam tabung 4 ditambahkan 1 tetes NaH3PO4 0,01 M. Amati
hasilnya, catat perubahan warna yang terjadi.
D.
Tabel
Hasil Pengamatan
Hasil
Pengamatan Awal
Jenis Larutan
|
Warna Larutan
|
KSCN
|
|
Fe(NO3)3
|
|
NaH3PO4
|
Hasil
Pengamatan Setelah Perlakuan
Tabung
ke-
|
Hasil
Pengamatan
|
|
Warna
Larutan Awal
|
Warna
Larutan setelah Penambahan Pereaksi
|
|
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
E.
Soal
1.
Tuliskan persamaan reaksi kesetimbangan
dari percobaan yang telah dilakukan.
2.
Tuliskan persamaan reaksi kesetimbangan
spesi kimia yang mengalami perubahan.
3.
Jelaskan arah perubahan kesetimbangan
yang terjadi pada penambahan larutan KSCN (tabung 2).
4.
Jelaskan arah perubahan kesetimbangan
yang terjadi pada penambahan larutan Fe(NO3)3(tabung 3).
5.
Jelaskan arah perubahan kesetimbangan
yang terjadi pada penambahan larutan NaH3PO4(tabung 4).
F.
Kesimpulan
Tulsikan kesimpulan berdasarkan
percobaan yang telah dilakukan.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
|
PENGARUH
SUHU TERHADAP PERGESERAN KESETIMBANGAN
Tujuan
Menyimpulkan pengaruh perubahan suhu
terhadap sistem kesetimbangan
CuSO4.5H2O(s)
CuSO4(s) + 5H2O(g).
A.
Dasar
Teori
Reaksi terhadapgangguan suhu sangat
bergantung pada sifat-sifat termokimia dari spesiyang terdapat dalam sistem
kesetimbangan.Seperti telah dibahas pada Bab Termokimia, ada reaksi eksoterm danreaksi
endoterm. Reaksi eksoterm dapat berubah menjadi reaksi endotermjika reaksinya
dibalikkan, sedangkan nilai ΔH reaksi tetap hanya tandanyasaja yang berubah.
B.
Alat
dan Bahan
Alat
|
Bahan
|
||
Cawan
penguap
|
1
buah
|
CuSO4.5H2O(s)
|
10
gram
|
Set
alat pembakar
|
1
set
|
Air
|
|
Kapas
|
secukupnya
|
||
Neraca
|
1
set
|
C.
Langkah
Kerja
1.
Panaskan 10 gram CuSO4.5H2O dalam cawan
penguap.
2.
Amati perubahan warna yang terjadi.
3.
Biarkan padatan mendingin. Setelah
dingin, tetesi dengan air. Amati perubahan yang terjadi.
4.
Tuliskan hasil pengamatan dalam bentuk
tabel.
D.
Hasil
Pengamatan
Perlakuan
|
Warna
Zat
|
Sebelum
pemanasan
|
|
Setelah
pemanasan
|
|
Setelah
penambahan air
|
E.
Soal
1. Bagaimanakah
warna tembaga(II) sulfat sebelum dipanaskan, setelahdipanaskan, dan setelah
ditambah air?
2. Termasuk
ke dalam reaksi jenis apa pemanasan CuSO4. 5H2O?
3. Tuliskan
persamaan reaksi yang terjadi ketika padatan yang telah dipanaskan ditambahkan
denganair.
4. Jelaskan
arah kesetimbangan yang terjadi ketika padatan dipanaskan.
5. Jelaskan
arah kesetimbangan yang terjadi ketika padatan yang telah dipanaskan
ditambahkan denganair.
F.
Kesimpulan
Tulsikan
kesimpulan berdasarkan percobaan yang telah dilakukan.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
|
Format
Cover Laporan
1. Judul
percobaan
2. Tujuan
percobaan
3. Kelompok
4. Anggota
Kelompok
5. Nama
Sekolah
Format
Isi Laporan
0 Response to "RPP Kesetimbangan Kimia"
Post a Comment