Selamat Datang di Website PERANGKAT MENGAJAR | Kami Menerima Pesanan Pembuatan RPP K-13 Revisi 2017 (Lengkap dengan buku 1 dan buku 2) Hubungi No WA: 082168321603 | Terimakasih Kunjungannya.

Trimakasih telah berkunjung di perangkatmengajarza.blogspot.com Kami selalu menunggu kunjungan Anda berikutnya! Salaaaaaaam dari ZAINAL ABIDIN, S.Pd (Guru SMA Negeri Unggul Pidie Jaya) Untuk mendapatkan informasi terbaru silahkan bergabung dengan cara klik disini ----> FACEBOOK ZAINAL ABIDIN atau FACEBOOK INFO PENDIDIKAN

Format dan Komponen RPP SMA Terbaru Revisi 2017

RPP SMA Terbaru Revisi 2017 sesuai dengan Panduan Penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi Terbaru disusun dengan menggunakan format seperti tampak pada ilustrasi di bawah.

Komponen RPP yang seharusnya tercantum dalam RPP meliputi:
  • Bagian Identitas RPP
Identitas Sekolah
Kompetensi Keahlian
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Tahun Pelajaran
Alokasi waktu
  • Kompetensi Inti
  • Kompetensi Dasar
  • Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Tujuan Pembelajaran
  • Materi Pembelajaran
  • Model dan Metode Pembelajaran
  • Kegiatan Pembelajaran
  • Media, Alat dan Sumber Belajar
  • Penilaian Pembelajaran
Rambu-rambu Penyusunan RPP SMK Terbaru Revisi 2017
No.
Komponen
Keterangan
1.
Identitas Sekolah
Kompetensi Keahlian
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Tahun Pelajaran
Diisi nama satuan pendidikan.
Diisi dengan Kompetensi Keahlian tempat; mata pelajaran tersebut diajarkan
Diisi nama Mata Pelajaran, seperti tertera pada Struktur Kurikulum
Diisi kelas dan semester; ganjil/genap.
Diisi dengan tahun pelajaran yang sedang berlangsung
2.
Alokasi waktu
Diisi jumlah jam pelajaran hasil analisis program semester.
3.
Kompetensi Inti
Disalin dari Kompetensi Inti yang tertuang pada Lampiran Permendikbud Nomor ……. tentang Kurikulum SMK 2013 untuk KI pengetahuan dan KI keterampilan.
4.
Kompetensi Dasar
KD disalin dari Lampiran Permendikbud Nomor ……. tentang Kurikulum SMK dan SK Dirjen Nomor ……….tentang Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar Program Keahlian (C2) dan Kompetensi Keahlian (C3) SMK/MAK.
Rumusan KD dituliskan untuk KD dari pengetahuan dan KD dari keterampilan.
5.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Dirumuskan sesuai kaidah pengembangan IPK KD
Contoh IPK KD Pengetahuan
3.2 Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi
Berdasarkan dimensi pengetahuan dan proses kognitif, maka IPK dari KD pengetahuan di atas sebagai berikut:
·         Menjelaskan simbul yang digunakan pada komunikasi daring online;
·         Menjelaskan pengertian komunikasi daring online;
·         Mendeskripsikan jenis-jenis komunikasi daring online;
·         Menentukan teknik komunikasi daring online yang akan digunakan sesuai jenis alat yang disediakan
Contoh IPK KD Keterampilan
4.2 Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..
Berdasarkan KD 4.2 tersebut, kata “menyajikan” adalah dimensi keterampilan konkret pada gradasi minimal P1 = level keterampilan konkret imitasi.
Berdasarkan analisis tersebut, maka IPK nya adalah:
Melakukan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh.
Mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugas
6.
Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran dikembangkan sesuai rumusan tujuan pembelajaran.
Berdasarkan IPK di atas, maka rumusan tujuan pembelajarannya yaitu:
·    Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan pengertian komunikasi daring online sesuai dengan buku teks secara santun.
·    Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan 4 simbul yang digunakan pada pengelolaan informasi digital daring online sesuai dengan buku teks secara santun.
·    Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan 2 jenis pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online dengan santun.
·    Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menentukan kebutuhan pokok fasilitas yang diperlukan untuk pengelolaan informasi digital daring online secara mandiri.
·    Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan cara melakukan komunikasi daring online dengan percaya diri.
·    Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik dapat melakukan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh dengan percaya diri.
·    Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik dapat mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugas sesuai prosedur dengan percaya diri.

7. 
Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran dikembangkan sesuai rumusan materi pembelajaran
Berdasarkancontoh tujuan pembelajaran diatas maka materi pembelajarannya adalah:
·         Pengertian komunikasi daring online
·         Simbol pada digital daring online
·         Jenis komunikasi daring online
·         Kebutuhan pokok fasilitas komunikasi daring online
·         Cara melakukan komunikasi daring online
Materi yang dikembangkan termasuk materi pengayaan (dapat dikembangkan berdasarkan buku siswa, referensi lain), materi yang terintegrasi dengan muatan lokal, dan materi yang diintegrasikan pada kegiatan ekstrakurikuler.

8.
Model dan Metode Pembelajaran
Diisi dengan model pembelajaran yang sesuai dengan KD dan IPK (lihat konsep Pemahaman Proses Pembelajaran: Tabel Perancah Pemaduan Sintaksis Model Pembelajaran dan pendekatan (proses berfikir dan bertindak sainitifik ).
9.
Kegiatan Pembelajaran
Diisi mengacu sintaks model pembelajaran yang ditetapkan.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran diorganisasikan menjadi kegiatan yang terdiri atas:
·         Kegiatan Pendahuluan
Pada kegiatan pendahuluan guru:
1.      Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2.      Mendiskusikan kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan kompetensi yang akan dipelajari.
3.      Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan.
4.      Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
5.      Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
·         Kegiatan Inti
Diisi dengan kegiatan siswa dan guru, dapat mengikuti urutan sintaks model belajar yang dipadukan dengan pendekatan (proses berfikir dan bertindak) sainitifik (hasil analisis pemaduan model tugas sesi 3).
Kegiatan 5M tersebut tidak harus terjadi sekaligus pada satu kali pertemuan, tetapi disesuaikan dengan karakteristik materi yang sedang dibahas.
Catatan: sintaksis (langkah-langkah) model pembelajaran dan langkah pendekatan (proses berfikir dan bertindak) sainitifik (5M) dapat menggunakan hasil penataan dari format perancah.
·         Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup meliputi antara lain:
1.      membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2.      refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
4.      menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
11.
Media, Alat, dan Sumber Belajar
Diisi dengan:
·     Sarana, alat bantu dan bahan yang digunakan pada proses pembelajaran di setiap RPP.
·     Sumber belajar dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan untuk setiap pertemuan sesuai dengan tuntutan KD.
·     Sumber belajar ditulis sesuai ketentuan penulisan literatur/referensi.
Contoh:
KD
Media/Alat , Bahan, dan
Sumber Belajar
KD 3.2 menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring
KD 4.2
Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..
Media:
LCD ProjectorAlat/bahan:
Fasilitas komunikasi daring 
dan jaringan internet
Sumber belajar: buku teks
pembelajaran, buku referensi lain


12. 
Penilaian (KD 3 dan KD 4)
·     Diisi dengan hasil analisis teknik dan instrumen penilaian (hasil pembelajaran sesi sebelumnya).
Contoh:
KD
Teknik Penilaian
Instrumen
KD 3.2 menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring
·     Tes Tertulis
·     Penugasan
·      Soal tes tertulis
·      Lembar tugas dan
·      Lembar penilaian tugas
KD 4.2
Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..
·     Tes praktik/ unjuk kerja
·      Lembar soal praktik dan Lembar observasi unjuk kerja
·     Diisi dengan program remedial dan pengayaan.
13.
Peniaian Sikap
Dibuatkan jurnal harian tentang kejadian istimewa yang dilakukan oleh siswa pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung.
Contoh: Jurnal Penilaian Sikap:
Hari/Tanggal:
No.
Nama
Uraian Kejadian Istimewa
Rencana Tindakan/Pembinaan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Format dan Komponen RPP SMA Terbaru Revisi 2017"

Post a Comment