Selamat Datang di Website PERANGKAT MENGAJAR | Kami Menerima Pesanan Pembuatan RPP K-13 Revisi 2017 (Lengkap dengan buku 1 dan buku 2) Hubungi No WA: 082168321603 | Terimakasih Kunjungannya.

Trimakasih telah berkunjung di perangkatmengajarza.blogspot.com Kami selalu menunggu kunjungan Anda berikutnya! Salaaaaaaam dari ZAINAL ABIDIN, S.Pd (Guru SMA Negeri Unggul Pidie Jaya) Untuk mendapatkan informasi terbaru silahkan bergabung dengan cara klik disini ----> FACEBOOK ZAINAL ABIDIN atau FACEBOOK INFO PENDIDIKAN

Cara Membuat Ebook All Format dengan Aplikasi Gratisan


Membuat Ebook merupakan cara yang paling mudah dan murah untuk menerbitkan tulisan kita. Sebab dengan membuat ebook tidak perlu ada biaya cetak dan biaya kertas, semuanya gratis. Cara membuatnya pun super mudah. Selain itu, kita juga bisa menentukan desain cover atau sampul buku sesuai dengan keinginan kita.
Nah sebelum membuat ebook, kamu harus memahami sedikit tentang ebook. Supaya nantinya kamu bisa menentukan jenis ebook apa yang inginkamu buat. Serta cara mana yang ingin kamu pakai.

Apa itu Ebook?

Ebook merupakan kepanjangan dari electronic book / buku digital. Dimana buku digital tidak berbentuk fisik seperti buku pada umumnya. Ebook berbentuk file digital yang bisa dibuka dan dibaca melalui perangkat yang mendukungnya. Perangkat tersebut seperti PC, laptop, smartphone, tablet atau ebook reader seperti Kindle.
Format dari file ebook sendiri ada banyak macamnya, seperti ePUB, DJVU, CHM, PDF, dan PRC. Masing-masing format mempunyai aplikasi tersendii untuk membukanya. Sehingga apabila kita ingin membuat ebook, maka hal pertama yang akan kita lakukan adalah memutuskan format ebooknya seperti apa.
Namun untuk sekedar informasi, ebook dengan format PDF adalah yang paling banyak disukai. Sebab cara membuatnya super mudah dan hasilnya juga menarik serta tampilannya enak untuk dibaca.

Cara Membuat Ebook PDF dengan MS. Word

Membuat Ebook PDF dengan MS. Word

Membuat ebook PDF dengan ms word. (kliping.co)
Cara yang satu ini bisa dibilang paling mudah dan hasilnya juga sangat memuaskan. Baiklah, tanpa berlama-lama, silakan ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Buatlah tulisan yang kamu inginkan menggunakan aplikasi MS. Word di PC-mu. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan windows yang pastinya sudah sering kamu gunakan untuk mengetik dokumen-dokumen, bukan? Jadi tidak perlu dijelaskan lagi.
  • Setelah tulisan yang akan kamu terbitkan menjadi ebook sudah selesai, tambahkan image/gambar yang sudah kamu edit sebagai cover pada halaman awal file MS. Word (halaman 1 di draftmu).
  • Selanjutnya atur layout konten ebookmu semenarik mungkin. Pisahkan juga menjadi beberapa bab atau chapter, supaya pembaca mudah mengikuti isi ebook.
  • Jika pengaturan sudah selesai, selanjutnya simpan file ke dalam format PDF dengan mengeklik menu File > Save As > PDF or XPS.
  • Beri nama file ebookmu, lalu tunggu beberapa saat. Selamat, kamu sudah berhasil menerbitkan ebook perdanamu.
Sebagai catatan, Save As PDF or XPS di MS. Word hanya ada di aplikasi MS. Word 2007 ke atas. Jika kamu masih menggunakan MS. Word 2003 ke bawah, maka fasilitas ini belum tersedia. Namun tidak usah berkecil hati, masih ada aplikasi conventer WORD to PDF atau online converter WORD to PDF.

Cara Membuat Ebook All Format dengan Aplikasi Gratisan

Cara ini bisa kamu terapkan untuk menerbitkan ebook dengan format selain PDF. Beberapa aplikasi berikut ini 100% GRATIS. Ebook yang dihasilkan juga berkualitas.

1. Calibre

Calibre Ebook Maker

Tampilan Calibre App. (calibre-x64.softonic.com)
Aplikasi pembuat Ebook ini cukup powerful dan cocok untuk segala platform seperti Windws, Linux, maupun iOS. Dalam calibre kamu bisa mencetak ebook dalam format AZW3, EPUB, DOCX, FB2, HTMLZ, OEB, LIT, LRF, MOBI, PDB, PMLZ, RB, PDF, RTF, SNB, TCR, TXT, TXTZ, dan ZIP. Jadi kamu hanya perlu menulis dan menyimpan file draft ebookmu dalam bentuk DOCX atau PDF, lalu convert menggunakan aplikasi ini. Caranya mudah,
  • Klik Add Books kemudian tambahkan author (nama penulis), title (judul ebookmu), serta description (sinopsis ebookmu).
  • Klik Ebook Cover Creator untuk menambahkan beberapa gambar untuk dijadikan cover ebookmu.
  • Jika sudah maka publish. Pilih format sesuai dengan keinginanmu.

2. Mobi Pocket Creator

Mobi Pocket Creator Ebook Maker

Mobi Pocket Creator (www.softpedia.com)
Aplikasi ini merupakan salah satu tools pembuat Ebook gratis dan juga multifungsi. Kamu cukup mengunggah file draft ebookmu dalam bentuk DOCX atau PDF tadi, kemudian convert kembali menggunakan aplikasi ini. Untuk mobi pocket creator ini, kamu bisa mencetak ebook dalam format PRC atau PRCX. Cara membuat ebook dengan mobi pocket creator sangatlah mudah,
  • Klik Add File (Item) kemudian ilih file draft ebookmu yang mau kamu unggah.
  • Klik Cover Image untuk menambahkan gambar yang sudah kamu siapkan untuk dijadikan cover ebookmu.
  • Klik Table of Contents untuk menambahkan daftar isi.
  • Klik Book Setting untuk melakukan beberapa setting kecil.
  • Klik Metadata untuk menambahkan keterangan seperti author, title, description dll.
  • Jika sudah maka tinggal di build saja, mudah bukan?

3. ePUBee Maker

ePUBee Maker

ePUBee Maker (epubee-maker.en.softonic.com)
Aplikasi ePUBee Maker merupakan salah satu tools pembuat Ebook yang bentuknya adalah add-on MS. Word. Maksudnya, aplikasi ini langsung terhubung dengan MS. Word tanpa perlu membuka tutup aplikasi, sehingga sangatlah efisien. Jadi setelah kamu menginstal add-on ini, kamu hanya perlu menulis draft ebookmu di MS. Word, kemudian publish dengan sekali klik, maka kamu akan mendapatkan terbitan Ebookmu. Untuk membuat ebook menggunakan ePUBee Maker ada tiga opsi yang bisa kamu jumpai,
  • Quick Publish, digunakan untuk mengkonversi file MS. Word DOCX ke format ePUB tanpa menyematkan info lainnya seperti author, title, description, dll.
  • Publish, jika kamu menekan menu ini, maka sebelum ebookmu resmi dipublish, kamu diberi opsi penambahan cover dan pengisian info seperti author, title, description, dll.
  • Save As PDF, digunakan untuk menyimpan DOCX sebagai file PDF secara cepat dan mudah. Jadi untuk MS. Woed 2003 sangat disarankan memasang add-on ini, sehingga tidak harus melakukan convert WORD to PDF di luar MS. Word lagi.

4. Sigil

Sigil Ebook Maker App

Sigil Ebook Maker App (sigil.en.softonic.com)
Aplikasi Sigil digunakan untuk membuat ebook dalam format HTML dan ePUB yang sangat interaktif. Dimana kamu dapat menambahkan cover, daftar isi, metadata dan indeks ke dalam ebookmu. Selain itu dalam sigil terdapat fitur spell checker, dimana fitur ini bisa mendeteksi kesalahan penulisan. Bahkan kamu juga bisa menambahkan audio, video dan juga gambar di dalam file ebookmu. Ada yang menarik dalam sigil, yakni terdapat beberapa menu edit styling, seperti
  • Normal, Heading, Subheading, digunakan mengedit teks dalam ebookmu untuk dijadikan Judul utama, sub judul, atau teks biasa.
  • Superscript, Subscript, Strike-through, digunakan untuk menambahkan styling berupa huruf kecil diatas, huruf kecil dibawah dan juga coretan di tengah teks. Sehingga sangat cocok untuk ebook pendidikan, khususnya matematika atau fisika.
  • Tabel dan daftar list, digunakan untuk membuat file tabel dan juga lst-list data. Sangat cocok untuk ebook berbau ekonomi dan akuntansi.
  • Text align dan hyperlink, digunakan untuk melakukan kustomisasi pada perataan teks dalam ebook dan menyisipkan link rujukan di luar ebook.

5. MS Word To EPUB Converter

Ms Word to ePUB App

Ms Word to ePUB App (www.zerodollartips.com)
Aplikasi MS Word To EPUB Converter sangat digunakan untuk mengkonversi draft ebook dalam format DOC / DOCX ke dalam format ePUB. Ukuran aplikasi ini cukup ringan, simple dan mudah digunakan. Sehingga tidak perlu ragu untuk menginstal aplikasi ini di perangkat PC atau laptopmu. Nah, untuk membuat ebook ePUB kamu hanya perlu
  • Klik Add Word file(s), pilih file MS. Word mana yang akan kamu ubah mejadi ebook ePub.
  • Klik Start Converting, maka kamu akan segera mendapatkan ebook ePUBmu dengan mudah dan cepat.
Nah, seperti itulah beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk membuat ebook dalam beberapa format, baik PDF, ePUB, PRC, dll. Pastikan untuk menulis konten ebook yang enak di baca dan berkualitas, sebab itulah yang dicari pembaca.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Ebook All Format dengan Aplikasi Gratisan"

Post a Comment