Selamat Datang di Website PERANGKAT MENGAJAR | Kami Menerima Pesanan Pembuatan RPP K-13 Revisi 2017 (Lengkap dengan buku 1 dan buku 2) Hubungi No WA: 082168321603 | Terimakasih Kunjungannya.

Trimakasih telah berkunjung di perangkatmengajarza.blogspot.com Kami selalu menunggu kunjungan Anda berikutnya! Salaaaaaaam dari ZAINAL ABIDIN, S.Pd (Guru SMA Negeri Unggul Pidie Jaya) Untuk mendapatkan informasi terbaru silahkan bergabung dengan cara klik disini ----> FACEBOOK ZAINAL ABIDIN atau FACEBOOK INFO PENDIDIKAN

RPP Perkembangan Model Atom Revisi 2017(1 JP)

PERANGKAT PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
PERKEMBANGAN MODEL ATOM




Disusun Oleh
Fajar Sanubari, S.Pd.
16325 299 004



Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Yogyakarta
Tahun 2017







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA Negeri 1 Yogyakarta
Mata pelajaran            : KIMIA
Kelas/Semester           : X/ 1
Materi Pokok               : Perkembangan Model Atom
Alokasi Waktu            : 1 JP (1 x 45 menit)

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, mene­rapkan, menganali­sis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerap-kan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.2  Menjelaskan konfigurasi elektron  dan pola konfigurasi elektron terluar untuk setiap golongan dalam tabel periodik
3.2.1        Menuliskan model atom Dalton,  Thomson, Rutherfod, dan Bohr.

3.2.2        Membedakan model atom Dalton,  Thomson, Rutherfod, dan Bohr.
4.2  Menjelaskan fenomena alam atau hasil percobaan menggunakan model atom
4.2.1        Menggambarkan model atom Dalton,  Thomson, Rutherfod, dan Bohr.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah membaca literatur, siswa dapat menuliskan teori atom Dalton.
2.      Setelah membaca literatur, siswa dapat menuliskan teori atom Thomson.
3.      Setelah membaca literatur, siswa dapat menuliskan teori atom Rutherford.
4.      Setelah membaca literatur, siswa dapat menuliskan teori atom Bohr.
5.      Setelah berdiskusi, siswa dapat membedakan teori atom Dalton dan teori atom Thomson.
6.      Setelah berdiskusi, siswa dapat membedakan teori atom Rutherford dan teori atom Bohr.
7.      Setelah membaca litertur dan mendengar penjelasan guru, siswa dapat menggambarkan model atom Dalton.
8.      Setelah membaca litertur dan mendengar penjelasan guru, siswa dapat menggambarkan model atom Thomson.
9.      Setelah membaca litertur dan mendengar penjelasan guru, siswa dapat menggambarkan model atom Rutherford.
10.  Setelah membaca litertur dan mendengar penjelasan guru, siswa dapat menggambarkan model atom Bohr.
Fokus Penguatan Karakter: Tanggung jawab dan Kedisiplinan

D.    Materi Pembelajaran
1.      Materi Pembelajaran
Pengetahuan
Materi Pelajaran
Faktual
·       Setiap materi mengandung atom
·       Di dalam atom ada partikel-partikel subatom
Konseptual

·       Teori atom menurut Dalton
·       Teori atom menurut Thomson
·       Teori atom menurut Rutherford
·       Teori atom menurut Bohr
Prosedural
Urut-urutan perkembangan teori atom mulai dari Dalton sampai dengan Neils Bohr
Metakogntif
-
2.      Materi Remidial
Menyesuaikan dengan bagian materi yang belum dikuasai siswa.
3.      Materi Pengayaan
Mempelajari percobaan yang dilakukan oleh para ahli yang mendasari penyusunan teori atom, seperti: percobaan sinar ktoda, percobaan sinar alfa, dan tetes minyak Milikan.

E.     Strategi Pembelajaran
Pendekatan                                    : Scientific
Metode Pembelajaran        : Ceramah, tanya jawab, diskusi.

F.     Media, Alat, dan Bahan Pembelajaran
1.      Media Pembelajaran
-          Ilustrasi melalui Presentasi Powerpoint
2.      Alat Pembelajaran
-          Laptop
-          LCD projector
-          White board
3.      Bahan Pembelajaran
-          LKS Kimia

G.    Sumber Pembelajaran
Utami, Budi, dkk. 2009. Kimia 1: Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Chang, Raymond. 2004. KIMIA DASAR: Konsep-konsep Inti Edisi Ketiga Jilid I. Jakarta : Erlangga.

H.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.       Persiapan
-          Guru mengucapkan salam
-          Guru mengecek kehadiran siswa
b.      Apersepsi
- Pernahkah kalian membayangkan bagaimana jika suatu benda dipecah sampai bagian yang paling kecil? Apakah yang terjadi?
-     Guru menyampaikan judul materi dan indikator pencapaian kompetensi
5 menit
Inti
a.       Siswa melakukan diskusi secara berpasangan sesuai pengarahan guru
-          Guru menampilkan gambar-gambar ilustrasi tentang atom
b.      Mengamati (Observing)
-          Siswa mengamati gambar model atom yang ditunjukkan guru dalam slide presentasi
c.       Menanya (Questioning)
-  Siswa mengajukan pertanyaan sesuai dengan gambar ilustrasi yang ditampilkan oleh guru
-  Siswa berdiskusi tentang ilustrasi gambar model atom yang diberikan
d.      Mengumpulkan Data (Experimenting)
- Siswa membaca referensi tentang perkembangan teori atom.
e.       Mengasosiasi (Associating)
-   Siswa mengerjkan Lembar Kerja Siswa (LKS) tentang Perkembangan Teori Atom bersama dengan pasangan yang telah dibagi.
f.       Mengkomunikasikan (Communicating)
- Dengan diskusi kelompok secara berpasangan, siswa menyimpulkan kelebihan dan kekurangan masing-masing teori atom.
-  Siswa diminta mempresentasikan tentang model atom sesuai dengan LKS yang diberikan
-   Guru memberi masukan jika diperlukan.
30 menit
Penutup
a. Guru bersama dengan siswa membuat kesimpulan tentang teori atom beserta kelemahan dan kelebihannya.
b.      Siswa mengerjakan soal kognitif
c.  Guru memberikan tugas baca bagi siswa untuk materi berikutnya.
10 menit

I.       Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.      Sikap (Tanggung Jawab dan Keaktifan)
Teknik Penilaian     : Observasi
Bentuk Instrumen  : Lembar Observasi
b.      Pengetahuan
Teknik Penilaian     : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen  : Lembar Kerja Siswa dan Soal Kognitif

Yogyakarta,       Maret 2017
      Mengetahui,
    Kepala Sekolah,                                                     Guru Mata Pelajaran,                                



(                                               )                                        Fajar Sanubari, S.Pd


Lampiran 1: Bahan Pembelajaran
PERKEMBANGAN MODEL ATOM
1.        Model Atom Dalton
Gambar 1. John Dalton
John Dalton mengemukakan hipotesa tentang atom berdasarkan hukum kekekalan massa (Lavoisier) dan hukum perbandingan tetap (Proust). Teori yang diusulkan Dalton:
a.       Atom merupakan bagian terkecil dari materi yang sudah tidak dapat dibagi lagi.  
b.      Atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil, suatu unsur memiliki atom-atom yang identik dan berbeda untuk unsur yang berbeda.  
c.       Atom-atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana. Misalnya air terdiri atom-atom hidrogen dan atom-atom oksigen.  
d.      Reaksi kimia merupakan pemisahan atau penggabungan atau penyusunan kembali dari atom-atom, sehingga atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan.  
Hipotesa Dalton digambarkan dengan model atom sebagai bola pejal seperti pada bola tolak peluru.  
Gambar 2. Model Atom Dalton
Kelemahan teori atom Dalton:
-               Atom masih bisa dibagi lagi menjadi partikel sub atom
-               Teori atom Dalton tidak dapat menerangkan suatu larutan dapat menghantarkan listrik. Bagaimana mungkin suatu bola pejal dapat menghantarkan listrik, padahal listrik adalah elektron yang bergerak. Berarti ada partikel lain yang dapat menyebabkan terjadinya daya hantar listrik.
2.        Model Atom Thomson
Gambar 3. JJ. Thomson
Kelemahan dari Dalton diperbaiki oleh JJ. Thomson, dengan melaukuan eksperimen tentang tabung sinar kotoda. Hasil eksperimennya menyatakan ada partikel bermuatan negatif dalam atom yang disebut elektron. Thomson mengusulkan model atom seperti roti kismis atau kue onde-onde. Menurut Thomson, atom adalah bola pejal yang permukaannya dikelilingi elektron dan partikel lain yang bermuatan positif sehingga atom bersifat netral.
Gambar 4. Model atom Thomson
Kelemahan model Thomson ini tidak dapat menjelaskan susunan muatan positif dan negatif dalam bola atom tersebut. 
3.        Model Atom Rutherford
Gambar 5. Rutherford
Eksperimen yang dilakukan Rutherford adalah penembakan lempeng tipis dengan partikel alpha. Ternyata partikel itu ada yang diteruskan, ada yang dibelokkan dan ada yang dipantulkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa di dalam atom terdapat susunan-susunan partikel yang bermuatan positif dan negatif.
Kemudian Rutherford menyusun hipotesa bahwa atom tersusun dari inti atom dan elektron yang mengelilinginya. Inti atom bermuatan positif dan massa atom terpusat pada inti atom.

Gambar 6. Model atom Rutherford
Kelemahan dari model atom Rutherford adalah tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke pusat inti atom. Berdasarkan teori fisika, gerakan elektron mengitari inti ini disertai dengan pemancaran energi sehingga lama-kelamaan energi elektron akan berkurang dan lintasannya makin lama akan mendekati inti dan akhirnya elektron akan jatuh ke dalam inti


4.        Model Atom Niels Bohr
Kelemahan dari model atom Rutherford diperbaiki oleh Niels Bohr dengan percobaannya tentang spektrum warna dari atom hidrogen yang berbentuk garis.
Hipotesis Bohr adalah :
-          Atom terdiri dari inti yang bermuatan positif dan dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif di dalam suatu lintasan.
-          Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke yang lain dengan menyerap atau memancarkan energi sehingga energi elektron atom itu tidak akan berkurang.
Jika berpindah lintasan ke lintasan yang lebih tinggi maka elektron akan menyerap energi. Jika beralih ke lintasan yang lebih rendah maka akan memancarkan energi.

Gambar 7. Model atom Bohr
Kelebihan atom Bohr adalah bahwa atom terdiri dari beberapa kulit yang merupakan tempat kedudukan elektron. Sedangkan kelemahan model atom ini adalah tidak dapat menjelaskan spekrum warna dari atom yang berelektron banyak. Sehingga diperlukan model atom yang lebih sempurna dari model atom Bohr.


 Lampiran 2: Kisi-kisi Soal Kognitif, Soal Kognitif, Kunci Jawaban, dan Pedoman  Penskoran
Indikator Pencapaian
Indikator Soal
No Soal
Dimensi
Jenjang
Soal
Mendefinisikan model atom Dalton,  Thomson, Rutherfod, dan Bohr.

Siswa dapat menyebutkan hukum yang mendasari penemuan model atom oleh Dalton

1
Konseptual
C1
Yang mendasari penemuan model atom oleh Dalton adalah hukum . . . .
a.         Kekekalan massa
b.         Kekekalan volume
c.          Perbandingan tetap
d.         Kekekalan massa dan perbandingan tetap
e.          Kekekalan volume dan perbandingan tetap
Siswa dapat menyebutkan yang bukan merupakan poin dari model atom Dalton
2
Konseptual
C2
Berikut ini merupakan postulat Model Atom Dalton, kecuali
a.       Atom pada unsur yang sama memiliki sifat yang identik
b.       Reaksi kimia merupakan pemisahan atau penggabungan atau penyusunan kembali dari atom-atom
c.        Senyawa terbentuk ketika atom dari jenis unsur yang berbeda bergabung dengan perbandingan tertentu
d.       Atom adalah unit terkecil dari materi yang berpengaruh terhadap reaksi kimia
e.        Atom memiliki sifat kelistrikan pada strukturnya
Diberikan pernyataan tentang teori atom, siswa dapat menyebutkan ilmuwan yang mengemukakan teori atom tersebut.
3
Konseptual
C1
Atom merupakan bola pejal yang bermuatan positif dan didalamya tersebar muatan negatif elektron, seperti kismis pada roti kismis”, merupakan teori atom yang dikemukakan oleh . . . .
a.       Dalton
b.       Thomson
c.        Rutherford
d.       Bohr
e.        Schrodinger
Siswa dapat menyebutkan percobaan yang dilakukan oleh ilmuwan sebelum mengemukakan teori atom
4
Konseptual
C1
Rutherford mengajukan teori atomnya setelah melakukan .  . . .
a.       Percobaan tetes minyak
b.       Percobaan sinar beta
c.        Percobaan sinar alfa
d.       Percobaan sinar anoda
e.        Percobaan sinar katoda
Membedakan teori atom Dalton,  Thomson, Rutherfod, dan Bohr.
Siswa dapat menentukan kelamahan teori atom Rutherford
5
Konseptual
C2
Kelemahan yang terselubung dalam Teori Atom Rutherford adalah …
a.       Tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak tersedot dan jatuh ke inti atom
b.       Tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak berada di inti atom
c.        Tidak dapat menjelaskan mengapa proton berada di inti atom
d.       Tidak dapat menjelaskan posisi elektron secara pasti
e.        Tidak dapat menjelaskan struktur nukleus atom
Diberikan suatu pernyataan tentang teori atom, siswa dapat menentukan tokoh yang mengemukakan teori atom tersebut.
6
Faktual
C2
Elektron dapat berpindah dari suatu lintasan ke lintasan yang lain sambil menyerap atau memancarkan energi. Teori ini merupakan penyempurnaan teori atom Rutherford yang dikemukakan oleh . . . .

Diberikan beberapa pernyataan, siswa dapat menentukan pernyataan yang merupakan kelemahan dari suatu teori atom.
7
Faktual
C2
Model atom Dalton digambarkan sebagai bola yang berbentuk bulat masif. Kelemahan model atom ini adalah . . . .
Diberikan bunyi dari salah satu teori atom, siswa dapat menentukan ilmuwan yang mengemukakan teori tersebut
8
Konseptual
C2
Reaksi kimia merupakan pemisahan, penggabungan, atau penyusunan kembali atom-atom, sehingga atom tidak bisa dibuat atau dimusnahkan. Teori ini dikemukakan oleh . . . .
Membuat gambar model atom Dalton,  Thomson, Rutherfod, dan Bohr
Diberikan gambar model atom, siswa dapat menentukan ilmuwan yang menemukan model atom tersebut
9
Konseptual
C2
Gambar di atas adalah model atom menurut . . . .
Diberikan gambar model atom dan pernyataan tentang teori atom, siswa dapat menentukan ilmuwan yang menemukan model atom tersebut
10
Konseptual
C2
Dalam atom terdapat lintasan tertentu tempat elektron dapat mengitari inti, yang juga disebut dengan kulit atom. Pernyataan tersebut sesuai dengan gambar di atas, yang merupakan teori atom yang dikemukakan oleh . . . .
Jumlah

10



Soal Kognitif


Kerjakan soal di bawah ini dengan memberikan tanda silang (X) pada jawaban yang paling tepat!
1.       Yang mendasari penemuan teori atom oleh Dalton adalah hukum . . . .
a.       Kekekalan massa
b.       Kekekalan volume
c.        Perbandingan tetap
d.       Kekekalan massa dan perbandingan tetap
e.        Kekekalan volume dan perbandingan tetap
2.       Berikut ini merupakan postulat Teori Atom Dalton, kecuali
a.       Atom pada unsur yang sama memiliki sifat yang identik
b.        Reaksi kimia merupakan pemisahan atau penggabungan atau penyusunan kembali dari atom-atom
c.        Senyawa terbentuk ketika atom dari jenis unsur yang berbeda bergabung dengan perbandingan tertentu
d.       Atom adalah unit terkecil dari materi
e.        Atom memiliki sifat kelistrikan pada strukturnya
3.       Atom merupakan bola pejal yang bermuatan positif dan didalamya tersebar muatan negatif elektron, seperti kismis pada roti kismis”, merupakan teori atom yang dikemukakan oleh . . . .
a.       Dalton                                    d.    Bohr
b.       Thomson                               e.    Schrodinger
c.        Rutherford
4.       Rutherford mengajukan teori atomnya setelah melakukan . . . .
a.       Percobaan tetes minyak
b.       Percobaan sinar beta
c.        Percobaan sinar alfa
d.       Percobaan sinar anoda
e.        Percobaan sinar katoda
5.       Kelemahan yang terselubung dalam Model Atom Rutherford adalah …
a.         Tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak tersedot dan jatuh ke inti atom
b.         Tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak berada di inti atom
c.          Tidak dapat menjelaskan mengapa proton berada di inti atom
d.         Tidak dapat menjelaskan posisi elektron secara pasti
e.          Tidak dapat menjelaskan struktur nukleus atom
II.    Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang singkat dan tepat!
6.       Elektron dapat berpindah dari suatu lintasan ke lintasan yang lain sambil menyerap atau memancarkan energi. Teori ini dikemukakan Bohr yang merupakan penyempurnaan dari model atom . . . .
7.       Model atom Dalton digambarkan sebagai bola yang berbentuk bulat masif. Kelemahan model atom ini adalah . . . .
8.       Reaksi kimia merupakan pemisahan, penggabungan, atau penyusunan kembali atom-atom, sehingga atom tidak bisa dibuat atau dimusnahkan. Teori ini dikemukakan oleh . . . .
9.       Perhatikan Gambar berikut!
Gambar di atas adalah model atom menurut . . . .
10.    Perhatikan Gambar berikut!
Dalam atom terdapat lintasan tertentu tempat elektron dapat mengitari inti, yang juga disebut dengan kulit atom. Pernyataan tersebut sesuai dengan gambar di atas, yang merupakan teori atom yang dikemukakan oleh . . . .

Selamat Mengerjakan . . . !!!




Kunci Jawaban
1.      D
2.      E
3.      B
4.      C
5.      A
6.      Rutherford
7.      Atom dapat dibagi lagi menjadi bagian yg lebih kecil yaitu partikel subatom
8.      Dalton
9.      Thomson
10.  Neils Bohr




Lampiran 3:Pedoman Observasi dan Lembar Observasi Tanggung jawab
Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab

Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
4     =   selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
3     =   sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukannya.
2     =   kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukannya.
1     =   tidak pernah, apabila tidak pernah melakukannya.

Nama Peserta Didik   : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan  : …………………..
Materi Pokok              : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2
Melakukan tugas kelompok dengan baik




3
Melaksanakan perintah dari guru dengan benar




4
Mengumpulkan tugas tepat waktu




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus



Lembar Observasi Sikap Tanggung Jawab

Mata Pelajaran            :
Materi                          :
Kelas                           :

No
Nama
Aspek 1
Aspek 2
Aspek 3
Aspek 4
Total





























































































Petunjuk:
Berilah skor 1-4 pada setiap aspek sesuai dengan pedoman penskoran yang tercantum dalam pedoman observasi sikap tanggung jawab
.
                                                                                                            Observer


                                                                                                ( .................................. )


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Perkembangan Model Atom Revisi 2017(1 JP)"

Post a Comment